Senin, 23 Agustus 2021 09:50 WIB

Merawat Pasien Covid-19 di Rumah

Ditinjau oleh : WHO telah mengeluarkan rekomendasi mengenai perawatan pasien Covid-19 di rumah

picture-of-article

INFO YAKES

Merawat Pasien Covid-19 di Rumah

World Health Organization (WHO) telah mengeluarkan rekomendasi mengenai perawatan pasien Covid-19 di rumah hingga kondisi kesehatannya pulih kembali atau maksimal 10 hari ke depan, dengan catatan gejalanya ringan (demam, batuk kering, sesak napas ringan). 

Walaupun tergolong ringan, perawatan tidak boleh dilakukan sembarangan. Anggota keluarga yang merawat perlu memahami cara merawat yang tepat agar kondisi kesehatan pasien membaik dan yang merawat serta anggota keluarga lain tidak tertular.

Panduan Merawat Pasien Covid-19 di Rumah

1. Penuhi kebutuhan pasien
Berikan makanan dengan kandungan gizi baik sehingga imun tubuh dapat optimal, perbanyak minum, berikan suplemen yang mempercepat pemulihan. Berikan parasetamol bila demam, sakit otot atau pusing.

2. Pastikan kesehatan pasien secara rutin setiap hari 
Cek saturasi oksigen setiap hari menggunakan oximeter. Bila level saturasi di bawah 94% segera hubungi dokter untuk mendapat saran penanganan yang tepat. Bila level saturasi kurang dari 90% segera bawa ke rumah sakit.

3. Lakukan protokol kesehatan dengan baik
Gunakan dobel masker. Selalu cuci tangan dengan sabun dan air. Bersihkan rutin bagian-bagian rumah yang sering disentuh dengan desinfektan. Bersihkan pula pakaian pasien menggunakan deterjen dan air dengan suhu 60-90 derajat Celcius. Pastikan membuang sampah dan bahan sisa dari pasien dalam plastik tertutup sebagai sampah infeksius. Usahakan sirkulasi udara yang baik (ventilasi udara dalam rumah tetap terbuka).

4. Batasi kontak langsung
Gunakan ruangan dan kamar mandi terpisah. Hindari penjenguk. Gunakan alat makan terpisah.

5. Kenali tanda darurat pada pasien  
Tanda-tanda umum pasien Covid diantaranya demam, menggigil, batuk, sakit tenggorokan, kehilangan indera penciuman dan perasa, mata merah, sakit kepala. Bila terlihat tanda-tanda darurat seperti kesulitan bernapas, nyeri dada terus menerus, tidak bisa bangun, perubahan warna kulit segera hubungi dokter atau bawa ke rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut.

Jangan lupa untuk menjaga kesehatan mental dan rohani dengan selalu berpikiran positif agar daya tahan tubuh meningkat dan mempercepat penyembuhan. Dan yang terpenting, selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, Maha Pemberi Sehat agar diberi kesehatan yang baik. 

Salam Sehat!


referensi:
WHO, 2021. 5 Steps for Managing Patients with COVID-19 at Home.
SE Menkes, 2020 tentang Protokol Isolasi Diri Sendiri dalam Penanganan Covid-19

------------------

FB/IG/Youtube @yakestelkom
Diarium - page Covid Updates
www.yakestelkom.or.id
Apps Yakes Mobile
Halo Sadaya 1500022

Baca juga : SEHATI (Sehat di Kantor Kita)