Kamis, 12 Mei 2022 17:56 WIB

Hari Perawat Sedunia, Angkat Fokus Tema Investasi Keperawatan dan Menghormati Hak Perawat

picture-of-article

Hari Perawat Sedunia menjadi momentum pengingat dari kontribusi dan jasa para perawat bagi kesehatan masyarakat di berbagai belahan dunia, yang diperkenalkan oleh International Council Nurses (ICN) pada tahun 1965 serta dirayakan pada 12 Mei setiap tahunnya.

Pada tahun 2022 ini, ICN menetapkan tema “Perawat : Suara untuk Mempelopori - Berinvestasi dalam keperawatan dan menghormati hak demi mengamankan kesehatan global”. Dimana tema ini dikemas dalam tagar #IND2022 yang menyebarkan informasi terkait fokus pada kebutuhan untuk berinvestasi dalam keperawatan dan menghormati hak-hak perawat dalam membangun sistem kesehatan yang tangguh dan berkualitas tinggi demi memenuhi kebutuhan individu dan masyarakat sekarang hingga masa depan.

Pandemi Covid-19 sendiri menjadi salah satu alarm yang menggambarkan kelemahan dunia yang disebabkan kurangnya investasi dalam sistem kesehatan di seluruh dunia. Sehingga ICN kembali menegaskan pentingnya investasi tersebut untuk membangun tenaga keperawatan yang tangguh dan berkualitas tinggi, serta juga untuk melindungi hak-hak perawat dalam mengubah sistem kesehatan agar memenuhi kebutuhan individu dan masyarakat sekarang dan di masa depan.

Dalam sejarahnya, peringatan Hari Perawat Sedunia ini selalu menekankan materi terhadap pekerjaan berdedikasi dan inovasi yang dilakukan perawatan seluruh dunia. Oleh karena itu, perhatian mengenai kesehatan tidak melulu ditujukan demi kesehatan pasien semata, tetapi juga memperhatikan kemajuan perawatan kesehatan di tingkat nasional dan internasional.

Isu yang terjadi dalam profesi keperawatan antara lain dampak dari faktor ekonomi, perjuangan berkelanjutan dalam pencapaian gaji yang memadai, hingga hak mendapatkan kondisi kerja yang layak. Beragam isu ini diangkat sebagai tema tahunan yang didistribusikan melalui kegiatan promosi dan pendidikan oleh ICN

Baca juga : Cegah Infeksi Pada Anak, Ini Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Orang Tua

0 Disukai

55 Kali Dibaca