Rabu, 16 Februari 2022 13:17 WIB

Jaga Kebugaran Jasmani Dengan Olahraga Kardio

picture-of-article

Dalam meningkatkan kebugaran jasmani pada masa pandemi Covid-19 ini, olahraga secara rutin menjadi hal penting yang harus masuk kedalam list kegiatan harian. Dari berbagai macam jenis, olahraga kardio menjadi salah satu opsi menarik. Hal ini tidak terlepas dari hasil yang didapat dari olahraga kardio seperti meningkatkan daya tahan tubuh, membakar lemak tubuh hingga menurunkan berat badan.

Namun apa sih sebenarnya kardio itu? serta apa saja kegiatan yang termasuk dalam olahraga kardio yang dapat dilakukan?

Olahraga kardio atau kardiovaskular sendiri merupakan serangkaian aktivitas fisik yang dapat membantu meningkatkan kekuatan jantung dan paru-paru. Selama berolahraga kardio, tubuh dilatih untuk dapat bernapas lebih cepat dan dalam sehingga meningkatkan kadar oksigen dalam darah.

Selain itu, kegiatan kardio juga dapat meningkatkan kadar oksigen dalam sel sehingga jaringan tubuh juga bisa mempercepat proses pembakaran cadangan lemak yang dapat menurunkan berat badan.

Terdapat beberapa latihan kardio yang mengutamakan pernapasan yang diantaranya, Jogging, Bersepeda, serta Berenang. Namun selain melakukan latihan kardio di luar rumah, Anda juga dapat melakukan berbagai serangkaian olahraga kardio di dalam rumah. Hal tersebut seperti :

  1. Skaters
    Latihan ini mirip dengan gerakan sepatu roda dimana gerakan tersebut dimulai dengan berdiri gerak dan kaki dibuka selebar pinggul diikuti dengan lompat ke sisi kanan dan mendaratlah dengan kaki kanan, sembari lutut kiri menekuk lurus. Lalu, lompat ke sisi kiri dengan gerakan berlawanan.
     
  2. Jump Rope
    Dikenal juga sebagai gerakan lompat tali atau skipping ini dapat dilakukan dirumah dengan atau tanpa alat bantu.
     
  3. Burpees
    Gerakan kardio yang dilakukan dengan memadukan berbagai gerakan seperti lompat, squat, plank, hingga push up. Gerakan ini juga dapat membantu menurunkan badan dikarenakan gerakan burpees ini dapat membakar lebih dari 100 kalori dalam 10 menit.
     
  4. Mountain Climbers
    Gerakan ini dimulai dengan posisi plank dengan bagian tubuh bertumpu pada kedua lengan dan kaki. Tekuk lutut kanan ke depan dada dan lakukan hal yang sama pada lutut kiri secara bergantian. Lakukan gerakan ini selama 30-60 detik.

Adapun berbagai manfaat latihan kardio untuk kebugaran tubuh sangat mempengaruhi kesehatan organ jantung, paru-paru, dan pembuluh darah. Selain itu, terdapat juga beberapa manfaat lain seperti :

  • Membantu menurunkan berat badan serta mempertahankannya apabila dikombinasikan dengan asupan diet sehat dan seimbang.
  • Meningkatkan stamina dan kebugaran tubuh. Selain itu, aktivitas ini juga meningkatkan kebugaran jantung, paru-paru, otot, dan tulang dari waktu ke waktu.
  • Mengaktifkan sistem kekebalan tubuh sehingga terhindar dari berbagai infeksi virus ringan, seperti batuk dan flu.
  • Mengurangi berbagai risiko penyakit kronis, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, diabetes, dan jenis kanker tertentu.
  • Membantu mengelola sejumlah kondisi kesehatan, seperti menurunkan tekanan darah dan mengontrol kadar gula darah.
  • Berolahraga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL) berdasarkan penelitian dari University of South Carolina. Selain itu, berolahraga juga bisa meningkatkan sifat antioksidan dan anti-inflamasi dari HDL.
  • Membantu meningkatkan suasana hati dengan mengurangi efek stres dan depresi. Hal ini juga berdampak pada peningkatan kualitas tidur seseorang.

Baca juga : Memasuki Peralihan Musim, Waspadai Penyakit DBD

0 Disukai

303 Kali Dibaca