Kamis, 06 April 2023 10:37 WIB

Pola dan Zat Gizi pada Tuberkulosis

picture-of-article

Tuberkulosis (TB) merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis dimana bakteri ini dapat menimbulkan gangguan pada saluran nafas. Tuberkulosis pada umumnya menyebabkan penderitanya sesak nafas, kurang nafsu makan hingga terjadi penurunan berat badan (malnutrisi). Dalam jangka pendek malnutrisi dapat meningkatkan risiko infeksi dan perkembangan bakteri. Dalam jangka panjang malnutrisi dapat menyebabkan penurunan efektifitas obat antivirus TB bahkan sampai kematian. Oleh sebab itu pada penderita tuberkulosis diperlukan makanan yang bergizi untuk membantu mempercepat penyembuhan. Pola makan untuk penderita TB yaitu tinggi energi, protein, vitamin & mineral, serta rendah karbohidrat dan lemak. Berikut kebutuhan zat gizi yang disarankan untuk penderita TB:

1. Energi
Kebutuhan energi yang tinggi bagi penderita TB dibutuhkan untuk membantu mempertahankan berat badan. Adapun kebutuhannya 35 – 40 kkal/kg BBI (berat badan ideal).

2. Protein
Protein bagi penderita TB dibutuhkan untuk mencegah penurunan jaringan otot dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Adapun kebutuhannya 1,2 – 1,5 gr/ kg BBI.

3. Vitamin dan Mineral
Sumber makanan tinggi vitamin dan mineral bagi penderita TB sangat penting untuk meningkatkan integritas dari sistem imun serta untuk membantu transport zat besi mencegah anemia.

4. Karbohidrat
Karbohidrat bagi penderita TB dipilih yang rendah. Hal ini untuk membantu mengurangi batuk dan sesak nafas.

5. Lemak
Kebutuhan lemak bagi penderita TB perlu dibatasi karena makanan yang berlemak tinggi dapat memperberat risiko batuk.

Berikut makanan yang dianjurkan dan dibatasi bagi penderita TB

Baca juga : Tuberkulosis

0 Disukai

222 Kali Dibaca