• icon-phone Contact Center Yakes Telkom : 022 - 4521405
  • Contact Center Yakes Telkom : 022 - 4521405

Info Terbaru

image-newest
Info Kesehatan

Waspada Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Saat Peralihan Musim Kamis, 06 Oktober 2022 17:44 WIB Meningkatnya risiko penyebaran penyakit pada peralihan musim menjadi hal yang perlu diwaspadai. Hal tersebut terjadi karena imunitas dalam tubuh terdampak, sehingga memungkinkan terjadinya infeksi yang disebabkan oleh virus maupun bakteri, yang salah satu penyakitnya adalah infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). ISPA merupakan infeksi penyakit yang menyerang saluran pernapasan atas maupun bawah, dari mulai hidung hingga bagian alveolus dalam paru-paru, beberapa penyakit didalamnya meliputi flu, sinusitis, bronkitis hingga pneumonia. Adapun penyebab dari terjadinya ISPA adalah dari infeksi virus maupun bakteri yang masuk melalui udara tercemar yang dihirup. Gejala dari penyakit ISPA sendiri dapat lebih spesifik tergantung pada bagian mana yang mengalami infeksi, namun secara umum gejala tersebut meliputi : Batuk yang disertai dahak, Bersin-bersin, Pilek dan hidung tersumbat, Nyeri tenggorokan Suara parau, Demam tinggi, hingga pembesaran kelenjar getah bening sekitar leher. Guna menghindari timbulnya infeksi tersebut, terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan dengan melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat, seperti : Mencuci tangan sebelum dan setelah makan. Menerapkan etika batuk dan bersih dengan menutup mulut dan hidung menggunakan lengan dalam atau tisu kemudian mencuci tangan. Hindari kontak berlebih dengan orang sakit. Gunakanlah masker pelindung saat beraktivitas. Minum cukup air putih setiap hari. Cukup istirahat. Berhenti merokok. Namun selain itu, menjaga tubuh tetap bugar dengan makan-makanan bergizi tinggi juga perlu dilakukan agar sistem imun dalam tubuh bekerja secara optimal dalam mencegah infeksi dari virus maupun bakteri. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut terkait Penyakit ISPA, Yakes Family dapat mengunjungi halaman Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) Selain info di atas, jika ingin melihat konten kesehatan dan kegiatan Yakes-Telkom lebih lengkap lagi, klik link: linktr.ee/YakesPromotifPreventi

image-newest
Info Korporasi

Yakes-Telkom Ajak Mayapada Group Jalin Kolaborasi Wujudkan Perluasan Pelayanan Bagi Peserta Jumat, 30 September 2022 17:26 WIB Jakarta, 30 September 2022 - Dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan bagi peserta, Yakes-Telkom kembali membuka opsi kerjasama dengan menggandeng Mayapada Hospital Group. Hal tersebut ditandai dengan pertemuan yang dilakukan oleh perwakilan Mayapada Group dengan Yakes-Telkom di Telkom Landmark Tower lt. 22, Jakarta. Pada pertemuan tersebut, Mayapada Group diwakilkan oleh GM Center of Excellent & Product Development dr Kukie Anandaputri bersama dengan GM Insurance & National Corporate Risma Christina, serta Chief Finance Officer Mark Kristomo yang hadir secara online, yang disambut langsung oleh Direktur Layanan Kesehatan Yakes M. Suny Arifianto. Pertemuan ini kemudian dibuka dengan paparan dari Dir. Layanan Kesehatan Yakes, M. Suny Arifianto yang menjelaskan tentang Yakes-Telkom yang meliputi terkait visi, misi maupun strategi dan juga layanan yang diberikan oleh Yakes-Telkom kepada para peserta serta bagaimana rencana perluasan kerjasama dengan Mayapada Hospital Group. Perlu diketahui, Yakes-Telkom sebelumnya telah menjalin kerjasama dengan 2 rumah sakit dari Mayapada Group, yakni Mayapada Hospital Bogor BMC, serta Mayapada Hospital Tangerang. Kedua kerjasama tersebut dijalankan dengan skema Cost Sharing BPJS dan fee for service dengan discount khusus bagi para peserta Yakes-Telkom. Hal tersebut menjadi kemudian menjadi langkah baik dalam menunjang perluasan kerjasama ini. “Dari kerjasama yang eksisting dengan Mayapada Hospital ini sudah berjalan dengan baik dengan beberapa poin positive value yang telah diterima. Kita harap kedepannya kerjasama ini bisa terus berlanjut dengan capaian yang baik,” jelas Suny Suny juga menyampaikan harapan perluasan kerjasama ini meliputi terjadinya kerjasama yang lebih efisien dan optimal dengan bertambahnya jumlah peserta, mendukung terjadinya pemanfaatan BPJS dengan tidak adanya perbedaan perlakuan dalam layanan RJTL dan Rawat inap untuk peserta, serta dapat menciptakan Good Clinical Governance antara Yakes dan juga Mayapada Group. Semantara itu, Chief Finance Officer Mayapada Group Mark Kristomo menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Yakes-Telkom atas kepercayaan kerjasama yang telah diberikan. Ia juga menambahkan harapannya kedepan kerjasama ini dapat terus berlanjut dengan Mayapada Group dapat menangani lebih banyak peserta Yakes. “Terima kasih pak atas kepercayaan Yakes-Telkom selama ini kepada Mayapada, dan kami yakin kedepannya kerjasama kita akan lebih kuat pak serta Mayapada dapat melayani lebih luas lagi peserta Yakes-Telkom,” jelas Mark Kristomo Senada dengan hal tersebut, GM Insurance & National Corporate Risma Christina juga menyambut baik rencana perluasan kerjasama antara Yakes-Telkom dengan Mayapada Group.  “Seperti yang disampaikan oleh Pak Mark, kami dari Mayapada senang sekali bisa melanjutkan perluasan kerjasama ini dengan Yakes-Telkom ini,” jelas Risma

image-newest
Info Kesehatan

Jaga Jantung Tetap Sehat, Dengan Olahraga yang Tepat Kamis, 29 September 2022 13:36 WIB Salah satu tujuan yang dapat dicapai dengan berolahraga adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Namun, olahraga yang dilakukan secara berlebihan justru dapat membahayakan kesehatan jantung. Olahraga pada dasarnya memiliki manfaat yang tinggi dalam menjaga kesehatan jantung, beberapa manfaat tersebut seperti dapat menguatkan jantung secara menyeluruh, dapat mengurangi risiko gagal jantung, mengontrol tekanan darah, serta menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah yang dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah dalam jantung. Adapun beberapa rekomendasi olahraga tepat untuk menjaga kesehatan jantung, meliputi jalan kaki atau jalan cepat, jogging, berenang, serta bersepeda. Adapun hal lainnya adalah berupa memperhatikan F.I.T.T dalam berolahraga, yakni : Frekuensi Frekuensi latihan yang konsisten atau kontinyu 3x per minggu. Intensitas Mulailah dengan intensitas rendah ke sedang. Time Pilihlah durasi 30-45 menit dan jangan meningkatkan volume dan intensitas. Tipe Pilihlah jenis olahraga yang tidak mengandung unsur kompetitif dan lebih disenangi. Mengatur intensitas latihan per harinya juga penting dilakukan, hal ini juga berguna untuk tubuh mendapatkan waktu recovery yang baik dan cukup sehingga terhindar dari risiko cedera ataupun gejala overtraining. Rekomendasi terbaik untuk berolahraga adalah dilakukan sebanyak 3-5 kali per minggu. Selain itu, guna memastikan ketepatan olahraga yang telah dilakukan, lakukan juga pengukuran terhadap denyut nadi pada saat sebelum berolahraga dan juga setelah berolahraga. Untuk mengetahui lebih lengkap terkait menjaga kesehatan jantung dengan berolahraga, Yakes Family dapat mengunjungi channel Youtube Yakes Telkom atau mengakses melalui Webinar Jantung sehat Melalui Olahraga. Selain info di atas, jika ingin melihat konten kesehatan dan kegiatan Yakes-Telkom lebih lengkap lagi, klik link: linktr.ee/YakesPromotifPreventi

image-newest
Info Korporasi

Peringati Hari Bhakti Postel, Jadikan Momentum Untuk Kembali Bangkit & Berjuang Rabu, 28 September 2022 17:05 WIB 27 September setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Bhakti Pos dan Telekomunikasi (Postel). Hari Bhakti Postel diperingati oleh seluruh pegawai di jajaran pos dan telekomunikasi di Indonesia sebagai pengingat dari pengambilalihan kantor pusat Jawatan Pos, Telegraf dan Telepon (PTT) di Bandung oleh Angkatan Muda Pos Telegraf dan Telepon (AMPTT) dari pemerintahan Jepang. Gerakan pengambilalihan tersebut dipimpin oleh Soetoko beserta dengan Slamet Soemari, Hoesoef, Agoes Salman dan Nawawi Alif. Mengingat pentingnya hal tersebut, Persatuan Pensiunan Telkom (P2Tel) mengadakan peringatan dan acara syukuran terkait Hari Bhakti Postel ke-77 dengan mengangkat tema “Momentum, Bangkit & Berjuang”. Acara peringatan ini diikuti oleh setidaknya 84 orang dari pengurus P2Tel, Dapen Telkom, dan Yakes Telkom yang diwakili oleh Direktur Utama Yakes Tri Priyo Anggoro serta Direktur Investasi Keuangan dan Umum Yakes Notje Rosanti.  Ketua Umum P2Tel, Djaka Sunda dalam sambutannya mengajak untuk tetap meneruskan perjuangan yang telah diwariskan oleh para pendahulu Postel. “Pada momen ini juga sebagai pengingat kepada diri sendiri serta kepada rekan-rekan pengurus p2tel yang ada pusat maupun di daerah, agar dapat mewarisi semangat pejuang tanpa pamrih dari para pendahulu kita,” jelas Djaka. Kegiatan kemudian dilanjut dengan paparan kisah singkat & penayangan video sejarah perjuangan AMPTT terkait terjadinya peringatan Hari Bhakti Postel. Serta dilanjutkan dengan acara syukuran dengan dilakukan pemotongan tumpeng.

image-newest
Info Kesehatan

Gula, Si Manis Yang “Berbahaya” Senin, 26 September 2022 15:29 WIB Gula merupakan karbohidrat sederhana yang sering dijumpai dalam berbagai macam olahan makanan dan minuman. Rasa manis pada gula memberikan sensasi identik yang dapat menimbulkan perasaan senang bila dikonsumsi, serta dapat memberikan tambahan energi bagi tubuh. Namun dibalik banyak manfaat yang dihadirkan oleh gula, terdapat bahaya yang cukup besar jika konsumsi gula tidak terkontrol. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Indonesia pada tahun 2018 lalu, tingkat konsumsi terkait gula di Indonesia sangat tinggi, yakni pada makanan manis mencapai 87.9% dan minuman manis 91,49%. Ini juga berkaitan dengan meningkatnya prevalensi kegemukan yang ada di Indonesia yakni mencapai 21,8% pada tahun 2018, dikarenakan konsumsi makanan dan minuman manis berlebih dapat meningkatkan berat badan. Selain dapat meningkatkan risiko kegemukan, konsumsi gula harian yang berlebih juga dapat menyebabkan gangguan terhadap metabolisme tubuh seperti, kerusakan pada gigi (karies), sulit menghentikan keinginan makan akibat gangguan sensitivitas hormon leptin, meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular hingga peningkatan risiko penyakit diabetes melitus akibat hiperglikemia. Mengingat banyaknya potensi berbahaya yang dapat terjadi, Kemenkes melalui Permenkes Nomor 30 Tahun 2013 mengeluarkan anjuran terkait konsumsi gula yang baik dan tepat. Anjuran tersebut menyebutkan konsumsi gula per orang per harinya adalah 10% dari total energi (2.000 kalori) atau setara dengan 4 sendok makan/orang/hari (50 gram/orang/hari). Adapun beberapa tips berikut dapat dilakukan untuk dapat membatasi konsumsi gula agar tidak berlebihan. Perhatikan label gizi pada makanan (kemasan) dengan baik, Jika membeli makanan atau minuman pastikan tanpa pemanis tambahan, Kombinasikan gula dengan protein, lemak sehat, dan juga serat, Tambahkan lebih banyak rasa selain manis, Jadikan pengurangan konsumsi gula harian menjadi sebuah kebiasaan yang sehat.

image-newest
Info Kesehatan

Memasuki Peralihan Musim, Waspadai Penyakit DBD Senin, 26 September 2022 15:29 WIB Memasuki masa peralihan menuju musim penghujan, kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) mengalami peningkatan. Berdasarkan data Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, jumlah kumulatif kasus konfirmasi DBD dari Januari 2022 dilaporkan sebanyak 87.501 kasus dengan angka kematian mencapai 816. Tingginya angka kasus tersebut menjadi indikasi untuk masyarakat terus melakukan pencegahan dan pengendalian terhadap penyakit DBD. Kemenkes menyampaikan saat ini upaya pencegahan tersebut telah dilakukan melalui Gerakan 1 Rumah 1 Jumantik (G1R1J) dengan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) 3M Plus. Jumantik atau Juru Pemantau Jentik ini bertugas untuk melakukan pemeriksaan, pemantauan serta pemberantasan jentik nyamuk di tempat-tempat umum yang memungkinkan terjadinya pengembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti. Penyakit DBD ini dapat menyerang siapapun dari berbagai usia, dengan gejala akan muncul mulai 4 hingga 10 hari setelah digigit oleh nyamuk Aedes Aegypti. Adapun beberapa gejala umum yang muncul ketika terkena DBD, seperti : Demam tinggi mendadak, Sakit kepala, Muncul ruam, Nyeri otot dan sendi, Mual dan muntah serta kelelahan. Jika mengalami gejala-gejala dari siklus awal DBD, segera periksakan ke dokter agar dapat ditangani secara cepat dan tepat. Selain itu penting untuk melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan 3M Plus guna mencegah terjadinya DBD, hal tersebut meliputi : Menguras dan membersihkan tempat penampungan air secara rutin, Menutup rapat-rapat tempat penampungan air, Mendaur ulang/memanfaatkan barang-barang yang dapat menampung air hujan. Serta diikuti dengan pencegahan Plus seperti memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, menanam tanaman pengusir nyamuk, tidur menggunakan kelambu, memasang kawat kasa di lubang ventilasi, menggunakan lotion anti nyamuk, memasang ovitrap/lavitrap/mosquito trap, serta melakukan larvasidasi di tempat yang sulit dikuras/ditutup.

image-newest
Info Kesehatan

Tingkatkan Kesadaran Risiko Penyakit Alzheimer & Bagaimana Cara Pencegahannya Rabu, 21 September 2022 10:33 WIB Peringatan Hari Alzheimer Sedunia atau World Alzheimer’s Day yang diperingati setiap tanggal 21 September menjadi momentum pengingat untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian global terhadap penyakit Alzheimer maupun Demensia. Penyakit Alzheimer sendiri merupakan penyakit otak yang menyebabkan penurunan daya ingat, menurunnya kemampuan berpikir dan berbicara, serta perubahan perilaku. Penyakit ini juga dapat berkembang seiring waktu dan mempengaruhi beberapa fungsi otak atau terjadi Demensia. Pada tahun 2022 ini, Hari Alzheimer Sedunia diperingati dengan mengusung tema “Know Dementia, Know Alzheimer’s” atau “Kenali Demensia, Kenali Alzheimer”. Fokus utama dalam tema tahun ini adalah dukungan terhadap orang-orang yang dinyatakan atau didiagnosis terkena Demensia. Hal ini sejalan dengan data dari ADI (Alzheimer’s Disease International) pada tahun 2022, dimana penderita Demensia membutuhkan dukungan komprehensif yang mencakup kesejahteraan medis, emosional dan, juga sosial. ADI juga menggaris-bawahi beberapa laporan terkait Alzheimer pada tahun 2022 ini, meliputi : Dampak diagnosis pada orang yang hidup dengan Demensia, pengasuh dan keluarga mereka. Pertimbangan medis, emosional dan praktis selama tahap awal, menengah dan akhir Demensia, termasuk untuk  berbagai bentuk Demensia. Intervensi farmakologis, kognitif dan multi domain saat ini dan masa depan dalam Demensia. Dampak budaya dan masyarakat pada dukungan pasca-diagnosis untuk orang yang hidup dengan Demensia, memperkenalkan model perawatan dari seluruh dunia. Pentingnya edukasi tentang Demensia. Adapun untuk penyebab terjadinya penyakit Alzheimer masih belum dapat dipastikan secara tepat, namun terdapat beberapa faktor risiko dari penyakit Alzheimer yang meliputi  Faktor Usia Ketika usia mencapai 65 tahun, maka risiko terkena Alzheimer akan meningkat menjadi dua kali lipat setiap lima tahunnya.   Riwayat Keluarga & Genetika Risiko Alzheimer akan meningkat jika ada anggota keluarga dekat (orang tua, kakak, adik, anak) menderita penyakit ini.   Jenis Kelamin Perempuan memiliki risiko yang lebih besar dibandingkan laki-laki untuk terkena penyakit Alzheimer.   Gaya Hidup dan Kesehatan Jantung Faktor risiko penyakit jantung juga dapat meningkatkan risiko terkena Alzheimer, seperti : kurang berolahraga, merokok, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes yang tidak terkontrol. Sementara itu, untuk dapat mencegah terjadinya penyakit Alzheimer dapat dilakukan dengan melakukan hal-hal seperti melakukan aktivitas fisik 30 menit setiap hari, melakukan stimulasi otak dengan membaca ataupun dengan kegiatan hobi lainnya, bersosialisasi dan selalu meningkatkan pikiran positif, mendekatkan diri pada Tuhan dengan cara bersyukur, makan-makanan tinggi serat dan bergizi tinggi.

Info Terpopuler

image-popular
Info Korporasi

Digitalisasi Klinik Percetakan Negara, Terobosan Baru dalam Pelayanan Rabu, 16 Desember 2020 03:29 WIB Jakarta – Sebagai implementasi dari pemanfaatan teknologi dalam program POT CINTA, Yakes Telkom meresmikan Yakes Fitness Center yang telah direnovasi serta Digitalisasi Klinik Percetakan Negara di Jalan Percetakan Negara, Jakarta pada Kamis sore lalu(12/11). Upaya digitalisasi setiap program dan layanan Yakes ini ditujukan untuk mempermudah pelanggan dalam mendapatkan layanan sesuai dengan visi TelkomGroup, menjadi digital telco untuk memajukan masyarakat. Kegiatan launching dimulai dengan pemotongan pita secara simbolik oleh Afriwandi, selaku Direktur Human Capital Management TelkomGroup sebagai tanda peresmian dibukanya Yakes Fitness Center dan Digitalisasi Klinik Percetakan Negara. Dalam sambutannya, Afriwandi mengapresiasi kinerja Yakes Telkom dalam meningkatkan customer experience, khususnya memasukkan unsur digital dalam pelayanannya. “Yakes kini sudah berubah menjadi lebih baik, saya yakin kedepannya pasti bisa meningkatkan sistemnya lagi. Apalagi saya dengar citra Yakes Telkom di pelanggan itu positif, itu sangat bagus. Dengan begitu, citra Telkom pun akan ikut menjadi baik”, jelas Afriwandi. Pada kesempatan ini T.Zilmahram selaku Direktur Utama Yakes Telkom memaparkan sekilas tentang jejak langkah Yakes Telkom dalam mewujudukan visi menjadi institusi terbaik di Indonesia dalam mengelola layanan kesehatan berbasis managed care dan teknologi digital terkini. “Saat ini Yakes memiliki program-program POT CINTA untuk menjadi layanan yang lebih proaktif dalam melayani pelanggan. Seperti Sabaya, Yakin, Taman Sehati, Seharum, Kopi Cinta, Digikes, Café Poci, Kozi, Courtesy serta adanya dashboard secara realtime mengenai informasi covid di Telkom Group dan dashboard mengenai informasi investasi” jelas Zil. Kepala Area II Yakes Telkom, Anastasia Muriani juga turut menjelaskan mengenai pelayanan di Klinik Percetakan Negara yang kini semuanya sudah berbasis digital, mulai dari screening hingga konsultasi dengan dokter. “Klinik PN ini akan tetap menjalankan protokol COVID, pengukuran suhu tubuhnya sudah menggunakan thermoscan, tidak lagi memakai thermometer yang ‘ditembakkan’ ke dahi. Kemudian sebelum masuk ke poliknlik, pelanggan akan melakukan triase covid terlebih dahulu melalui website yang telah kami siapkan” jelas Anas. Bagi pelanggan yang ingin mengunjungi Poliklinik Percetakan Negara, lanjut Anas, bisa menggunakan Yakes Mobile untuk menentukan jadwal konsultasi, supaya tidak harus menunggu lama untuk mendapatkan pelayanan dari dokter. Anas juga menambahkan ragam layanan yang tersedia di Poliklinik Percetakan Negara. “Disini itu nanti ada layanan restitusi secara online, ada Café Poci yaitu café yang menyediakan makanan dan minuman bergizi untuk para pelanggan kita, serta taman sehati” pungkasnya. Kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama dan penandatangan prasasti secara simbolik oleh DirHCM. Semoga Yakes Telkom bisa semakin lebih baik lagi ke depannya.***dv    

image-popular
Info Kesehatan

Telemedicine menjadi alternatif konsultasi dimasa Pandemi Senin, 18 Januari 2021 11:05 WIB Tahun 2020 sudah selesai akan tetapi,  lain halnya dengan Pandemi yang sampai akhir 2020 belum kunjung usai. Dalam masa Pandemik ini, Yakes Telkom memberikan layanan Telemedicine yaitu pemakaian telekomunikasi untuk memberikan informasi dan pelayanan medis jarak-jauh. Telemedicine saat ini, menggunakan teknologi komunikasi dengan gadget untuk memberikan konsultasi fasilitas kesehatan di tempat yang berjauhan, bisa secara langsung via telepon, berkirim pesan, ataupun videocall dengan aplikasi WA (whatsapp) atau aplikasi Telegram. Layanan Telemedicine dibutuhkan oleh Pelanggan dalam masa pandemik Covid-19 saat ini karena ada beberapa layanan yang bisa didapatkan oleh pelanggan dengan menggunakan Telemedicine diantaranya adalah: Layanan Konsultasi medis dengan dokter dan petugas medis lainnya di Yakes Telkom. Memberi kemudahan saat pelanggan ingin mendapatkan Obat Rutin yang dikonsumsi tanpa harus datang ke Poliklinik Yakes Telkom. Permintaan rujukan pemeriksaan Laboratorium dan rujukan ke rumah sakit. Layanan konsultasi tentang restitusi. Layanan konsultasi non medis perihal kepesertaan. Kenapa harus Telemedicine? Guna mencegah penyebaran virus covid-19 lebih baik apabila dirumah saja untuk menghindari kerumunan, itulah sebabnya Yakes Telkom lebih menekankan Telemedicine daripada pelanggan datang langsung ke Poliklinik. Dengan Telemedicine para pelanggan tetap bisa mendapatkan layanan kesehatan dari Yakes. Untuk layanan medis para pelanggan bisa melakukan konsultasi kepada para dokter, apabila memerlukan obat dokter akan memberikan dan dikirim menggunakan kurir. Demikian juga dengan rujukan bisa juga didapatkan dengan melakukan Telemedicine. Tidak hanya layanan konsultasi medis saja yang diberikan kepada para pelanggan, melainkan dari sisi Non Medispun bisa melakukan Telemedicine, salah satu contohnya adalah layanan Konsultasi kepesertaan. Untuk melakukan laporan update Faskes putra/i dari pelanggan, Pensiunan dapat mengirimkan foto atau scan persyaratan yang sudah lengkap kepada admin kepesertaan untuk diproses lebih lanjut. Selain itu juga pengajuan untuk cetak kartu kesehatan bisa dilayani secara online via Whatsapp ataupun Telegram, dengan mengirimkan persyaratan yang sudah lengkap kepada Admin Kepesertaan pengajuan cetak kartu kesehatan bisa diproses lebih lanjut. Saat ini Yakes Telkom tak henti-hentinya memberikan layanan yang terbaik kepada para pelanggan karena sesuai dengan slogan terbaru Yakes Telkom yaitu Sehat Tekad Kita, Melayani dengan Cinta (YKS05-01)

image-popular
Info Kesehatan

Kasus Positif Terus Melonjak, Segera Vaksinasi dan Kencangkan Prokes Minggu, 30 Januari 2022 21:49 WIB Lonjakan Kasus Harian Perupadata mencatatkan penambahan kasus harian Covid-19 sebanyak 9905 kasus (per 28 Januari 2022). Data yang ada juga menunjukkan 90,1% kasus konfirmasi nasional merupakan transmisi lokal dan tercatat sudah 3 pasien kasus konfirmasi Omicron meninggal dunia (memiliki komorbid atau penyakit penyerta dan 1 kasus belum divaksin). Kenaikan kasus harian Covid disinyalir akan terus meningkat dalam beberapa waktu kedepan. Gambaran kenaikan tajam kasus ini juga terlihat di lingkungan TelkomGroup. Munculnya 3 sub varian Omicron Baru-baru ini muncul 3 sub varian Omicron yaitu BA.1 BA.2 dan BA.3, status ketiganya masih terus diteliti. Sementara gejala dibandingkan Delta lebih ringan. BA.2 lebih infeksius dengan gejala lebih ringan dari BA.1. Mutasi virus memang bukanlah hal yang baru, apalagi Variant of Concern cenderung cepat menginfeksi dan akan banyak bermutasi. Yang harus digarisbawahi adalah jangan meremehkan dan jangan abai untuk mencegah virus semakin merajalela dan melahirkan varian yang berbahaya. Cegah dengan Vaksin dan Disiplin Prokes Sesuai dengan anjuran pemerintah melalui Kemenkes, perusahaan turut aktif mengambil langkah-langkah untuk mencegah laju penularan khususnya di lingkungan TelkomGroup dengan mempercepat upaya pelaksanaan vaksinasi booster untuk meningkatkan efektivitas vaksin primer.  Jadi bagi karyawan, pensiunan dan keluarga yg sudah mendapatkan e tiket di Peduli Lindungi dan telah 6 bulan dari vaksin ke 2, segera lakukan vaksinasi booster baik di sentra vaksinasi, RS atau puskesmas terdekat. Ayo kita cegah peningkatan laju Covid dengan tidak panik seraya meningkatkan protokol kesehatan dengan selalu gunakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, rajin mencuci tangan, menghindari bepergian kecuali sangat mendesak, dan menghindari kegiatan makan bersama. Semangat Sehat!  #SEMUAWAJIBPAKAIMASKER #SegeraVaksin

image-popular
Info Kesehatan

Be Mindful of Your Mental Health Sabtu, 24 Oktober 2020 08:36 WIB Tidak dipungkiri lagi bahwa kesehatan mental merupakan salah satu bagian yang menandakan sehatnya seseorang. Sehat tidak hanya dilihat dari kondisi fisik saja, tetapi bagaimana kondisi psikologis diri kita. Di tengah kondisi pandemic Covid-19 yang melanda, mari kita tanyakan ke diri sendiri, sejahterakah kita secara psikologis? Sejahtera secara psikologis menandakan bahwa diri kita memiliki perasaan yang baik (feeling good) dan dapat berfungsi secara efektif (functioning effectively). Untuk dapat sejahtera secara psikologis, tentunya kita perlu memperhatikan (mindful) kondisi kesehatan mental. Mengapa demikian? Alasannya sangat sederhana, karena dengan memberikan perhatian maka kita lebih menyadari serta dapat lebih memahami kondisi diri kita. Mindfulness adalah suatu pendekatan integratif yang didasarkan pada hubungan pikiran & tubuh, yang membantu individu untuk mengelola pikiran dan perasaan serta kesehatan mental mereka. Mindfulness merupakan hal yang mudah untuk dilakukan. Salah satu contoh simpelnya adalah dengan kita menyadari bagaimana rasa makanan yang tadi dicicipi? Apa warna baju yang dipakai hari ini? Apa perasaan yang muncul ketika atasan memberikan feedback kepada saya? Apa yang saya rasakan ketika rekan kerja menolak pendapat saya? Sadar akan apa yang sedang dipikirkan atau dirasakan menjadi salah satu wujud agar kita dapat menjalankan hari-hari dengan nyaman serta menemukan solusi yang terbaik untuk permasalahan yang dihadapi. Selain menyadari apa yang terlintas dipikiran dan dirasakan, menyadari apa yang tubuh kita coba untuk sampaikan juga salah satu bentuk mindfulness. Sebagai contoh, saat berada pada situasi penuh tekanan atau kecemasan, ternyata tubuh kita memunculkan reaksi tertentu seperti detak jantung meningkat, otot tegang atau napas terhambat. Dengan memperhatikan perubahan yang muncul tersebut, maka kita dapat pula mencari solusi atas perubahan yang terjadi, salah satu upayanya dengan mengatur napas dengan baik agar tubuh menjadi tenang. Begitu pula dengan situasi Covid-19 yang tengah kita hadapi saat ini, aware terhadap apa yang menjadi pikiran, perasaan, serta pola tingkah laku yang dimunculkan akan membantu kita menentukan langkah pengelolaan yang tepat. Kesadaran ini menandakan pula bahwa kita merawat diri. Kita sadar akan hal yang menjadi pemicu dari kecemasan serta memperhatikan hal-hal apa yang membuat tertekan. Ketika kita mulai memperhatikan kondisi kesehatan mental, tidak hanya diri kita sendiri yang mendapatkan manfaatnya. Manfaat apalagi yang didapat melalui mindfulness? Menyadari kondisi psikologis atau kesehatan mental ini juga dapat membantu mengurangi stigma lingkungan yang buruk terhadap kesehatan mental. Beberapa contoh mindfulness ini adalah, menyadari penggunaan tata bahasa yang digunakan agar tidak menyakiti perasaan orang lain, mengedukasi diri terkait kesehatan mental yaitu dengan mengenali bahwa kesehatan mental memiliki perlakuan yang sama dengan masalah medis lainnya, dan mendengarkan kondisi orang lain tanpa interupsi, asumsi, maupun interpretasi di awal. Nah, beberapa hal tersebut dapat kita latih di kehidupan sehari-hari dan menjadi upaya bagi kita untuk lebih mindful terhadap diri maupun lingkungan sosial. Sudah saatnya kita aware terhadap kesehatan mental. Sesuai dengan kampanye yang dikeluarkan World Federation for Mental Health (WFMH), perayaan Hari Kesehatan Mental Dunia tahun 2020 mengusung tema “Mental Health for All: Greater Investment – Greater Access”, hal tersebut menandakan bahwa sehat mental itu hak setiap orang. Inilah saatnya bagi kita untuk berinvestasi dalam kesehatan mental. By: Rahmi Maya Fitri, M.Psi., Psikolog     “We would never tell someone with a broken leg that they should stop wallowing and get it together. We don’t consider taking medication for an ear infection something to be ashamed of.”  MICHELLE OBAMA     Sumber: https://www.verywellmind.com/improve-psychological-well-being-4177330; https://www.mentalhealth.org.uk/a-to-z/m/mindfulness; https://www.mindfulnessstudies.com/ending-mental-health-stigma-through-mindfulness/

image-popular
Info Korporasi

Soft Launching FAST Sebagai Implementasi Core Values AKHLAK Jumat, 01 Oktober 2021 15:00 WIB Yakes Telkom terus berinovasi mendukung visi dan misi serta salah satu yang tercantum dalam POT CINTA yaitu Pelayanan Prima. Bersamaan dengan peringatan hari Kesaktian Pancasila tahun 2021, Yakes Telkom memperkenalkan FAST (First Assistance, Patient Safety, & Early Treatment), Jumat pagi ini (01/10). Acara soft launching FAST dilakukan usai pelaksanaan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila melalui vicon. Hadir pada kegiatan ini BoD, SL, dan seluruh karyawan Yakes Telkom. M. Suny Arifianto selaku Direktur Layanan Kesehatan dan Umum Yakes Telkom menerangkan bahwa FAST merupakan inovasi pelayanan berbasis Fast Respon Team dengan reaksi cepat khususnya untuk usaha live safing dan menurunkan resiko fatality pada pasien yang dibutuhkan pada saat ini sebagai upaya mewujudkan pelayanan prima dengan tiga target customer yaitu: 1. Tim pengawalan atau peserta Event di lingkungan TelkomGroup. 2. Peserta Home Care yang memerlukan pelayanan cepat. 3. Emergency Patient Faskes Yakes Telkom dan Pasien Penanganan Khusus. Konsep layanan ini akan terintegrasi dengan program lain yang akan diluncurkan dalam waktu dekat demi meningkatkan kenyamanan peserta Yakes.  Lebih lanjut Suny menyampaikan bahwa FAST akan diimplementasikan terlebih dahulu di Regional Jakarta dan Jawa Barat. Saat ini FAST menjalankan tugas perdananya di Papua sebagai pendampingan pelayanan kesehatan TelkomGroup pada PON XX Papua. Pada kesempatan berikutnya, Tri Priyo Anggoro selaku Direktur Utama Yakes Telkom memberikan sambutan sekaligus melakukan soft launching FAST (First Assistance, Patient Safety, & Early Treatment). Priyo menjelaskan bahwa FAST dalam pelaksanaannya merupakan cerminan dari implementasi dari nilai-nilai AKHLAK, yaitu Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif serta Kolaboratif. Lebih lanjut Priyo mengucapkan selamat bertugas kepada seluruh tim FAST yang hadir baik di Bandung, Jakarta, dan Papua seraya berpesan agar seluruh tim mampu menunjukkan perannya sebagai tim yang responsif terhadap setiap kebutuhan peserta atas layanan Yakes. Priyo juga mengucapkan selamat bertugas kepada tim FAST yang bertugas mendukung event PON XX di Papua yang saat ini mengawal kesehatan Direktur EBIS Edi Witjara dan jajaran yang belum lama tiba untuk memastikan kesiapan tim TelkomGroup dalam mendukung suksesnya PON XX Papua. (YKS03)