Rabu, 08 Juni 2022 16:57 WIB

Pentingnya Jaga Keamanan Makanan Yang Masuk Kedalam Tubuh

Ditinjau oleh : Jalani hidup sehat tidak hanya terkait dengan rutin berolahraga, namun juga dalam mengatur berbagai jenis makanan

picture-of-article

Jalani hidup sehat tidak hanya terkait dengan rutin berolahraga, namun juga dalam mengatur berbagai jenis makanan yang akan masuk ke dalam tubuh. Menjaga makan-makanan sehat tidak hanya terkait kandungan gizi yang lengkap dan seimbang, namun juga perlu diperhatikan keamanan dari makanan yang akan dikonsumsi sehingga tidak menimbulkan efek bahaya bagi tubuh.

Badan kesehatan dunia (WHO) pun menjelaskan pentingnya menjaga keamanan makanan yang akan dikonsumsi guna mencegah terjadinya penyakit ataupun malnutrisi. Mengingat pentingnya hal tersebut, WHO bersama Organisasi Pangan dan pertanian PBB sejak tahun 2018 telah menetapkan Hari Keamanan Pangan Sedunia yang diselenggarakan pada 7 Juni setiap tahunnya.

Pada peringatan Hari Keamanan Pangan Sedunia tahun 2022 ini, WHO menetapkan tema “Safer food, better health.” atau “Makanan yang lebih aman, kesehatan yang lebih baik”. WHO juga menyebutkan setidaknya terdapat lebih dari 200 penyakit yang dapat menjangkit makanan atau pangan yang tidak aman, mulai dari penyakit diare hingga kanker.

Adapun dalam peringatan Hari Keamanan Pangan Sedunia tahun 2022 ini, WHO menegaskan perlunya dukungan dalam pembuat kebijakan untuk memperkuat sistem keamanan pangan nasional di setiap negara sehingga standar yang diterapkan pada keamanan pangan internasional berdasarkan pada kolaborasi multi-sektor.

Terkait hal tersebut, penting untuk memastikan bahwa makanan yang akan dikonsumsi aman untuk tubuh dengan memilih, menyimpan serta mengolah dengan tepat. Untuk itu, berikut terdapat beberapa tips untuk memilih makanan yang aman, diantaranya adalah:

  1. Dalam Memilih Buah dan Sayur, penting untuk dapat memilih yang bersih dari lecet, memar, jamur serta lubang serangga. Buah dan sayuran juga lebih baik jika disimpan pada kondisi dingin dan segar.
     
  2. Untuk Memilih Daging, pilihlah daging merah dengan warna yang masih baik, hindari membeli daging yang sudah berwarna gelap atau kecoklatan, berbau, dan juga terasa licin.
     
  3. Dalam Memilih Ikan, jangan membeli ikan yang mata nya sudah terlihat tidak segar, berbau amis, dan juga warna dagingnya pudar.

Dalam Memilih Makanan atau Minuman dalam kemasan, pastikan produk yang dipilih tertutup rapat dengan tanpa lubang atau robekan, pastikan juga tanggal kadaluarsa dari produk tersebut.

Baca juga : Tingkatkan Kesadaran Risiko Penyakit Alzheimer & Bagaimana Cara Pencegahannya

1 Disukai

705 Kali Dibaca