Rabu, 11 Mei 2022 14:49 WIB

Ini Hal Yang Perlu Diketahui Terkait Hepatitis Akut Berat

Ditinjau oleh : Beberapa waktu belakangan ini, dunia cukup digemparkan dengan adanya laporan terkait kasus hepatitis akut berat

picture-of-article

Beberapa waktu belakangan ini, dunia cukup digemparkan dengan adanya laporan terkait kasus hepatitis akut berat yang belum diketahui penyebabnya (acute hepatitis of unknown aetiology) menyerang anak-anak di beberapa negara. 

Menanggapi hal tersebut Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI serta Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap waspada namun tidak panik dalam mencegah terjadinya hepatitis akut berat pada anak ini. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Ketua Umum Pengurus Pusat IDAI, dr. Piprim Basarah Yanuarso.

"Kita prihatin dengan kondisi yang ada, tapi kami imbau orang tua jangan panik. Sebaiknya mari memastikan anak-anak mengkonsumsi makanan yang matang," katanya dalam diskusi daring bertajuk "Serba-Serbi Penyakit Anak Pasca Lebaran"jelas dr. Piprim Basarah

Namun, apa sih sebenarnya hepatitis akut itu? seberapa bahaya penyakit tersebut? dan bagaimana cara mencegahnya?

Hepatitis akut sendiri merupakan suatu kondisi peradangan pada hati atau liver namun biasanya terjadi secara tiba-tiba atau dalam jangka waktu yang singkat. Pada kasus hepatitis akut berat ini belum ditemukan pasti apa yang menyebabkannya, namun pada umumnya gejala yang timbul berupa :

Jika mengalami gejala-gejala berikut, masyarakat khususnya orang tua diminta segera memeriksakan anak yang bergejala ke fasilitas pelayanan kesehatan untuk mendapat diagnosis awal. 

Kemenkes bersama dengan berbagai instansi terkait kini masih mendalami kasus hepatitis akut berat ini. Adapun Juru Bicara Kemenkes, Siti Nadia Tarmidzi menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada serta melakukan tindakan pencegahan seperti :

  1. Rutin cuci tangan memakai sabun
  2. Cuci seluruh bahan makanan hingga bersih
  3. Pastikan makanan dalam keadaan matang dan bersih
  4. Tidak bergantian alat makan
  5. Hindari kontak dengan orang sakit
  6. Jaga kebersihan
  7. Tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan

Baca juga : Perjalanan Mudik Jauh? Ini Tips Hindari Pegal Saat Duduk Terlalu Lama di Mobil

0 Disukai

26 Kali Dibaca