Senin, 21 Maret 2022 15:30 WIB

Aktivitas Tak Terganggu Dengan Sendi Sehat, Ini Tips Jaga Kesehatan Sendi

Ditinjau oleh : Setiap aktivitas yang dijalani manusia berupa gerakan tubuh melibatkan kerja sendi dan tulang

picture-of-article

Setiap aktivitas yang dijalani manusia berupa gerakan tubuh melibatkan kerja sendi dan tulang, mengingat peran pentingnya maka perlu diperhatikan kesehatan dari sendi agar tidak terjadi cidera maupun kerusakan yang mengakibatkan terganggunya aktivitas harian.

Sendi yang menjadi alat penyambung atau penghubung antar tulang berperan penting dalam banyak pergerakan didalam tubuh, lantas apa saja yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan sendi agar tetap terjaga, Berikut terdapat beberapa tips untuk menjaga kesehatan sendi :

  1. Lakukan Olahraga Secara Rutin
    Melakukan olahraga yang melibatkan otot, tulang dan sendi dapat meningkatkan kesehatan sendi tersebut. Adapun saran untuk berolahraga secara rutin dilakukan setidaknya 30 menit setiap harinya atau minimal dilakukan 3-5 kali seminggu. Aktivitas fisik dalam berolahraga juga baik untuk menjaga fungsi jantung serta melancarkan aliran darah.
     
  2. Menjaga Berat Badan
    Kelebihan berat badan dapat meningkatkan kerja sendi pada lutut, pinggul serta punggung. Hal tersebut tidak baik karena meningkatkan risiko cedera pada sendi, rekomendasi yang dapat dilakukan adalah dengan menurunkan berat badan hingga menjadi ideal kembali.
     
  3. Hindari Duduk Terlalu Lama
    Duduk terlalu lama dalam bekerja ataupun bersantai juga tidak baik untuk kesehatan sendi, hal ini dapat meningkatkan risiko gangguan pada sendi. Hal ini dikarenakan ketika tubuh bergerak lebih banyak, maka sendi pun akan semakin lentur. Adapun rekomendasi dalam hal ini adalah dengan melakukan peregangan setidaknya tiap 30 menit.
     
  4. Hindari Melakukan Kegiatan Angkat Beban yang Terlalu Berat
    Dalam hal ini menjaga postur tubuh tetap seimbang adalah hal penting dalam menjaga kesehatan sendi, kegiatan mengangkat benda berat atau melakukan kebiasaan bungkuk terlalu lama dan berulang-ulang dapat meningkatkan risiko kerusakan pada sendi. Rekomendasi dalam hal ini adalah dengan melakukan perbaikan postur tubuh untuk tetap tegak dalam duduk dan berdiri serta beristirahat jika mengalami kelelahan setelah beraktivitas.
     
  5. Konsumsi Makanan Bergizi Disertai Dengan Konsumsi Vitamin
    Mengkonsumsi makanan bergizi yang mengandung protein, kalsium, selenium, antioksidan serta asam lemak omega 3 juga penting dalam menjaga kesehatan sendi, selain itu perlu juga menambahnya dengan konsumsi Vitamin D. Adapun jenis makanan yang dapat dikonsumsi untuk menjaga sendi agar tetap baik adalah seperti buah dan sayur, ikan, minyak zaitun, susu, kacang-kacangan, serta teh hijau.

Beberapa tips diatas dapat anda lakukan guna menjaga sendi tetap sehat dan mengurangi risiko terhadap cedera. Namun jika memang telah mengalami gangguan pada sendi segera melakukan konsultasi lebih lanjut kepada dokter atau tenaga kesehatan untuk dapat penanganan lebih lanjut.

Baca juga : Hari Perawat Sedunia, Angkat Fokus Tema Investasi Keperawatan dan Menghormati Hak Perawat

0 Disukai

108 Kali Dibaca