Kamis, 17 Februari 2022 14:10 WIB

Jangan Anggap Remeh Komplikasi Covid-19 Pada Komorbid Diabetes!

picture-of-article

Peningkatan kasus Covid-19 terutama untuk varian Omicron terus menjadi perhatian berbagai lini masyarakat, termasuk untuk kelompok komorbid penyakit Diabetes. Penderita Diabetes merupakan salah satu kelompok komorbid yang sangat perlu mewaspadai bahayanya komplikasi yang disebabkan oleh Covid-19.

Hal tersebut menjadikan kelompok komorbid dengan penyakit diabetes harus segera mendapat tindakan penanganan jika terpapar Covid-19. Potensi risiko dari komplikasi yang dipicu oleh Covid-19 ini dapat diperkecil bagi penyandang diabetes yang dapat mengelola kondisinya. 

Meskipun begitu, penderita diabetes diminta untuk tidak menjadi panik ketika teridentifikasi positif Covid-19. Adapun beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk menghadapinya adalah sebagai berikut :

  1. Jangan Panik dan Ikuti Saran Dokter
    Hubungi dokter untuk berkonsultasi terkait langkah apa saja yang perlu dilakukan, selain itu dokter akan memberikan rekomendasi obat atau penanganan yang sesuai dengan kondisi penderita.
     
  2. Tetap Konsumsi Obat-obatan
    Penting untuk penderita tidak melewatkan jadwal minum obat.
     
  3. Cek Gula Darah Lebih Sering
    Lakukan pengecekan gula darah setiap 4 jam sekali, termasuk pada malam hari.
     
  4. Perbanyak Minum Air Putih
    Menjaga kondisi tubuh tetap terhidrasi dengan minum banyak air putih serta menghindari minuman manis.

Penting untuk diingat agar penderita diabetes tetap menjaga kadar gula darah terkontrol normal agar tubuh memiliki daya tahan tubuh yang cukup kuat dalam menghadapi infeksi Covid-19.

Selain itu, penting untuk penderita diabetes untuk melakukan vaksinasi agar dapat mencegah risiko berat akibat komplikasi yang terjadi jika terjangkit Covid-19. Namun, perlu diingat sebelum menerima vaksinasi, penderita diabetes harus menjalankan konsultasi dengan dokter serta melakukan screening untuk memastikan keamanan kondisi tubuh pasca menerima vaksinasi.

Baca juga : Tingkatkan Kesadaran Risiko Penyakit Alzheimer & Bagaimana Cara Pencegahannya

0 Disukai

209 Kali Dibaca