Jumat, 03 November 2023 10:49 WIB

Tanda-Tanda Kehamilan

picture-of-article

Banyak orang berkata bahwa salah satu tanda awal kehamilan adalah telat haid. Mitos atau fakta ya? Yuk simak artikel ini untuk ketahui pertanda awal kehamilan!

Tanda-tanda kehamilan yang Sering tidak Disadari

Sebenarnya, mitos atau fakta jika telat haid menjadi salah satu pertanda awal kehamilan? Jawabannya: Fakta, tetapi tidak semua perempuan mengalaminya. 

dr. Stella Shirley Mansur, Sp.OG dari Mitra Keluarga Kelapa Gading membenarkan jika telat datang bulan adalah gejala awal kehamilan yang biasa terjadi oleh calon ibu. Biasanya, saat kehamilan baru memasuki usia 1 minggu. Tentunya, para ibu tidak menyadarinya sebelum melakukan tes menggunakan test pack. 

Berikut ini adalah berbagai tanda awal kehamilan yang umumnya dirasakan para ibu:

1. Implantasi (Pendarahan)
Implantasi adalah pendarahan berupa flek ringan berwarna merah segar yang terjadi seminggu sebelum masa menstruasi. Bercak darah ini menandakan bahwa sel telur yang telah dibuahi tertanam pada dinding rahim. 

2. Suhu tubuh naik
Pada ibu yang baru hamil, saat bangun tidur di pagi hari biasanya terjadi kenaikan suhu tubuh. Jangan khawatir, karena hal ini dipengaruhi oleh hormon. Suhu tubuh yang naik ini menjadi gejala awal sebelum benar-benar positif hamil.

3. Mual
Selain telat haid, mual menjadi gejala awal yang biasanya dirasakan pada usia kehamilan 4 dan 8 minggu karena naiknya produksi estrogen oleh janin dan plasenta. Kemudian, indra penciuman juga meningkat. Sehingga, calon Ibu mudah merasa mual jika mencium aroma menyengat. 

4. Nyeri payudara
Meskipun sering terjadi pada calon ibu hamil, nyeri payudara juga dialami pada usia kehamilan trimester kedua dan ibu menyusui. Kerja hormon estrogen dan progesteron yang membuat payudara ibu terasa sakit.

5. Sering buang air kecil
Meningkatnya frekuensi buang air kecil bisa menjadi tanda ibu hamil trimester pertama dan trimester ketiga karena uterus yang melebar. Akibat dari gejala ini adalah calon ibu merasa mudah sekali haus. 

6. Kelelahan
Usia awal kehamilan akan membuat anda cepat lelah, pucat, berimbas pada rasa cepat mengantuk karena produksi ekstra progesteron. Untuk itu, calon ibu tidak masalah jika harus banyak beristirahat. 

7. Pusing
Ibu hamil trimester pertama sering mengalami gejala pusing karena pelebaran pembuluh darah yang juga meningkatkan volume darah.  Rasa pusing pada ibu hamil tentunya sangat wajar. Akan tetapi, jika pening terus menerus seiring perjalanan usia kehamilan, konsultasikan dengan dokter kandungan dan kebidanan Mitra Keluarga terdekat Anda.

8. Kram perut
Kram juga menjadi tanda awal kehamilan, dengan gejala yang mirip seperti kram saat haid. Namun, kram saat hamil akan menjadi parah jika ditandai dengan pendarahan. 

9. Tumbuh jerawat
Hormon sangat berpengaruh pada tumbuhnya jerawat bagi ibu hamil. Akan tetapi, pengobatan jerawat saat hamil perlu diperhatikan. Lebih baik untuk konsultasi terlebih dulu dengan dokter mengenai kandungan apa saja yang dianjurkan.

10. Keputihan
Keputihan pada ibu hamil tidak selalu disertai dengan rasa gatal pada vagina. Sekresi ini bertujuan menyumbat lendir untuk menghalangi pembukaan serviks dan menghalangi janin terinfeksi saat lahir. Akan tetapi, selalu jaga kebersihan organ kewanitaan selama masa kehamilan, ya!

11. Perut kembung
Saat perut kembung menjadi tanda awal kehamilan, artinya ada perkembangan janin dalam perut. Disamping itu, kondisi ini tampaknya membuat berat badan calon ibu menjadi naik, meskipun keadaan mereka sedang tidak nafsu makan karena rasa mual. 

12. Sembelit
Hormon progesteron yang meningkat ternyata dapat memperlambat kerja pencernaan, dan mengakibatkan sembelit. Maka dari itu, disarankan bagi ibu hamil untuk memperbanyak makan makanan tinggi nutrisi dan serat, olahraga, serta mengkonsumsi vitamin prenatal dan zat besi.

13. Perubahan suasana hati (Mood swing)
Perubahan suasana hati para ibu hamil yang sangat cepat ini cukup banyak disadari, jadi, jangan terkejut jika perasaan riang berubah menjadi sendu dan ingin menangis, kemudian sangat gembira di suatu kesempatan. Nah, pasangan perlu memahami situasi ini dan membantu melembutkan suasana hati calon ibu. 

 

https://www.mitrakeluarga.com/artikel/tanda-tanda-kehamilan

Baca juga : Diagnosis Obesitas

0 Disukai

183 Kali Dibaca