Senin, 20 Juni 2022 17:04 WIB

Lakukan 4 Cara Ini Untuk Cegah Penyakit Pneumonia

Ditinjau oleh : Pneumonia merupakan salah satu penyakit pernapasan akut yang menyerang paru-paru

picture-of-article

Pneumonia merupakan salah satu penyakit pernapasan akut yang menyerang paru-paru, penyakit yang disebabkan oleh adanya bakteri, virus maupun jamur ini menginfeksi kantung udara (alveoli) dalam paru-paru sehingga menyebabkan terjadinya gejala sesak napas dan lemah pada penderitanya. Selain itu, gejala lain seperti batuk disertai dahak berkelanjutan, demam, sesak napas, hingga rasa nyeri dibagian dada saat batuk atau menarik napas juga dapat ditimbulkan bagi penderita pneumonia.

Penyakit pneumonia dapat menyerang siapa saja, tidak terkecuali pada anak-anak. Meskipun begitu, penyakit ini masih dapat dicegah serta diobati dengan pengobatan yang relatif terjangkau. Penanganan untuk penyakit pneumonia ini beragam tergantung faktor penyebabnya, jika pneumonia disebabkan oleh bakteri maka antibiotik menjadi pilihan utama pengobatannya. 

Kemudian jika pneumonia disebabkan oleh virus, umumnya tidak memerlukan penanganan spesifik karena kebanyakan pneumonia akibat virus akan sembuh dengan sendirinya seiring waktu akibat adanya sistem imun tubuh. Sementara untuk penanganan di rumah sakit hanya pada kasus pneumonia berat. Penderita yang mengalami sesak napas hebat bahkan saat istirahat, kesulitan mencukupi asupan nutrisi di rumah, hingga gangguan tanda-tanda vital cenderung membutuhkan penanganan rumah sakit.

Namun meskipun begitu masih ada cara untuk mencegah pneumonia terjadi, beberapa cara berikut dapat mencegah terjadinya pneumonia, seperti :

  1. Melakukan Imunisasi
    Imunisasi secara lengkap terutama untuk anak sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya pneumonia dalam tubuh. Program imunisasi anak terbukti sangat efektif dalam mencegah terjadinya pneumonia pada anak, sementara untuk dewasa imunisasi pneumonia atau flu dapat dilakukan secara tahunan sesuai dengan rekomendasi dokter.
     
  2. Menjalankan Pola Hidup Sehat
    Pola hidup sehat dapat diterapkan guna menjaga kesehatan tubuh, pada kasus pneumonia menjaga kualitas udara di tempat tinggal selalu baik dengan menjaga sirkulasi pertukaran melalui ventilasi yang cukup sangatlah penting. Selain itu menggunakan masker saat berada di luar rumah atau di wilayah dengan udara berpolusi dan tercemar dapat menurunkan risiko terinfeksi pneumonia.
     
  3. Jaga Imun Tubuh Tetap Kuat
    Perisai paling dasar dalam mencegah pneumonia adalah menjaga kondisi imun tubuh tetap kuat. Udara yang kita hirup tidak akan pernah terjamin kebersihannya, sehingga tubuh perlu selalu siap dalam menanggapi berbagai mikroba yang berusaha masuk ke dalam tubuh. Menjaga sistem imun dapat dilakukan dengan berolahraga rutin serta makan makanan bergizi.
     
  4. Jangan Merokok
    Asap rokok mengandung berbagai zat kimia yang berbahaya bagi tubuh khususnya paru-paru, sehingga dapat merusak bagian dalam paru-paru seperti bulu siliari dan dapat memproduksi cairan saluran pernapasan,

Baca juga : Ini Hal Yang Perlu Diketahui Terkait Hepatitis Akut Berat

3 Disukai

24 Kali Dibaca