Kamis, 09 Maret 2023 09:29 WIB

Bisakah Batu Ginjal Sembuh Tanpa Operasi? Yuk Simak Penjelasannya Bareng di #AskTheExpert

Ditinjau oleh : Penyakit batu ginjal dapat terjadi akibat adanya tumpukan zat tertentu

picture-of-article

Penyakit batu ginjal dapat terjadi akibat adanya tumpukan zat tertentu di dalam ginjal yang kemudian membentuk batu. Zat-zat tersebut berasal dari limbah di dalam darah tersebut dapat mengendap dan mengkristal seiring waktu, sehingga menyebabkan terjadinya gangguan pada ginjal. Risiko terjadinya batu ginjal juga dapat meningkat pada seseorang jarang minum air putih secara teratur.

Dokter Yakes-Telkom, dr. Margareita pada program #AskTheExpert menjelaskan penderita batu ginjal biasanya merasakan gejala-gejala seperti : 

  • Mudah Lelah
  • Mual atau Muntah
  • Mengalami Kram Otot Terutama Bagian Kaki
  • Bengkak di Pergelangan Kaki & Sekitar Mata
  • Nyeri atau Sakit di Sekitar Pinggang
  • Sering Buang Air Kecil atau Jumlah Urine Sedikit
  • Hingga Dapat Mengalami Tekanan Darah Tinggi

Salah satu cara yang dapat dilakukan guna mengatasi batu ginjal adalah dengan melakukan prosedur operasi. Namun, dr. Margareita menyampaikan batu ginjal juga dapat diatasi tanpa melalui operasi.

“Batu ginjal bisa dikeluarkan tanpa melalui tindakan operasi, namun hal ini hanya bisa dilakukan pada ukuran batu ginjal kurang dari 1 cm.” jelas dr. Margareita

 

Di lain sisi, dr. Margareita juga menjelaskan penderita batu ginjal yang sudah pernah dioperasi masih memungkinkan untuk terkena kembali penyakit tersebut. Hal ini dapat terjadi jika penyintas tersebut tidak dapat mengendalikan faktor dari pembentuk dari batu ginjal.

Simak informasi lebih lanjut terkait penyakit batu ginjal dan penyakit lainnya di #AskTheExpert Yakes-Telkom dengan mengunjungi youtube Yakes-Telkom di :  Ask The Expert

Baca juga : Lakukan Langkah Ini Agar Terhindar dari DBD

1 Disukai

1069 Kali Dibaca