Rabu, 11 Mei 2022 14:40 WIB

Cek Fakta : Hepatitis Akut Misterius Tidak Terkait Dengan Vaksinasi Covid-19

Ditinjau oleh : Kasus hepatitis akut misterius yang saat ini sedang mewabah dan menyerang kelompok anak-anak

picture-of-article

Kasus hepatitis akut misterius yang saat ini sedang mewabah dan menyerang kelompok anak-anak dikaitkan dengan pemberian vaksin Covid-19. Namun hal tersebut telah dibantah oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) yang menegaskan informasi tersebut belum memiliki dasar yang jelas.

Ketua Unit Kerja Koordinasi (UKK) Gastro-Hepatologi IDAI, Muzal Kadim menyampaikan hingga saat ini tidak ada bukti kuat yang menyebutkan hepatitis akut berat ini berkaitan dengan vaksinasi Covid-19.

"Sampai saat ini, hepatitis akut berat ini tidak berkaitan dengan vaksin Covid-19 karena sebagian besar dari kasus yang muncul saat ini justru belum vaksin," ungkap Muzal Kadim.

Hal serupa juga disampaikan oleh Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastrohepatologi, Prof. dr. Hanifah Oswari, Sp. A(K) yang menjelaskan bahwa hingga saat ini belum ada bukti yang menunjukan langsung hubungan vaksin Covid-19 dapat memicu terjadinya hepatitis akut misterius.

“Kejadian ini dihubungkan dengan vaksin Covid-19 itu tidak benar, karena kejadian saat ini tidak ada bukti bahwa itu berhubungan dengan Covid-19. Mungkin itu kejadian yang bersamaan tapi bukan sebagai penyebab langsungnya. Karena itu menghubungkan virus Covid sendiri dengan penyakitnya sendiri belum bisa ditentukan, apalagi dengan vaksin Covid nya. Karena itu berita itu perlu diluruskan,” jelas Hanifah

Sementara itu, masyarakat tetap perlu waspada serta melakukan tindakan pencegahan seperti rutin mencuci tangan memakai sabun, mencuci bahan makanan hingga bersih, patikan makanan dalam kondisi matang dan bersih, tidak berganti alat makan, hindari kontak dengan orang sakit, menjaga kebersihan, serta tetap mematuhi protokol kesehatan.

Baca juga : Waspada Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Saat Peralihan Musim

0 Disukai

1276 Kali Dibaca