Kamis, 07 April 2022 14:58 WIB

Pahami Pentingnya Merawat Kesehatan Gigi dan Mulut Di Usia Lanjut

Ditinjau oleh : Sebagai bagian dari rangkaian Kegiatan HUT ke-24, Yakes-Telkom mengadakan webinar Perawatan Gigi di Usia Emas.

picture-of-article

Seiring bertambahnya usia kita sering mendapatkan berbagai macam masalah kesehatan, tidak terkecuali untuk masalah pada kesehatan mulut dan gigi. Tak heran banyak kaum yang sudah memasuki usia emas atau lansia merasa rentan terhadap kondisi tersebut. Sebagai bagian dari rangkaian Kegiatan HUT ke-24, Yakes-Telkom mengadakan webinar kesehatan dengan tema Perawatan Gigi di Usia Emas.

Webinar yang dilaksanakan pada Kamis, 7 April 2022 lalu, menghadirkan drg. Rista Eka Aprilianti S, SpKG (Dokter Spesialis Konservasi Gigi RS. Jakarta) selaku narasumber serta drg. Andi Sukriatna, MKM (Manager Disease Prevention - Yakes Telkom) sebagai moderator dari webinar ini.

Dalam penjelasannya, drg. Rista menyampaikan orang yang telah memasuki usia emas (lansia) perlu mendapat tindakan perawatan yang lebih baik dan bersifat preventif. Sementara secara khusus drg. Rista menjelaskan masalah kesehatan gigi dan mulut pada lansia biasanya meliputi :

  • Sakit gigi/gigi berlubang,
  • Penyakit jaringan penyangga gigi,
  • Mulut kering (Xerostomia),
  • Sariawan,
  • Ompong/kehilangan gigi

Beberapa penyakit tersebut dapat muncul akibat kurang pedulinya diri terhadap perawatan dari kesehatan gigi dan mulut, hal ini juga meliputi terkait jarang sikat gigi, makan makanan manis, kebiasaan merokok dan lainnya. Beriringan dengan bertambahnya usia, juga dapat terjadi penurunan terhadap produksi air liur pada kelenjar ludah yang menyebabkan terjadinya mulut kering.

drg. Rista juga menjelaskan terkait adanya risiko terhadap penyebaran bakteri melalui rongga mulut yang dapat berpindah ke area organ lain, yang juga biasa disebut Fokal Infeksi pada gigi dan mulut. Adapun mekanisme dari penyebaran Fokal Infeksi pada gigi dan mulut ini menyebar melalui sirkulasi aliran darah, pembuluh limfatik, respon immunologis serta aspira.

Untuk jenis perawatan dari gigi sendiri, terdapat 5 poin penting yang meliputi Penambalan Gigi, Perawatan Saluran Akar, Pembersihan Karang Gigi, Pencabutan Gigi hingga Pemasangan Gigi Tiruan. Kelima poin tersebut berfungsi untuk membuat nyaman kondisi gigi dan mulut pada usia emas (lansia) ini, hal ini juga membantu untuk tubuh tetap memperoleh asupan gizi yang cukup.

Adapun drg. Rista juga menekankan pentingnya pencegahan terhadap penyakit gigi dan mulut, hal tersebut dapat dilakukan dengan menerapkan berbagai tips pencegahan berikut ini :

  1. Menyikat gigi yang baik dan benar. 2x sehari setelah sarapan pagi dan malam hari sebelum tidur,
  2. Menggunakan pasta gigi mengandung flour,
  3. Melakukan kumur-kumur setelah makan,
  4. Pembersihan sela-sela gigi dengan dental floss,
  5. Konsumsi sayuran dan buah,
  6. Jangan menyikat gigi terlalu keras,
  7. Lakukan pencegahan dengan pemeriksaan gigi ke dokter gigi minimal 3-6 bulan tiap tahunnya.

Dengan adanya webinar kesehatan bersama Yakes-Telkom ini diharapkan Yakes Family dapat lebih memperhatikan kesehatan mulut dan gigi untuk kedepannya serta mengetahui apa saja yang baik untuk dilakukan pada perawatannya. Untuk menyaksikan kembali webinar kesehatan bersama Yakes-Telkom dengan tema Perawatan Gigi di Usia Emas ini, Yakes Family dapat mengunjungi channel Youtube Yakes Telkom atau mengakses melalui link bit.ly/PerawatanGigiUsiaEmas

Selain itu,dalam rangka memperingati HUT ke-24, Yakes telkom juga menyelenggarakan kuis berhadiah yang informasinya dapat dilihat pada sosial media Yakes Telkom.

Ikuti juga program lainnya dan info kesehatan terkini dengan klik link ini: linktr.ee/YakesPromotifPreventif

Baca juga : Cari Tau Pengaturan Makanan Yang Tepat Saat Hari Raya, Simak Info Lengkapnya di Webinar Kesehatan Bersama Yakes

0 Disukai

273 Kali Dibaca