Selasa, 11 Juli 2023 11:46 WIB

Mengenal Fakta dan Faktor Risiko Terkait Kanker Yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh : Mengenal Fakta, Penyebab, dan Faktor Risiko Terkait Kanker Yang Perlu Diketahui

picture-of-article

Yakes family tahu gak sih, kalau kanker menjadi salah satu penyebab utama kematian? Di Wilayah Asia Tenggara, WHO melaporkan sekitar 2,2 juta kasus baru kanker dan 1,4 juta kematian terkait, yang menyumbang lebih dari 1 dari 10 kematian di wilayah tersebut. Beberapa jenis kanker memiliki andil besar dalam angka kematian, di antaranya kanker paru-paru (10,6%), kanker payudara (9,4%), kanker serviks (8%), kanker hati (6,6%), dan kanker bibir serta rongga mulut (6,4%). 

Sayangnya, di negara-negara berkembang sebagian besar kasus kanker didiagnosis dalam stadium lanjut yang terkait dengan biaya pengobatan yang tinggi, angka kesintasan hidup yang rendah, dan penurunan kualitas hidup pasien. WHO melaporkan bahwa di seluruh wilayah, keterlambatan dalam diagnosis dan pengobatan menyebabkan 67% pasien kanker meninggal sebelum mencapai usia 70 tahun.

Baca Juga : Pencegahan Kanker

Risiko terkena kanker cenderung meningkat seiring bertambahnya usia. Meskipun kanker dapat terjadi pada segala usia, namun umumnya kasus kanker lebih sering terjadi pada orang yang berusia 65 tahun ke atas. Selain faktor usia, berikut ini beberapa faktor lain yang dapat meningkatkan risiko terkena kanker:

  1. Kondisi kesehatan tertentu

Beberapa kondisi kesehatan yang menyebabkan peradangan dalam tubuh dapat meningkatkan risiko terkena kanker, misalnya penyakit radang usus kronis.

  1. Riwayat kesehatan keluarga

Riwayat kanker dalam keluarga dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker meskipun kemungkinannya relatif kecil.

  1. Pengaruh lingkungan

Terdapat banyak zat kimia berbahaya di lingkungan sekitar kita, termasuk dalam asap rokok. Zat-zat ini yang disebut karsinogen dapat memicu timbulnya kanker.

  1. Gaya hidup

Orang yang merokok, mengonsumsi alkohol secara berlebihan, atau memiliki kebiasaan seks bebas memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengembangkan kanker.

Nah, sekarang Yakes family sudah tahu kan kalau kanker ini penyakit yang sangat serius dan dapat menyebabkan kematian. Yuk dijaga tubuhnya agar tetap sehat dengan menghindari hal-hal yang dapat memicu timbulnya penyakit kanker itu.

Sumber : Kemenkes RI

Baca juga : Lakukan Langkah Ini Agar Terhindar dari DBD

0 Disukai

1500 Kali Dibaca