Senin, 16 Januari 2023 11:00 WIB

Mengenal Dislipidemia, Bahaya Tingginya Kolesterol Dalam Darah

Ditinjau oleh : Kondisi tidak seimbangnya kolesterol dalam darah termasuk

picture-of-article

Kondisi tidak seimbangnya kolesterol dalam darah termasuk pada High density lipoprotein (HDL) dan Low density lipoprotein (LDL) dapat menyebabkan komplikasi terhadap dinding pembuluh darah, hal tersebut biasa disebut dengan kondisi Dislipidemia. Kondisi ini dapat berlangsung akibat gaya hidup yang tidak sehat serta masalah metabolik tubuh lainnya, sehingga terjadi penumpukan lipid (lemak darah) pada dinding pembuluh darah.

Dislipidemia juga dapat disebabkan oleh riwayat keluarga, ini terjadi akibat mutasi autosomal tingkat gen akibat keturunan dapat menyebabkan seseorang memiliki metabolisme yang berbeda daripada orang lainnya sehingga memiliki reseptor produksi LDL lebih sensitif. 

Kondisi medis lainnya yang dapat meningkatkan risiko dislipidemia seperti diabetes melitus tipe 2, hipertiroid, dan penyakit ginjal kronis. Penyakit tersebut menyebabkan perubahan metabolisme tubuh menjadi tidak seimbang pada beberapa aspek. Diabetes melitus tipe 2 memiliki kadar gula darah tinggi. Kondisi tersebut merupakan salah satu sindrom metabolik yang menyebabkan pelepasan trigliserida dari lemak menjadi berlebihan. Hipertiroid menyebabkan HDL menjadi lebih rendah. Penyakit ginjal kronis mengganggu katabolisme kolesterol sehingga HDL menurun dan trigliserida lebih tinggi.

Dislipidemia tidak memiliki gejala spesifik yang jelas. Sehingga untuk mengetahui kondisi ketidakseimbangan kolesterol adalah melalui pemeriksaan darah rutin. Selain itu, menerapkan gaya hidup sehat menjadi kunci dalam mencegah terjadinya ketidakseimbangan kolesterol. Berdasarkan faktor risiko penyebabnya, kita bisa melakukan perubahan seperti menjaga berat badan tubuh tetap ideal. Menjaga berat badan ideal tentunya dengan menerapkan aktivitas fisik berupa olahraga secara rutin dan konsumsi asupan kaya serat dan rendah lemak. 

Simak informasi lengkap terkait dengan Dislipidemia dengan mengunjungi halaman Serba-Serbi Kesehatan atau klik link berikut Mengenal Dislipidemia.

Baca juga : Mulai Kebiasaan Baik Dengan Berolahraga Pagi

0 Disukai

287 Kali Dibaca