Senin, 08 Agustus 2022 11:51 WIB

Penyebaran Covid-19 Masih Tinggi, Masyarakat Diminta Tetap Jalankan Prokes

Ditinjau oleh : Meningkatkan kewaspadaan terkait potensi lonjakan kasus Covid-19 terus digalakkan pemerintah

picture-of-article

Meningkatkan kewaspadaan terkait potensi lonjakan kasus Covid-19 terus digalakkan pemerintah. Hal ini tidak terlepas dari tingginya kasus baru Covid-19 di Indonesia beberapa pekan terakhir, sebagaimana seperti yang dijelaskan oleh Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito dalam keterangan pers perkembangan Covid-19 pada Kamis (4/8) .

"Kita harus waspada karena potensi lonjakan kasus itu masih ada. Kita perlu meminimalisir potensi lonjakan kasus dengan belajar dari negara-negara tersebut. Terjadi kenaikan hingga 38 ribu kasus di minggu ini, artinya telah terjadi kenaikan lebih dari 15 kali lipat dalam 2 bulan,” jelas Prof. Wiku.

Terkait hal tersebut, Prof Wiku menyampaikan himbauan kepada masyarakat untuk tetap melakukan disiplin protokol kesehatan secara menyeluruh dan benar. Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat juga penting untuk dijalankan guna mencegah berbagai macam penyakit menular termasuk Covid-19, serta diikuti dengan melakukan vaksinasi primer maupun booster. 

Tercatat dengan menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker dapat melindungi diri dari penularan Covid-19 hingga 98,5%. Sementara vaksinasi yang dilakukan hingga booster dapat mencegah gejala akibat Covid-19 hingga 70-90% 

"Karena booster tidak hanya melindungi diri sendiri namun juga orang lain, terutama saat berinteraksi dengan kelompok rentan di rumah atau di luar rumah,"jelas Prof. Wiku

Baca juga : Memasuki Peralihan Musim, Waspadai Penyakit DBD

0 Disukai

117 Kali Dibaca