Selasa, 15 Februari 2022 16:46 WIB

Mengenal Kelompok Komorbid yang Rentan Terhadap Covid-19 Varian Omicron

Ditinjau oleh : Penyebaran Covid-19 varian Omicron beberapa hari terakhir terus mengalami kenaikan dengan pesat

picture-of-article

Penyebaran Covid-19 varian Omicron beberapa hari terakhir terus mengalami kenaikan dengan pesat, hal tersebut meningkatkan risiko penularan kepada berbagai kalangan tidak terkecuali kepada kelompok dengan komorbid. Namun apa sih kelompok komorbid itu?

Komorbiditas atau biasa disingkat dengan komorbid merupakan istilah kedokteran untuk menjelaskan penyakit penyerta selain penyakit utama yang sedang diderita. Melansir data dari Britannica, komorbid biasanya terkait dengan penyakit kronis yang membuat kondisi penderita lebih rentan untuk terkena penyakit lain seperti Covid-19.

Berdasarkan data dari Everyday Health terdapat beberapa macam penyakit komorbid yang cukup menjadi perhatian untuk rentan terpapar Covid-19 varian Omicron. Adapun beberapa penyakit komorbid tersebut diantaranya adalah :

  • Hipertensi atau tekanan darah tinggi yang tak terkontrol dalam jangka panjang dapat beresiko menyebabkan kerusakan organ ketika terserang Covid-19
  • Diabetes, terutama untuk diabetes tipe 1 atau 2 yang dapat membuat penurunan daya tahan tubuh.
  • Penyakit Jantung, jika terinfeksi Covid-19 dapat meningkatkan risiko gagal jantung, penyakit arteri koroner, kardiomiopati ataupun tekanan darah tinggi.
  • Penyakit Pernapasan, jika terinfeksi dengan Covid-19 dapat meningkatkan risiko penyakit seperti PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronis), asma maupun fibrosis paru.
  • Obesitas, penyakit ini dapat membuat metabolisme tubuh melemah sehingga sulit untuk melawan virus Covid-19
  • Penyakit Ginjal Kronis, Orang yang perlu menjalani dialisis atau cuci darah akan menurunkan fungsi sistem imun dan menyebabkan kesulitan untuk melawan virus Covid-19.
  • Penyakit Hati, dapat meningkatkan pengeluaran enzim yang justru akan memperburuk keadaan Covid-19 dalam tubuh.
  • HIV, Sistem imun dalam tubuh penderita HIV akan kesulitan dalam melawan infeksi yang disebabkan oleh Covid-19.
  • Gangguan Saraf, Covid-19 berisiko lebih tinggi pada orang dengan riwayat penyakit seperti demensia dan Alzheimer
  • Autoimun, orang yang memiliki riwayat gangguan autoimun akan menimbulkan gejala yang lebih buruk jika terkena Covid-19.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI telah menyiapkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi kelompok komorbid dengan beberapa ketentuan, hal guna meningkatkan imunitas kelompok komorbid untuk menghadapi paparan Covid-19.

Baca juga : Gula, Si Manis Yang “Berbahaya”

0 Disukai

184 Kali Dibaca