Kamis, 29 September 2022 13:36 WIB

Jaga Jantung Tetap Sehat, Dengan Olahraga yang Tepat

Ditinjau oleh : Salah satu tujuan yang dapat dicapai dengan berolahraga adalah untuk menjaga kesehatan jantung.

picture-of-article

Salah satu tujuan yang dapat dicapai dengan berolahraga adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Namun, olahraga yang dilakukan secara berlebihan justru dapat membahayakan kesehatan jantung. Olahraga pada dasarnya memiliki manfaat yang tinggi dalam menjaga kesehatan jantung, beberapa manfaat tersebut seperti dapat menguatkan jantung secara menyeluruh, dapat mengurangi risiko gagal jantung, mengontrol tekanan darah, serta menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah yang dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah dalam jantung.

Adapun beberapa rekomendasi olahraga tepat untuk menjaga kesehatan jantung, meliputi jalan kaki atau jalan cepat, jogging, berenang, serta bersepeda. Adapun hal lainnya adalah berupa memperhatikan F.I.T.T dalam berolahraga, yakni :

  • Frekuensi
    Frekuensi latihan yang konsisten atau kontinyu 3x per minggu.
  • Intensitas
    Mulailah dengan intensitas rendah ke sedang.
  • Time
    Pilihlah durasi 30-45 menit dan jangan meningkatkan volume dan intensitas.
  • Tipe
    Pilihlah jenis olahraga yang tidak mengandung unsur kompetitif dan lebih disenangi.

Mengatur intensitas latihan per harinya juga penting dilakukan, hal ini juga berguna untuk tubuh mendapatkan waktu recovery yang baik dan cukup sehingga terhindar dari risiko cedera ataupun gejala overtraining. Rekomendasi terbaik untuk berolahraga adalah dilakukan sebanyak 3-5 kali per minggu.

Selain itu, guna memastikan ketepatan olahraga yang telah dilakukan, lakukan juga pengukuran terhadap denyut nadi pada saat sebelum berolahraga dan juga setelah berolahraga.

Untuk mengetahui lebih lengkap terkait menjaga kesehatan jantung dengan berolahraga, Yakes Family dapat mengunjungi channel Youtube Yakes Telkom atau mengakses melalui Webinar Jantung sehat Melalui Olahraga.

Selain info di atas, jika ingin melihat konten kesehatan dan kegiatan Yakes-Telkom lebih lengkap lagi, klik link:

linktr.ee/YakesPromotifPreventi

Baca juga : Jaga Imun Tubuh & Jalankan Prokes Masih Jadi Kunci Pola Hidup Sehat

0 Disukai

320 Kali Dibaca