Rabu, 23 Maret 2022 14:56 WIB

Jalani Hidup Sehat & Hindari Penyakit Dengan Kebiasaan Cuci Tangan Pakai Sabun

Ditinjau oleh : Tangan merupakan salah satu anggota tubuh yang memiliki peran paling banyak digunakan selama beraktivitas

picture-of-article

Tangan merupakan salah satu anggota tubuh yang memiliki peran paling banyak digunakan selama beraktivitas, tidak salah jika menganggap tangan menjadi media pada tubuh yang paling rentan terhadap penyebaran kuman, bakteri maupun virus. Ditegah banyaknya penyebaran Covid-19 serta penyakit lainnya, mencuci tangan menggunakan sabun menjadi cara paling sederhana untuk mencegah penyebaran tersebut.

Mencuci tangan dengan sabun merupakan cara termurah dan paling efektif sebagai bentuk pencegahan dalam menghentikan penularan Covid-19. Namun mencuci tangan menggunakan sabun juga memiliki aturan tersendiri agar efektif mencegah penyebaran penyakit, salah satunya adalah dengan memperhatikan tempat penyimpanan sabun cuci tangan. Jika penempatan sabun cuci tangan tidak pada tempat yang bersih, sabun juga dapat menjadi perantara dari penyebaran kuman ataupun bakteri.

Adapun beberapa cara yang tepat untuk dilakukan selama mencuci tangan adalah sebagai berikut :

  • Basahi tangan anda dengan air bersih yang mengalir (hangat atau dingin),
  • Oleskan sabun di tangan anda,
  • Gosok sabun hingga bagian belakang tangan, diantara jari-jari dan dibawah kuku tangan selama 20 detik,
  • Setelahnya, bilas kembali menggunakan air yang mengalir dan keringkan.

Kebiasaan untuk mencuci tangan menggunakan sabun dengan baik dan benar ini memberikan berbagai keuntungan untuk kehidupan sehari-hari. Hal ini menjadi faktor penting dalam menjaga kebersihan diri serta melindungi kesehatan pada tubuh. Adapun keuntungan lain dari rutin mencuci tangan menggunakan sabun ketika beraktivitas adalah sebagai berikut :

  1. Mencegah Penyebaran Penyakit pada Tubuh
    Kebiasaan mencuci tangan dengan sabun dapat mencegah tubuh anda terserang berbagai penyakit yang disebabkan oleh kuman, bakteri maupun virus. Terlebih ketiga sumber penyakit itu tersebar pada benda-benda yang biasa digunakan sehari-hari seperti ponsel, laptop, meja, sepatu, dan lainnya.
     
  2. Membunuh Kuman maupun Mikroorganisme Berbahaya Lain
    Kuman yang dapat berkembang biak cepat pada tangan yang kotor dapat menyebabkan berbagai risiko penyakit seperti infeksi kulit, diare hingga saluran pernapasan (ISPA). Oleh karena itu mencuci tangan dengan sabun menjadi opsi paling sederhana yang bisa dilakukan guna mencegah penyebaran kuman pada tubuh.
     
  3. Memutus Rantai Penyebaran Covid-19
    Penyebaran Covid-19 yang masif juga masih menjadi permasalahan untuk dapat ditangani secara serius, salah satu tahapan pencegahan yang dapat dilakukan guna mencegah terpapar adalah dengan mencuci tangan menggunakan sabun setelah beraktivitas ataupun setelah bersentuhan dengan lingkungan luar.

Dengan beberapa penjelasan terkait pentingnya mencuci tangan dengan sabun diatas, diharapkan kesadaran akan menjalankan kebiasaan cuci tangan ini meningkat. Penggunaan hand sanitizer sebagai pengganti cuci tangan dengan air dan sabun dapat dilakukan, namun perlu diketahui jika hand sanitizer bukanlah pilihan utama dalam mencuci tangan.

Baca juga : Cek Fakta : Hepatitis Akut Misterius Tidak Terkait Dengan Vaksinasi Covid-19

0 Disukai

82 Kali Dibaca