Rabu, 12 Oktober 2022 10:47 WIB

Mengenal Osteoarthritis, Nyeri Sendi Yang Sering Disepelekan

Ditinjau oleh : Menjalani pola hidup yang tidak sehat serta jarang berolahraga dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit pada tubuh

picture-of-article

Menjalani pola hidup yang tidak sehat serta jarang berolahraga dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit pada tubuh, salah satunya adalah terjadinya pembengkakan dan nyeri pada sendi yang disebut juga sebagai Arthritis. Salah satu jenis arthritis paling umum dialami adalah osteoarthritis, yang dapat menyebabkan tulang rawan rusak. 

Osteoarthritis dapat terjadi diakibatkan oleh adanya penipisan dan kerusakan pada tulang rawan. Tulang rawan sendiri merupakan jaringan keras dan licin yang memungkinkan gerakan sendi hampir tanpa gesekan, sehingga jika lapisan tulang rawan berkurang dapat mengakibatkan rasa nyeri dan kesulitan bergerak. Hilangnya tulang rawan menyebabkan tulang saling bergesekan, mengubah bentuk sendi, serta memaksa tulang keluar dari posisi normalnya. 

Osteoarthritis dapat terjadi akibat beberapa faktor, seperti terjadinya cedera pada bagian sendi, memiliki riwayat keluarga dengan kondisi yang sama, memiliki berat badan yang berlebih (obesitas), serta faktor usia.

Adapun Osteoarthritis dapat ditandai dengan adanya beberapa gejala, seperti :

  • Sendi kehilangan fleksibilitas gerak.
  • Peningkatan rasa sakit dan kekakuan ketika tidak menggerakkan persendian sementara waktu.
  • Sendi tampak sedikit lebih besar dari biasanya.
  • Terdengar suara pada sendi setiap kali bergerak.
  • Kelemahan dan kehilangan massa otot pada sendi.

Mengingat dampaknya yang dapat mengganggu aktivitas harian, penting untuk bisa melakukan pencegahan demi terhindar dari risiko terjadinya Osteoarthritis. Beberapa tips pencegahan tersebut meliputi :

  1. Olahraga teratur dan ringan untuk menjaga fleksibilitas sendi. Pilihan olahraga yang baik untuk pengidap arthritis adalah berenang karena tidak memberikan tekanan pada sendi.
  2. Hindari melakukan aktivitas berlebihan dan terus-menerus, yang melibatkan persendian.
  3. Makan makanan yang kaya antioksidan untuk mencegah dan mengurangi peradangan sendi.
  4. Pertahankan diet yang sehat dan jaga berat badan ideal untuk mengurangi risiko timbulnya arthritis dan mengurangi gejala pada pengidapnya.

Baca juga : Waspada Penyakit Pinggang Kronis, Ini Beberapa Hal Yang Bisa Jadi Penyebabnya

0 Disukai

224 Kali Dibaca