Senin, 11 Juli 2022 16:57 WIB

Kasus Covid-19 Kembali Meningkat, Aturan Masker dan Vaksinasi Kembali Diperketat

Ditinjau oleh : Peningkatan kasus Covid-19 kembali menjadi sorotan, penyebaran subvarian Omicron BA.4 dan BA.5

picture-of-article

Peningkatan kasus Covid-19 kembali menjadi sorotan, penyebaran subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 menjadi babak baru kasus Covid-19 di Indonesia. Tercatat hingga 9 Juli 2022, kasus baru Covid-19 mencapai 2.705 dengan positivity rate mencapai 8,5%, berada diatas dari standar maksimal yang ditetapkan oleh WHO pada 5%.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito menyampaikan pemerintah akan melakukan langkah pencegahan dengan memberlakukan kebijakan terkait program vaksinasi booster serta aturan perjalanan dan penggunaan masker. Wiku menjelaskan pelaku perjalanan diwajibkan untuk melakukan vaksinasi booster atau dapat diganti dengan menunjukan hasil negatif tes Antigen 1x24 jam maupun PCR 3x24 jam.

"Kebijakan akan berlaku per 17 Juli, dan akan dievaluasi setelah berjalan. Satgas merilis kebijakan 10 hari sebelumnya sebagai prakondisi, sehingga masyarakat punya waktu untuk mendapatkan vaksin booster,"jelas Prof. Wiku

Sementara itu, Presiden Joko Widodo juga menyampaikan himbauan kepada masyarakat untuk kembali menerapkan disiplin masker ketika di luar ruangan. Hal ini disampaikan setelah sebelumnya Presiden Joko Widodo mengizinkan pelonggaran penggunaan masker di ruang terbuka.

"Saya juga ingin mengingatkan kepada kita semua, COVID masih ada. Oleh sebab itu, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan memakai masker masih sebuah keharusan,"jelas Presiden Jokowi

Baca juga : Tingkatkan Kesadaran Stroke untuk Save #PreciousTime

0 Disukai

328 Kali Dibaca