Selasa, 29 Maret 2022 14:01 WIB

Jalani Gaya Hidup Sehat Dengan Mengatur Asupan Gizi Seimbang

picture-of-article

Gaya hidup modern yang menuntut kecepatan dan serba praktis tanpa disadari menjadikan banyak orang lupa akan pentingnya menjalani gaya hidup sehat, salah satu hal yang relatif dilupakan adalah menjalani pola makan sehat. Pola makan tidak sehat seperti diet tinggi lemak dan karbohidrat, makan makanan dengan kandungan sodium atau garam yang tinggi, rendahnya konsumsi makanan berserat, serta kebiasaan untuk merokok dan juga mengkonsumsi minuman beralkohol menjadi pengaruh buruk yang membuat gizi dalam tubuh tidak seimbang.

Gizi yang seimbang dalam tubuh penting diperoleh, hal ini berfungsi untuk menjaga diri tetap sehat, bugar serta tidak mudah terserang penyakit. Setidaknya terdapat 5 macam zat gizi, yakni karbohidrat, lemak, protein, mineral dan vitamin yang secara umum terdapat fungsi dari masing-masing zat makanan tersebut, diantaranya adalah :

  • Sumber energi atau tenaga. Jika fungsi ini terganggu, orang menjadi berkurang geraknya atau kurang giat dan merasa cepat lelah.
  • Menyokong pertumbuhan badan, yaitu penambahan sel baru pada sel yang sudah ada.
  • Memelihara jaringan tubuh, mengganti yang rusak atau aus terpakai, seperti mengganti sel yang tampak jelas pada luka tubuh yaitu terjadinya jaringan penutup luka.
  • Mengatur metabolisme dan berbagai keseimbangan dalam cairan tubuh (keseimbangan air, asam basa, dan mineral)
  • Berperan dalam mekanisme pertahanan tubuh terhadap berbagai penyakit sebagai antioksidan dan antibodi lainnya.

Fungsi-fungsi diatas perlu dipenuhi untuk mencegah terjadinya hambatan atau gangguan pada tubuh. Selain itu, gizi seimbang juga memiliki 4 Pilar yang menjadi dasar dari rangkaian upaya menyeimbangkan antara zat gizi yang keluar dan zat gizi yang masuk dengan memantau berat badan secara teratur. Adapun 4 Pilar gizi tersebut meliputi :

  1. Mengonsumsi anekaragam pangan dengan proporsi makanan yang seimbang (karbohidrat, lemak, protein, mineral dan vitamin)
  2. Membiasakan perilaku hidup bersih
  3. Melakukan aktivitas fisik yang teratur
  4. Memantau Berat Badan (BB) secara teratur untuk mempertahankan berat badan normal

4 Pilar Gizi diatas berguna untuk mencegah terjadinya masalah gizi dalam tubuh. Namun, perlu diingat bahwa kebutuhan gizi tiap orang berbeda-beda dengan ditentukan dari banyak faktor, sehingga komposisi makanan yang dikonsumsi juga perlu disesuaikan kembali.

Baca juga : Jaga Jantung Tetap Sehat, Dengan Olahraga yang Tepat

0 Disukai

177 Kali Dibaca