• icon-phone Contact Center Yakes Telkom : 022 - 4521405
  • Contact Center Yakes Telkom : 022 - 4521405

Info Terbaru

image-newest
Informasi

Perhatian! Varian Omicron Berbahaya Untuk Kelompok Orang-Orang Ini Jumat, 11 Februari 2022 14:11 WIB Penyebaran kasus positif Covid-19 varian Omicron terus mengalami peningkatan diberbagai daerah di Indonesia. Setidaknya tercatat kenaikan kasus positif hingga 100.000 secara nasional untuk 4 hari terakhir, hal tersebut menandakan cepatnya varian Omicron menyebar ke berbagai kalangan. Direktur Jenderal Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Abdul Kadir menyebutkan sebagian besar kasus Covid-19 varian Omicron di Indonesia bergejala ringan, namun Ia menegaskan terdapat beberapa kelompok masyarakat yang perlu tetap waspada akan bahaya varian Omicron ini. Ia menambahkan varian Omicron cukup berbahaya untuk kelompok orang lanjut usia, komorbid, orang-orang yang belum mendapatkan vaksin, serta anak-anak. "Kita tetap harus berhati-hati. Omicron bisa berbahaya pada lanjut usia (lansia) termasuk orang dengan komorbid (penyakit penyertaan), orang yang belum divaksin, dan anak-anak,”jelas Abdul Kadir Abdul Kadir juga menghimbau untuk masyarakat yang tergolong dalam kelompok masyarakat tersebut untuk tetap berada di rumah sementara waktu, hal ini guna menghindari potensi terpapar Covid-19 varian Omicron yang dapat mengakibatkan gejala berat, kritis hingga kematian. Selain itu, Ia juga menghimbau kepada masyarakat umum untuk tetap waspada akan penyebaran varian Omicron. Hal tersebut dikarenakan masyarakat yang telah divaksin pun masih dapat terinfeksi serta menularkan kepada orang lain. Untuk mencegah hal tersebut, berikut beberapa tips untuk menjaga diri dan keluarga dari varian Omicron : A. Tetap di rumah saja B. Rutin olahraga dan makan sehat seimbang di rumah C. Lakukan vaksinasi Covid-19  D. Jalankan prokes 6M   Memakai Masker  Mencuci Tangan  Menjaga Jarak  Menjauhi Kerumunan  Mengurangi Mobilitas  Menghindari Makan Bersama

image-newest
Artikel

Tingkatkan Kewaspadaan Diri Dengan Melakukan Pencegahan Covid-19 Varian Omicron Kamis, 10 Februari 2022 10:10 WIB Kasus Covid-19 varian Omicron saat ini cukup memberikan kekhawatiran di masyarakat, pasalnya varian Omicron ini disinyalir dapat menyebar lebih cepat namun tidak memiliki fatalitas lebih tinggi dibandingkan varian sebelumnya. Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) sebelumnya telah menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada namun tidak panik dalam menghadapi serangan varian Omicron ini. Adapun hal penting yang perlu diperhatikan pada lonjakan Omicron kali ini yakni kasus Omicron yang terjadi sebagian besar bergejala ringan atau tanpa gejala (OTG). Sehingga Kemenkes menghimbau kepada masyarakat untuk tetap memperketat prokes serta memenuhi vaksinasi untuk bentuk pencegahan dari varian Omicron ini. Selain itu, terdapat beberapa langkah pencegahan lain dalam menghadapi lonjakan varian Omicron yang diantaranya : Selalu menggunakan masker saat diluar rumah, hal ini dapat membantu melindungi diri dari risiko tertular ataupun menularkan Omicron. Namun perlu diingat untuk masker perlu dilakukan pergantian secara berkala. Kemudian hindarilah bepergian jauh jika tidak ada keperluan mendesak, hal ini guna mencegah anda memasuki wilayah dengan transmisi penularan kasus Omicron yang tinggi. Jika memungkinan untuk melakukan beberapa kegiatan dari rumah akan lebih baik, selain itu anda juga dapat memaksimalkannya dengan berolahraga ringan di rumah ataupun membersihkan lingkungan rumah dengan disinfektan. Selanjutnya adalah dengan memenuhi asupan gizi yang seimbang, hal ini membantu anda untuk tetap fit serta menghindari risiko tertular penyakit. Selain pemenuhan gizi seimbang dari makanan pokok, anda juga perlu mengkonsumsi buah yang tinggi akan vitamin C dan antioksidan guna meningkatkan daya tahan tubuh.

image-newest
Artikel

Jaga Kesehatan Tubuh Tetap Prima Menghadapi Peningkatan Varian Omicron Rabu, 09 Februari 2022 11:45 WIB Penyebaran Covid-19 varian Omicron terus meningkat, terkait hal tersebut masyarakat tetap diminta untuk waspada serta menerapkan disiplin terhadap protokol kesehatan 6M seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas serta menghindari makan bersama. Namun selain disiplin prokes tersebut, ada baiknya diimbangi dengan menjaga pola hidup sehat. Namun apa saja tips untuk menjaga kesehatan tubuh tetap prima dengan pola hidup sehat, berikut beberapa tips tersebut. Tips pertama yakni dengan rajin berolahraga, waktu yang sering dihabiskan selama di rumah dapat dimanfaatkan dengan melakukan olahraga ringan seperti senam, naik turun tangga ataupun lompat tali. Hal ini dapat membantu tubuh agar lebih fit dan bugar. Kedua adalah dengan memastikan istirahat yang cukup, setidaknya menjaga jam tidur menjadi 7-8 jam perhari merupakan salah satu pendukung dalam menjaga kesehatan tubuh, selain itu dengan istirahat yang cukup dapat menjaga agar tubuh terhindar dari penyakit yang datang akibat kelelahan. Baca juga : Jaga Asupan Gizi Tetap Terpenuhi, Ini Rekomendasi Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Isoman Selanjutnya yakni menjaga asupan makanan yang sehat dan bergizi. Selain dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat gizi seperti karbohidrat, protein, vitamin serta mineral, anda juga diharuskan menghindari makanan berlemak tinggi yang dapat memicu banyak penyakit. Serta diikuti dengan mengkonsumsi air putih setidaknya 8 gelas per hari guna membantu memenuhi unsur cairan dalam tubuh. Dan yang terakhir adalah dengan membiasakan diri dengan hidup bersih, hal ini selain membentuk hidup sehat juga dapat menghadirkan kenyamanan serta memperbaiki suasana hati ketika beraktifitas. Kebiasaan hidup bersih ini juga dapat dimulai dengan rajin mencuci tangan ketika beraktifitas.

image-newest
Informasi

Kembali Terapkan PPKM Level 3 untuk Beberapa Daerah, Pemerintah Upayakan Penekanan Laju Covid-19 Rabu, 09 Februari 2022 11:43 WIB Pemerintah melalui Juru Bicara Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito menegaskan perkembangan laju kasus Covid-19 belakangan ini cukup serius, hal tersebut menjadi alasan untuk pemerintah kembali memberlakukan PPKM level 3 untuk beberapa daerah di Indonesia. "Untuk itu, menyikapi kondisi terkini terutama kasus yang masih terpusat pada daerah tertentu, utamanya di Jawa - Bali, ada 2 upaya yang dapat dilakukan bersama demi menekan laju pertambahan kasus," jelas Prof. Wiku dalam keterangan Pers Perkembangan Penanganan Covid-19 pada Selasa (8/2) kemarin. Prof. Wiku menjelaskan untuk upaya pertama yang dapat dilakukan adalah dengan pengendalian kasus di daerah penyumbang kenaikan kasus tertinggi. Guna mendukung upaya ini, pemerintah telah merilis Instruksi Menteri Dalam Negeri (InMendagri) No. 9 Tahun 2022 terkait PPKM level 1-3 di wilayah Jawa-Bali yang menyatakan instruksi terkait pengetatan sejumlah kegiatan di beberapa daerah. Hal tersebut kemudian yang kembali menegaskan penerapan PPKM level 3 dengan beberapa batasan seperti, kegiatan sektor non-esensial diberlakukan maksimal 25% bekerja di kantor (WFO) dengan syarat sudah melakukan vaksinasi. Kemudian terdapat pembatasan jam operasional untuk beberapa kegiatan pada pusat perbelanjaan hingga pasar tradisional. Baca juga : Waspada Omicron! Kriteria Pasien Omicron Berikut Tetap Harus Dibawa ke Rumah Sakit Sedangkan untuk sektor esensial, sektor industri orientasi ekspor dan penunjangnya, sektor perhotelan non karantina, serta kegiatan lain yang menunjang sektor lain dapat beroperasi 100% namun dengan protokol kesehatan yang ketat. Pelaku usaha pada sektor-sektor tersebut harus memastikan penggunaan PeduliLindungi yang benar guna mencegah orang positif lolos. Kemudian untuk upaya kedua yang disiapkan pemerintah adalah dengan pengendalian mobilitas, salah satunya adalah dengan menerapkan testing rapid antigen atau PCR bagi masyarakat yang akan bepergian.  Pengendalian mobilitas ini dilakukan tidak hanya berlaku untuk wilayah antar provinsi dan antar pulau, melainkan juga untuk antar wilayah dalam area aglomerasi seperti DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat.

image-newest
Informasi

Jangan Anggap Remeh Saturasi Oksigen Rendah, Ini Tips Mengatasinya Selasa, 08 Februari 2022 16:10 WIB Sejak meningkatnya kasus Covid-19, nilai saturasi oksigen menjadi salah satu hal yang perlu diketahui. Angka pada saturasi oksigen menunjukan kondisi dari jantung, paru-paru hingga sistem peredaran darah, hal ini menjadi faktor penting yang perlu diketahui terutama untuk pasien Covid-19 yang sedang menjalankan isolasi mandiri. Pengecekan saturasi oksigen ini dapat dilakukan menggunakan Oximeter, dengan meletakan ujung jari pada Oximeter yang kemudian alat tersebut akan menunjukan angka saturasi oksigen pasien.  Adapun tingkat saturasi oksigen yang normal ketika dites menggunakan Oximeter adalah jika nilainya 95% - 100%, kemudian jika nilainya 93% - 94% pasien diharuskan beristirahat, dan untuk nilai 92% kebawah diperlukan perawatan medis di rumah sakit. Untuk mencegah mengalami saturasi oksigen rendah, terdapat cara dalam meningkatkan serta menjaga kadar oksigen dalam tubuh. Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa tips untuk mengatasi kadar oksigen rendah sebagai berikut : Pertama seperti dilansir oleh Lung Health Institute, posisi tubuh membungkuk dapat mengurangi kapasitas paru-paru dalam menyerap oksigen yang dibutuhkan tubuh. Oleh karena itu disarankan untuk tidak terlalu lama dalam posisi terbungkuk, jika memungkinkan dapat mengubah postur tubuh menjadi lebih tegak, memutar bahu ke belakang serta membusungkan dada kedepan sambil mulai bernafas perlahan-lahan. Kedua, cobalah tidur dengan teknik proning atau posisi tidur tengkurap. Menurut NetMeds tidur dengan teknik proning yang kemudian diikuti dengan posisi miring dengan selisih waktu 30 menit ini dapat meningkatkan saturasi oksigen serta membuat detak jantung dan tekanan darah kembali stabil. Selanjutnya kualitas udara dalam ruangan juga menjadi hal penting yang perlu diperhatikan, sehingga membuka jendela atau menggunakan alat pemurni udara menjadi salah satu tips untuk mendapat udara segar yang diperlukan oleh tubuh.  Tips keempat yakni pasien dapat meningkatkan saturasi oksigen dalam tubuh dengan melakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap harinya. Tidak perlu melakukan olahraga berat, salah satu jenis olahraga yang baik untuk pernafasan adalah aerobik ringan seperti jalan kaki. Selain itu konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan juga dapat membantu pasien mengembalikan nilai saturasi oksigen menjadi normal. Adapun beberapa contoh makanan yang mengandung antioksidan tinggi untuk dikonsumsi seperti, strawberry, blueberry, kacang merah, anggur, kurma, delima ataupun jeruk. Dan untuk tips yang terakhir adalah dengan melakukan latihan pernapasan dalam. Hal ini juga menjadi penting dikarenakan cara bernafas yang tidak tepat justru dapat menurunkan kadar oksigen hingga 20%. Oleh karena itu teknik pernapasan dalam dan teratur akan mengembalikan kadar oksigen dalam tubuh menjadi normal serta memberikan energi dan membersihkan paru-paru.

Info Terpopuler

image-popular
Berita

Digitalisasi Klinik Percetakan Negara, Terobosan Baru dalam Pelayanan Rabu, 16 Desember 2020 03:29 WIB Jakarta – Sebagai implementasi dari pemanfaatan teknologi dalam program POT CINTA, Yakes Telkom meresmikan Yakes Fitness Center yang telah direnovasi serta Digitalisasi Klinik Percetakan Negara di Jalan Percetakan Negara, Jakarta pada Kamis sore lalu(12/11). Upaya digitalisasi setiap program dan layanan Yakes ini ditujukan untuk mempermudah pelanggan dalam mendapatkan layanan sesuai dengan visi TelkomGroup, menjadi digital telco untuk memajukan masyarakat. Kegiatan launching dimulai dengan pemotongan pita secara simbolik oleh Afriwandi, selaku Direktur Human Capital Management TelkomGroup sebagai tanda peresmian dibukanya Yakes Fitness Center dan Digitalisasi Klinik Percetakan Negara. Dalam sambutannya, Afriwandi mengapresiasi kinerja Yakes Telkom dalam meningkatkan customer experience, khususnya memasukkan unsur digital dalam pelayanannya. “Yakes kini sudah berubah menjadi lebih baik, saya yakin kedepannya pasti bisa meningkatkan sistemnya lagi. Apalagi saya dengar citra Yakes Telkom di pelanggan itu positif, itu sangat bagus. Dengan begitu, citra Telkom pun akan ikut menjadi baik”, jelas Afriwandi. Pada kesempatan ini T.Zilmahram selaku Direktur Utama Yakes Telkom memaparkan sekilas tentang jejak langkah Yakes Telkom dalam mewujudukan visi menjadi institusi terbaik di Indonesia dalam mengelola layanan kesehatan berbasis managed care dan teknologi digital terkini. “Saat ini Yakes memiliki program-program POT CINTA untuk menjadi layanan yang lebih proaktif dalam melayani pelanggan. Seperti Sabaya, Yakin, Taman Sehati, Seharum, Kopi Cinta, Digikes, Café Poci, Kozi, Courtesy serta adanya dashboard secara realtime mengenai informasi covid di Telkom Group dan dashboard mengenai informasi investasi” jelas Zil. Kepala Area II Yakes Telkom, Anastasia Muriani juga turut menjelaskan mengenai pelayanan di Klinik Percetakan Negara yang kini semuanya sudah berbasis digital, mulai dari screening hingga konsultasi dengan dokter. “Klinik PN ini akan tetap menjalankan protokol COVID, pengukuran suhu tubuhnya sudah menggunakan thermoscan, tidak lagi memakai thermometer yang ‘ditembakkan’ ke dahi. Kemudian sebelum masuk ke poliknlik, pelanggan akan melakukan triase covid terlebih dahulu melalui website yang telah kami siapkan” jelas Anas. Bagi pelanggan yang ingin mengunjungi Poliklinik Percetakan Negara, lanjut Anas, bisa menggunakan Yakes Mobile untuk menentukan jadwal konsultasi, supaya tidak harus menunggu lama untuk mendapatkan pelayanan dari dokter. Anas juga menambahkan ragam layanan yang tersedia di Poliklinik Percetakan Negara. “Disini itu nanti ada layanan restitusi secara online, ada Café Poci yaitu café yang menyediakan makanan dan minuman bergizi untuk para pelanggan kita, serta taman sehati” pungkasnya. Kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama dan penandatangan prasasti secara simbolik oleh DirHCM. Semoga Yakes Telkom bisa semakin lebih baik lagi ke depannya.***dv    

image-popular
Artikel

Telemedicine menjadi alternatif konsultasi dimasa Pandemi Senin, 18 Januari 2021 11:05 WIB Tahun 2020 sudah selesai akan tetapi,  lain halnya dengan Pandemi yang sampai akhir 2020 belum kunjung usai. Dalam masa Pandemik ini, Yakes Telkom memberikan layanan Telemedicine yaitu pemakaian telekomunikasi untuk memberikan informasi dan pelayanan medis jarak-jauh. Telemedicine saat ini, menggunakan teknologi komunikasi dengan gadget untuk memberikan konsultasi fasilitas kesehatan di tempat yang berjauhan, bisa secara langsung via telepon, berkirim pesan, ataupun videocall dengan aplikasi WA (whatsapp) atau aplikasi Telegram. Layanan Telemedicine dibutuhkan oleh Pelanggan dalam masa pandemik Covid-19 saat ini karena ada beberapa layanan yang bisa didapatkan oleh pelanggan dengan menggunakan Telemedicine diantaranya adalah: Layanan Konsultasi medis dengan dokter dan petugas medis lainnya di Yakes Telkom. Memberi kemudahan saat pelanggan ingin mendapatkan Obat Rutin yang dikonsumsi tanpa harus datang ke Poliklinik Yakes Telkom. Permintaan rujukan pemeriksaan Laboratorium dan rujukan ke rumah sakit. Layanan konsultasi tentang restitusi. Layanan konsultasi non medis perihal kepesertaan. Kenapa harus Telemedicine? Guna mencegah penyebaran virus covid-19 lebih baik apabila dirumah saja untuk menghindari kerumunan, itulah sebabnya Yakes Telkom lebih menekankan Telemedicine daripada pelanggan datang langsung ke Poliklinik. Dengan Telemedicine para pelanggan tetap bisa mendapatkan layanan kesehatan dari Yakes. Untuk layanan medis para pelanggan bisa melakukan konsultasi kepada para dokter, apabila memerlukan obat dokter akan memberikan dan dikirim menggunakan kurir. Demikian juga dengan rujukan bisa juga didapatkan dengan melakukan Telemedicine. Tidak hanya layanan konsultasi medis saja yang diberikan kepada para pelanggan, melainkan dari sisi Non Medispun bisa melakukan Telemedicine, salah satu contohnya adalah layanan Konsultasi kepesertaan. Untuk melakukan laporan update Faskes putra/i dari pelanggan, Pensiunan dapat mengirimkan foto atau scan persyaratan yang sudah lengkap kepada admin kepesertaan untuk diproses lebih lanjut. Selain itu juga pengajuan untuk cetak kartu kesehatan bisa dilayani secara online via Whatsapp ataupun Telegram, dengan mengirimkan persyaratan yang sudah lengkap kepada Admin Kepesertaan pengajuan cetak kartu kesehatan bisa diproses lebih lanjut. Saat ini Yakes Telkom tak henti-hentinya memberikan layanan yang terbaik kepada para pelanggan karena sesuai dengan slogan terbaru Yakes Telkom yaitu Sehat Tekad Kita, Melayani dengan Cinta (YKS05-01)

image-popular
Informasi

Kasus Positif Terus Melonjak, Segera Vaksinasi dan Kencangkan Prokes Minggu, 30 Januari 2022 21:49 WIB Lonjakan Kasus Harian Perupadata mencatatkan penambahan kasus harian Covid-19 sebanyak 9905 kasus (per 28 Januari 2022). Data yang ada juga menunjukkan 90,1% kasus konfirmasi nasional merupakan transmisi lokal dan tercatat sudah 3 pasien kasus konfirmasi Omicron meninggal dunia (memiliki komorbid atau penyakit penyerta dan 1 kasus belum divaksin). Kenaikan kasus harian Covid disinyalir akan terus meningkat dalam beberapa waktu kedepan. Gambaran kenaikan tajam kasus ini juga terlihat di lingkungan TelkomGroup. Munculnya 3 sub varian Omicron Baru-baru ini muncul 3 sub varian Omicron yaitu BA.1 BA.2 dan BA.3, status ketiganya masih terus diteliti. Sementara gejala dibandingkan Delta lebih ringan. BA.2 lebih infeksius dengan gejala lebih ringan dari BA.1. Mutasi virus memang bukanlah hal yang baru, apalagi Variant of Concern cenderung cepat menginfeksi dan akan banyak bermutasi. Yang harus digarisbawahi adalah jangan meremehkan dan jangan abai untuk mencegah virus semakin merajalela dan melahirkan varian yang berbahaya. Cegah dengan Vaksin dan Disiplin Prokes Sesuai dengan anjuran pemerintah melalui Kemenkes, perusahaan turut aktif mengambil langkah-langkah untuk mencegah laju penularan khususnya di lingkungan TelkomGroup dengan mempercepat upaya pelaksanaan vaksinasi booster untuk meningkatkan efektivitas vaksin primer.  Jadi bagi karyawan, pensiunan dan keluarga yg sudah mendapatkan e tiket di Peduli Lindungi dan telah 6 bulan dari vaksin ke 2, segera lakukan vaksinasi booster baik di sentra vaksinasi, RS atau puskesmas terdekat. Ayo kita cegah peningkatan laju Covid dengan tidak panik seraya meningkatkan protokol kesehatan dengan selalu gunakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, rajin mencuci tangan, menghindari bepergian kecuali sangat mendesak, dan menghindari kegiatan makan bersama. Semangat Sehat!  #SEMUAWAJIBPAKAIMASKER #SegeraVaksin

image-popular
Artikel

Be Mindful of Your Mental Health Sabtu, 24 Oktober 2020 08:36 WIB Tidak dipungkiri lagi bahwa kesehatan mental merupakan salah satu bagian yang menandakan sehatnya seseorang. Sehat tidak hanya dilihat dari kondisi fisik saja, tetapi bagaimana kondisi psikologis diri kita. Di tengah kondisi pandemic Covid-19 yang melanda, mari kita tanyakan ke diri sendiri, sejahterakah kita secara psikologis? Sejahtera secara psikologis menandakan bahwa diri kita memiliki perasaan yang baik (feeling good) dan dapat berfungsi secara efektif (functioning effectively). Untuk dapat sejahtera secara psikologis, tentunya kita perlu memperhatikan (mindful) kondisi kesehatan mental. Mengapa demikian? Alasannya sangat sederhana, karena dengan memberikan perhatian maka kita lebih menyadari serta dapat lebih memahami kondisi diri kita. Mindfulness adalah suatu pendekatan integratif yang didasarkan pada hubungan pikiran & tubuh, yang membantu individu untuk mengelola pikiran dan perasaan serta kesehatan mental mereka. Mindfulness merupakan hal yang mudah untuk dilakukan. Salah satu contoh simpelnya adalah dengan kita menyadari bagaimana rasa makanan yang tadi dicicipi? Apa warna baju yang dipakai hari ini? Apa perasaan yang muncul ketika atasan memberikan feedback kepada saya? Apa yang saya rasakan ketika rekan kerja menolak pendapat saya? Sadar akan apa yang sedang dipikirkan atau dirasakan menjadi salah satu wujud agar kita dapat menjalankan hari-hari dengan nyaman serta menemukan solusi yang terbaik untuk permasalahan yang dihadapi. Selain menyadari apa yang terlintas dipikiran dan dirasakan, menyadari apa yang tubuh kita coba untuk sampaikan juga salah satu bentuk mindfulness. Sebagai contoh, saat berada pada situasi penuh tekanan atau kecemasan, ternyata tubuh kita memunculkan reaksi tertentu seperti detak jantung meningkat, otot tegang atau napas terhambat. Dengan memperhatikan perubahan yang muncul tersebut, maka kita dapat pula mencari solusi atas perubahan yang terjadi, salah satu upayanya dengan mengatur napas dengan baik agar tubuh menjadi tenang. Begitu pula dengan situasi Covid-19 yang tengah kita hadapi saat ini, aware terhadap apa yang menjadi pikiran, perasaan, serta pola tingkah laku yang dimunculkan akan membantu kita menentukan langkah pengelolaan yang tepat. Kesadaran ini menandakan pula bahwa kita merawat diri. Kita sadar akan hal yang menjadi pemicu dari kecemasan serta memperhatikan hal-hal apa yang membuat tertekan. Ketika kita mulai memperhatikan kondisi kesehatan mental, tidak hanya diri kita sendiri yang mendapatkan manfaatnya. Manfaat apalagi yang didapat melalui mindfulness? Menyadari kondisi psikologis atau kesehatan mental ini juga dapat membantu mengurangi stigma lingkungan yang buruk terhadap kesehatan mental. Beberapa contoh mindfulness ini adalah, menyadari penggunaan tata bahasa yang digunakan agar tidak menyakiti perasaan orang lain, mengedukasi diri terkait kesehatan mental yaitu dengan mengenali bahwa kesehatan mental memiliki perlakuan yang sama dengan masalah medis lainnya, dan mendengarkan kondisi orang lain tanpa interupsi, asumsi, maupun interpretasi di awal. Nah, beberapa hal tersebut dapat kita latih di kehidupan sehari-hari dan menjadi upaya bagi kita untuk lebih mindful terhadap diri maupun lingkungan sosial. Sudah saatnya kita aware terhadap kesehatan mental. Sesuai dengan kampanye yang dikeluarkan World Federation for Mental Health (WFMH), perayaan Hari Kesehatan Mental Dunia tahun 2020 mengusung tema “Mental Health for All: Greater Investment – Greater Access”, hal tersebut menandakan bahwa sehat mental itu hak setiap orang. Inilah saatnya bagi kita untuk berinvestasi dalam kesehatan mental. By: Rahmi Maya Fitri, M.Psi., Psikolog     “We would never tell someone with a broken leg that they should stop wallowing and get it together. We don’t consider taking medication for an ear infection something to be ashamed of.”  MICHELLE OBAMA     Sumber: https://www.verywellmind.com/improve-psychological-well-being-4177330; https://www.mentalhealth.org.uk/a-to-z/m/mindfulness; https://www.mindfulnessstudies.com/ending-mental-health-stigma-through-mindfulness/

image-popular
Artikel

Mengenal Lebih Jauh Tentang Telemedicine Rabu, 16 Desember 2020 03:21 WIB Di tengah masa pandemi Covid-19, Telemedicine merupakan salah satu layanan yang marak digunakan oleh tenaga kesehatan dan masyarakat sebagai pengguna layanan kesehatan. Sebenarnya layanan telemedicine ini tidak hadir secara di khusus di saat pandemi covid-19 ini, layanan ini telah ada sebelumnya, dengan menggunakan perangkat teknologi yang berbeda. Telemedicine merupakan pemberian pelayanan kesehatan jarak jauh oleh dokter umum atau dokter gigi menggunakan teknologi informasi dan komunikasi digital untuk kepentingan konsultasi dan pengobatan individu maupun kelompok masyarakat. Telemedicine dapat dilakukan dalam bentuk moda daring tulisan, suara dan atau video secara langsung. Telemedicine dapat dilakukan secara langsung (sinkronis) ataupun secara tidak langsung (asinkronis): Telemedicine sinkronis : dilakukan dengan cara interaktif secara langsung, misalnya melalui video call, sehingga baik dokter atau pasien dapat berinteraksi langsung untuk konsultasi. Walau konsultasi dilakukan secara online, dokter tetap memegang data kesehatan pasien sebagai dasar konsultasi tersebut. Telemedicine asinkronis : data kesehatan pasien dikirim melalui email kepada dokter, dipelajari, kemudian muncul diagnosa. Menurut WHO, ada 4 hal tentang telemedicine yang saling terkait: Untuk memberikan dukungan klinis Mengatasi hambatan geografis dan jarak Menggunakan berbagai jenis perangkat teknologi informasi Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Fungsi utama dari telemedicine adalah mempermudah pelayanan medis oleh tenaga/fasilitas kesehatan, bagi masyarakat yang lokasinya sulit dijangkau. Selain fungsi utama tesebut, telemedicine juga mempunyai beberapa fungsi antara lain : Mempercepat dan memudahkan sistem rujukan Membantu pertolongan pertama pada pasien sebelum dirujuk ke rumah sakit Membantu akses kesehatan bagi masyarakat yang jauh dari fasilitas kesehatan Membantu mengurangi kepadatan rumah sakit sehingga layanan di rumah sakit bisa lebih maksimal bagi pasien yang membutuhkan. Dalam melakukan layanan kesehatan di masa pandemi covid-19, Yakes Telkom juga melakukan layanan telemedicine kepada para pelanggannya. Pelanggan dapat mengakses layanan telemedicine dari manapun, dengan menggunakan perangkat teknologi yang dimilikinya. Pelanggan dapat melakukan interaksi langsung dengan dokter melalui daring tulisan, suara ataupun video call. Proses telemedicine akan menjadi lebih cepat dengan adanya hasil pemeriksaan penunjang dalam bentuk soft copy yang telah dikirim oleh pihak laboratorium. Sehingga dengan layanan telemedicine ini pelanggan Yakes Telkom tetap mendapatkan layanan kesehatan dengan rasa aman, mudah, cepat, akurat dan efisien dengan memanfaatkan teknologi yang telah terintegrasi. Dalam pelaksanaan telemedicine tentu dibutuhkan berbagai macam dukungan antara lain koneksi internet yang stabil agar layanan konsultasi dapat berjalan lancar, dan yang paling penting adalah edukasi kepada masyarakat tentang cara akses telemedicine dengan menggunakan teknologi yang ada. Sehingga dalam situasi pandemi ini, telemedicine tetap menjadi pilihan utama meski masyarakat masih bisa mengakses fasilitas layanan kesehatan secara langsung. (YKS-04)