Berita
Seputar Informasi Kegiatan Korporasi Yakes Telkom
-
Info KorporasiLebih dari Sekadar Layanan: Komitmen Yakes Telkom Wujudkan Pelayanan Prima bagi Peserta
Berangkat dari komitmen untuk memberikan layanan terbaik dalam pengelolaan kesehatan Peserta, Yakes Telkom senantiasa melakukan peningkatan mutu layanan melalui perbaikan sarana dan prasarana serta pemanfaatan teknologi digital terkini. Upaya ini dilakukan agar seluruh peserta dapat merasakan pelayanan kesehatan yang memberikan rasa aman, nyaman, dan terpercaya. Sebagai wujud nyata semangat “Lebih Dekat, Lebih Peduli”, Yakes Telkom terus menghadirkan integrasi layanan kesehatan yang mudah diakses. Mulai dari program pembinaan dan edukasi kesehatan (promotif–preventif) hingga program penyembuhan dan pemulihan (kuratif–rehabilitatif). Pendekatan holistik ini memungkinkan peserta mendapatkan beragam pilihan layanan sesuai kebutuhan demi mencapai derajat kesehatan yang optimal. Edukasi Kesehatan melalui Program Promotif dan Preventif Yakes Telkom secara konsisten berupaya memperluas wawasan peserta agar dapat menjaga dan meningkatkan kesehatannya secara mandiri. Berbagai kegiatan pembinaan kesehatan rutin dilaksanakan, baik secara tatap muka maupun daring, di antaranya: Olahraga bersama (offline dan virtual melalui Zoom) Kegiatan Klub Kesehatan Edukasi Kesehatan melalui media sosial resmi Yakes (Instagram, Facebook, dan YouTube) Diskusi kesehatan tematik Konseling gizi dan psikologi, baik online maupun offline dan masih banyak lagi Melalui berbagai aktivitas ini, peserta didorong untuk lebih aktif dalam menjaga kesehatannya, tidak hanya ketika sakit, tetapi juga dalam keseharian. Standarisasi Layanan dan Peningkatan Kenyamanan di Klinik Yakes Untuk mewujudkan Operational Excellence, seluruh Klinik Yakes Telkom telah memperoleh akreditasi Paripurna dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Saat ini, Yakes mengelola 16 Klinik Yakes yang tersebar di seluruh regional Indonesia mulai dari Sumatera hingga Kawasan Timur Indonesia. Selain klinik yang dikelola langsung, Yakes juga menjalin kerja sama dengan klinik mitra seperti Telkomedika dan jaringan Klinik Kimia Farma yang menjangkau berbagai wilayah, termasuk daerah pelosok nusantara. Pembenahan layanan juga terus dilakukan untuk meningkatkan pengalaman positif peserta, seperti: Perbaikan tata ruang dan kenyamanan klinik Penyediaan sistem pendaftaran mandiri melalui mesin antrian (KIOSK) Pengelolaan tenaga medis yang handal Penyederhanaan proses restitusi agar lebih mudah dan efisien Perluasan Jejaring Mitra Klinik dan Rumah Sakit Dalam layanan kesehatan tingkat lanjut (rawat jalan dan rawat inap), Yakes Telkom terus memperluas jejaring mitra Rumah Sakit dan Klinik agar peserta lebih mudah mendapatkan akses layanan. Hingga saat ini, Yakes telah bekerja sama dengan 536 Klinik Mitra dan 423 Rumah Sakit Mitra di seluruh Indonesia, termasuk di antaranya Primaya Hospital Group, Hermina Group, Jakarta Eye Center Group, dan Jakarta Heart Center/Jantung Jakarta, dan masih banyak lagi. Penambahan jejaring Mitra Rumah Sakit juga diimbangi dengan adanya penambahan Yakes Account Manager (Yakes AM) yang selalu siaga dalam menjamin kelancaran pelayanan kesehatan yang diterima oleh peserta dalam perawatan di Rumah Sakit Mitra. Peran Yakes AM inipun menjadi bentuk kepedulian Yakes Telkom untuk membantu peserta dalam mendapat akses layanan kesehatan yang handal. Telemedicine melalui LOVIT – Lebih Mudah, Lebih Aman Salah satu inovasi penting Yakes Telkom adalah layanan Telemedicine yang memungkinkan peserta berkonsultasi dengan dokter tanpa harus datang langsung ke klinik. Melalui aplikasi LOVIT, peserta dapat melakukan konsultasi kesehatan dari mana saja, termasuk pengajuan obat rutin sesuai ketentuan (maksimal tiga kali pengajuan dalam periode resep 25 hari terakhir). Layanan ini sangat membantu peserta yang tidak memungkinkan hadir langsung ke klinik, sekaligus mendukung penerapan layanan kesehatan yang efisien dan berkelanjutan. LOVIT – Layanan Kesehatan dalam Genggaman Beragam pembaruan yang dilakukan pada lini pelayanan pun diiringi dengan adanya proses digitalisasi melalui Aplikasi LOVIT yang tersedia di PlayStore maupun AppStore. LOVIT semakin menyakikan fitur menarik untuk bisa digunakan peserta dalam mendapatkan layanan kesehatan secara cepat, mudah, dan lengkap. LOVIT dilengkapi belasan fitur yang memudahkan Peserta dalam mengakses kebutuhan kesehatannya seperti: Booking/pendaftaran layanan Klinik maupun layanan konsultasi Psikologi & Gizi Pengajuan Restitusi Online Pengajuan Obat Rutin Akses Program Promotif & Preventif (Pembinaan) Kesehatan Informasi terkait Layanan Yakes Informasi Kepesertaan faskes Yakes Update Data Peserta Riwayat Kesehatan Health Corner (untuk mengukur mandiri Indeks Massa Tubuh) Video Sehat Skrining Sehat Info Peta Layanan (untuk mencari lokasi Klinik atau apotik terdekat) Update info kesehatan terkini dan masih banyak lagi fitur-fitur lain yang masih dikembangkan untuk semakin melengkapi kebutuhan Peserta. Inovasi pengembangan LOVIT terus dilakukan untuk mewujudkan One Stop Healthcare Solution yang lebih personal, terpantau, dan sesuai kebutuhan peserta. Akses Cepat Melalui Contact Center dan WA Chat Peningkatan layanan juga kami terapkan pada layanan Contact Center (15000 22) dan WA Chat (0811 50 5000 22) yang terus membantu Peserta dalam mengakses layanan kesehatan Yakes Telkom secara cepat. Peserta yang memiliki pertanyaan, keluhan, atau membutuhkan bantuan terkait layanan Yakes (misal informasi layanan klinik, pengajuan restitusi online, layanan kepesertaan Yakes, dll) dapat menghubungi petugas Contact Center melalui telepon ataupun melalui chat WA sesuai dengan kenyamanan Peserta. Untuk memastikan Peserta terbantu setiap saat, petugas Contact Center selalu siaga merespon pertanyaan Peserta setiap hari (termasuk weekend) mulai pukul 6.00 s.d. 21.00 WIB. Layanan Contact Center melalui WA Chat Kesya mencakup: Layanan Informasi Layanan Agent Selain melalui telepon maupun WA Chat, Peserta juga dapat mengajukan pertanyaan ke petugas Contact Center melalui akun resmi Yakes Telkom (@yakestelkom) di media sosial seperti Instagram, Facebook, serta email melalui website (yakestelkom.or.id) Homecare – Dekatkan layanan ke Peserta Tirah Baring Sebagai bentuk kepedulian terhadap peserta dengan keterbatasan mobilitas, Yakes menghadirkan layanan Homecare. Layanan ini memberikan perawatan lanjutan pasca rawat inap atau kunjungan rumah (Home Visit) bagi peserta tirah baring agar tetap terpantau kesehatannya dan memperoleh dukungan pemulihan yang optimal. Baca Selengkapnya
-
Info KorporasiYakes Telkom dan ARSINU Sepakati Rencana Perluasan Kerja Sama Layanan di Jejaring RS dan Klinik Nahdlatul Ulama (NU)
Surabaya, 9 Oktober 2025 — Sebagai bentuk nyata dari program Lebih Dekat Lebih Peduli kepada pesertanya, Yakes Telkom menjalin kerja sama strategis dengan Asosiasi Rumah Sakit Islam Nahdlatul Ulama (ARSINU) untuk memperluas akses layanan kesehatan bagi peserta di seluruh Indonesia. Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dilakukan di Auditorium RS Islam Surabaya Jemursari, Kamis (9/10/2025), oleh Ketua Umum ARSINU Dr. dr. H.M. Zulfikar As’ad, MMR dan Direktur Utama Yakes Telkom Tri Priyo Anggoro serta disaksikan oleh Rois Syuriah PBNU Prof. Dr. Ir. Muhammad Nuh, DEA. Acara ini dihadiri oleh jajaran pimpinan Yakes Telkom dan ARSINU, serta tokoh penting Nahdlatul Ulama. Turut hadir pengurus ARSINU lainnya, di antaranya dr. Hidayatullah, Sp.S (Bendahara Umum), dr. Ahmad Latifi, M.Kes (Ketua Lembaga Kesehatan PWNU Jawa Timur), dr. Sibro Malisi, dr. H. Dodo Anondo, MPH, FISQua, dan dr. Abdul Azis, M.Kes. Turut hadir pula dr. Bangun Trapsila Purwaka, Sp.OG, Subsp. KFM, M.Kes, Direktur RSI Jemursari, selaku tuan rumah penyelenggara kegiatan. Dari pihak Yakes Telkom, hadir langsung Direktur Utama Yakes Telkom Tri Priyo Anggoro, Direktur Layanan Kesehatan M. Suny Arifianto, serta Direktur Investasi Keuangan dan Umum Notje Rosanti. Nota kesepahaman ini akan menjadi landasan atas rencana perluasan kerjasama layanan di 26 jejaring rumah sakit & 20 Klinik NU yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Kolaborasi ini merupakan wujud tindak lanjut Yakes dalam mendengarkan setiap masukan yang membangun dari peserta khususnya dalam hal kemudahan akses layanan kesehatan yang lebih dekat lagi dengan lokasi peserta. Dalam sambutannya, Direktur Utama Yakes Telkom, Tri Priyo Anggoro, menyampaikan bahwa kolaborasi dengan ARSINU merupakan langkah strategis untuk memperluas jangkauan layanan, terutama bagi peserta yang berada di daerah-daerah. “Kami diamanahkan untuk mengopeni karyawan, keluarga, dan pensiunan Telkom di seluruh Indonesia. Bagi kami, pelayanan bukan sekadar tugas, melainkan wujud keikhlasan dalam memberi. Itulah yang kami sebut layanan prima, mengopeni peserta seperti mengopeni orang tua sendiri,,” ungkap Priyo. Lebih lanjut Priyo menjelaskan tema penguatan layanan Yakes di tahun 2025 “Lebih Dekat, Lebih Peduli” diwujudkan melalui perluasan jejaring layanan, pemanfaatan teknologi digital serta kolaborasi strategis dengan institusi kesehatan terpercaya. Sementara itu, Ketua Umum ARSINU, Dr. dr. H.M. Zulfikar As’ad, MMR, menegaskan bahwa kolaborasi ini sejalan dengan misi rumah sakit Islam NU dalam memberikan layanan kesehatan yang berlandaskan nilai-nilai kemanusiaan, profesionalisme, dan keberkahan. “Kami menyambut baik kerja sama ini sebagai wujud pengabdian nyata bagi masyarakat dan peserta Yakes Telkom. Sinergi ini diharapkan dapat memperkuat akses layanan kesehatan yang adil, bermartabat, dan berkelanjutan,” jelas Zulfikar As’ad. Kolaborasi antara Yakes Telkom dengan ARSINU ini diharapkan mampu memberikan kebaikan bagi para pihak. Hal ini sekaligus menjadi bukti nyata komitmen Yakes Telkom dalam memastikan peserta memperoleh pelayanan yang komprehensif dengan lebih dekat, lebih peduli, dan lebih berkualitas. Baca Selengkapnya
-
Info KorporasiDirujuk ke Spesialis tapi mager dan ribet atur waktunya? Tenang, Ada Telemedicine Dokter Spesialis di LOVIT
Di era digital saat ini, layanan kesehatan semakin berkembang untuk memberikan kemudahan bagi peserta. Salah satu inovasi terbaru dari Yakes Telkom adalah Telemedicine Dokter Spesialis melalui aplikasi LOVIT, yang memungkinkan peserta berkonsultasi dengan dokter spesialis tanpa harus datang langsung ke rumah sakit. Dirujuk ke Spesialis tapi mager dan ribet atur waktunya? Tenang... Yakes Fams tinggal bilang ke dokter klinik atau telemedicine untuk mendapat rujukan dokter spesialis yang bisa diakses pakai LOVIT. Jadi kamu bisa konsultasi langsung dengan dokter spesialis dari mana saja, lebih mudah, flleksibel dan praktis. Apa itu Telemedicine Dokter Spesialis? Telemedicine Dokter Spesialis adalah layanan konsultasi kesehatan secara online yang memudahkan peserta untuk terhubung dengan dokter spesialis pilihan, cukup melalui aplikasi LOVIT. Dengan layanan ini, peserta bisa menghemat waktu, biaya, sekaligus tetap mendapatkan layanan medis yang terpercaya. Manfaat & Keunggulan Menggunakan Telemedicine Dokter Spesialis via LOVIT memberikan banyak keuntungan, antara lain: Efisien: Tidak perlu antre atau bepergian ke rumah sakit. Fleksibel: Bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja sesuai jadwal. Aman & Nyaman: Konsultasi dilakukan melalui video call atau chat langsung dengan dokter spesialis. Kendali Penyakit Kronis: Peserta dengan kondisi kronis bisa lebih mudah melakukan kontrol rutin. Dukungan Keluarga: Anggota keluarga dapat ikut mendampingi proses penyembuhan. Obat langsung dikirim ke rumah, sehingga pasien tidak perlu repot mengambil obat di apotek. Langkah Mudah Menggunakan Telemedicine Dokter Spesialis Dapatkan Surat Rujukan Dokter Spesialis Datang langsung ke Klinik Yakes, atau Buat janji konsultasi dengan dokter umum melalui menu Telemedicine di LOVIT. Surat rujukan otomatis tersedia di menu Telemedicine Dokter Spesialis. Booking Jadwal Konsultasi Buka LOVIT → pilih menu Telemedicine Dokter Spesialis. Klik rujukan dokter spesialis → pilih jadwal → konfirmasi. Check-in di LOVIT Dilakukan H-1 atau maksimal pada hari H. Pilih menu Detail Tiket, klik Check-in, lalu tunggu giliran untuk Mulai Konsultasi. Konsultasi dengan Dokter Spesialis Dilakukan via chat room (chat atau video call) dengan dokter spesialis sesuai jadwal. Resep Disiapkan oleh Apotek Obat Dikirim ke Rumah Jika ada rekomendasi rujukan lanjutan, pasien dapat mengambilnya di Klinik Yakes atau melalui Yakes Account Manager (YAM). Hal yang Perlu Diperhatikan Booking via LOVIT berlaku 7 hari, setelah itu surat rujukan harus diperbarui. Jangan lupa Check-in (H-1 hingga 1 jam sebelum konsultasi). Jika pasien tidak merespon dalam 5 menit saat konsultasi, jadwal dianggap batal dan harus diulang. Obat akan dikirim oleh kurir Yakes di hari kerja. Jika ingin lebih cepat, pasien bisa memilih pengiriman di luar kurir Yakes dengan biaya ditanggung sendiri. Baca Selengkapnya