Senin, 08 Maret 2021 11:08 WIB

Mengapa Comorbid Lebih Mudah Tertular?

Covid-19 dapat menyebar melalui tetesan kecil (droplet) dari hidung atau mulut pada saat batuk, bersin, atau berbicara. Bisa terjadi seseorang terinfeksi Covid-19 ketika tanpa sengaja menghirup droplet dari penderita.

Menurut Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Kemenkes RI bulan Juli 2020, penyakit komorbid (penyerta) yang rentan terkena Covis-19 antara lain:

  1. Diabetes Mellitus: Diabetes Mellitus Tipe 1, Diabetes Mellitus Tipe 2, dan Diabetes terkait Glukokortikoid.
  2. Penyakit terkait Geriatri (Lansia).
  3. Penyakit terkait Autoimun.
  4. Penyakit Ginjal.
  5. Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah.
  6. Hipertensi.
  7. Penyakit Paru.
  8. Tuberculosis.
  9. Penyakit kronis lain yang diperberat oleh kondisi penyakit Covid-19"

Kondisi tubuh pasien dengan penyakit kronis di atas memiliki komponen-komponen sel yang tidak terlalu bagus. Komponen sel yang tidak terlalu bagus ini dapat menyebabkan tubuh tersebut akan sangat rentan jika terinfeksi Covid-19. Jika ada infeksi Covid-19 masuk ke dalam tubuh pasien dengan penyakit kronis, maka tubuh tersebut akan kesulitan untuk melawannya (salah satunya yaitu kesulitan untuk membentuk sistem imun melawan Covid-19). 

Dengan pertambahan usia, tubuh akan mengalami berbagai penurunan akibat proses penuaan. Hampir semua fungsi organ dan anggota gerak menurun, diikuti juga dengan menurunnya imunitas sebagai pelindung tubuh. Sistem imun tidak akan bekerja optimal, dibandingkan waktu usia muda.

Baca juga : Prosedur Olahraga di Masa Pandemi