Rabu, 16 Februari 2022 10:34 WIB

Waspadai Pandemic Fatigue, Kondisi Bosan Menghadapi Pandemi Covid-19

Ditinjau oleh : Pandemi Covid-19 yang telah terjadi sejak awal tahun 2020 lalu menimbulkan rasa “bosan” untuk beberapa orang.

picture-of-article

Pandemi Covid-19 yang telah terjadi sejak awal tahun 2020 lalu menimbulkan rasa “bosan” untuk beberapa orang. Kelelahan akan pandemi ini menjadi salah satu gejala umum pasien Covid-19 yang disebut juga Pandemic Fatigue. Berdasarkan penelitian, kelelahan pandemi ini mempengaruhi setidaknya 34% pria dan 40% wanita yang merasa lelah akan menghadapi pandemi Covid-19 ini.

Namun apa sebenarnya Pandemic Fatigue itu sendiri?

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pandemic fatigue atau kelelahan akibat pandemi ini merupakan kondisi dimana hilangnya motivasi diri untuk tetap mengikuti aturan protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Beberapa ahli juga mengaitkan pandemic fatigue ini dengan gejala stres, perasaan marah, tidak sabar serta jengkel akibat Covid-19 yang berkepanjangan.

Selain itu, pandemic fatigue ini juga disinyalir dapat mengakibatkan individu menjadi kurang efektif dalam bekerja. Lantas apa saja yang perlu dilakukan untuk dapat menghindari diri dari keadaan pandemic fatigue? Berikut beberapa tips diantaranya :

  1. Refleksi diri, belajar menerima, dan sesuaikan ekspektasi dengan kenyataan.
  2. Tetap aktif secara fisik dengan menjalani kegiatan yang disukai, seperti melakukan olahraga teratur ataupun melakukan meditasi.
  3. Tetap aktif belajar sesuatu yang baru dan bekerja tanpa perlu memaksakan diri.
  4. Ambil waktu istirahat dari kesibukan sehari-hari untuk mengembalikan energi.
  5. Membuat batasan personal dengan orang-orang serumah dan struktur kegiatan dalam keseharian.

Baca juga : Begini Gejala Hepatitis Akut Pada Anak, dan Cara Mencegahnya

0 Disukai

100 Kali Dibaca