Selasa, 12 Juli 2022 10:44 WIB

Jangan Anggap Sepele, Ini Gejala Umum Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5

Ditinjau oleh : Penyebaran Covid-19 di Indonesia beberapa waktu belakangan kembali mengalami peningkatan

picture-of-article

Penyebaran Covid-19 di Indonesia beberapa waktu belakangan kembali mengalami peningkatan, salah satu penyebabnya adalah masifnya penyebaran subvarian Omicron BA.4 dan BA.5. Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, dr. Mohammad Syahril, Sp.P, MPH menjelaskan penyebaran dari subvarian omicron ini lebih cepat dari varian sebelumnya, namun tidak ada indikasi terkait tingkat kesakitan yang lebih parah dibandingkan varian sebelumnya.

Meskipun begitu, masyarakat diminta untuk tetap waspada dengan menjalankan protokol kesehatan serta menjalani vaksinasi booster dalam mengurangi risiko penyebaran subvarian Omicron BA.4 dan BA.5. Adapun beberapa gejala yang umum timbul dari pasien Covid-19 subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 ini adalah sebagai berikut :

  1. Hidung Meler atau Pilek, gejala ini mirip dengan kondisi flu atau demam biasa namun jika merasa tidak sehat ada baiknya segera melakukan tes Covid-19 atau mengisolasi diri hingga kondisi membaik.
  2. Sakit Tenggorokan Disertai Batuk Terus Menerus, saat awal infeksi gejala yang timbul adalah sakit tenggorokan diikuti dengan batuk terus-menerus selama setengah hari atau lebih dan terasa sangat kering.
  3. Sakit Kepala, menjadi salah satu gejala paling awal dari infeksi Covid-19 subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 yang kemudian diikuti dengan demam akibat infeksi virus.
  4. Merasa Lelah, gejala ini berlangsung selama 5-8 hari dengan menimbulkan rasa lelah meski telah cukup beristirahat.
  5. Nyeri Sendi yang Tidak Biasa, nyeri sendi pada bagian punggung bawah terasa dan berlangsung selama beberapa hari.

Baca juga : Mengenal Gangguan Metabolisme Pada Tubuh & Cara Mencegahnya

0 Disukai

280 Kali Dibaca