Kamis, 14 Juli 2022 09:22 WIB

Jaga Lutut dan Sendi Tetap Sehat Hingga Hari Tua

Ditinjau oleh : Semakin bertambahnya usia, banyak keluhan terkait permasalahan kesehatan tubuh tidak terkecuali masalah tulang dan sendi

picture-of-article

Semakin bertambahnya usia, banyak keluhan terkait permasalahan kesehatan tubuh tidak terkecuali masalah tulang dan sendi. Nyeri sendi merupakan keadaan yang dapat mengganggu aktivitas harian, hal tersebut tidak terlepas dari rasa sakit yang tidak tertahankan pada sendi lutut.

Mengingat hal tersebut, penting untuk menjaga kesehatan lutut agar terhindar dari risiko nyeri sendi. Adapun beberapa cara dapat dilakukan, seperti :

  • Melakukan Olahraga Rutin, dapat menjaga kesehatan lutut agar dapat berfungsi optimal hingga memasuki hari tua (lansia). Terdapat beberapa olahraga yang dapat dilakukan dengan tidak memaksakan tekanan berat pada lutut , seperti jalan cepat, bersepeda, berenang maupun aerobik.
     
  • Menjaga Berat Badan Tetap Ideal, postur tubuh yang kurang baik dapat mempengaruhi kerusakan pada sendi. Selain itu berat badan yang tidak ideal membuat sendi lutut bekerja lebih keras dalam menopang tubuh sehingga meningkatkan risiko terjadinya nyeri sendi.
     
  • Mengatur Pola Makan serta Penuhi Kebutuhan Vitamin D dan Kalsium, kekurangan asupan Vitamin D dan Kalsium menjadi penyebab dari terjadinya osteoporosis. Selain itu, mengonsumsi makanan seperti susu, yoghurt ataupun kacang-kacangan juga menjadi cara terbaik dalam memenuhi kebutuhan kalsium harian.

Menerapkan pola hidup sehat menjadi hal penting untuk dilakukan dalam upaya pencegahan nyeri sendi lutut ini. Namun jika mengalami kendala nyeri sendi berkelanjutan, segera periksakan diri ke dokter atau klinik untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Baca juga : Hari Anak Nasional Jadi Momentum Tingkatkan Kepedulian Dalam Pemenuhan Hak Anak

0 Disukai

262 Kali Dibaca