Jumat, 11 Februari 2022 14:13 WIB

Sempat Kontak dengan Pasien Positif Covid-19, Apa Saja yang Harus Dilakukan?

picture-of-article

Perkembangan kasus positif Covid-19 seminggu terakhir terus mengalami kenaikan secara signifikan, berdasarkan data pemerintah setidaknya terdapat 40.618 kasus positif baru per 10 Februari lalu. Penyebaran yang semakin luas tersebut tidak menutup kemungkinan untuk dapat tersebar oleh orang-orang terdekat, lalu apa yang harus dilakukan jika sempat melakukan kontak erat dengan pasien positif Covid-19?

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, dr. Siti Nadia Tarmizi menyampaikan untuk seseorang yang sempat melakukan kontak erat dengan pasien positif Covid-19 perlu melakukan beberapa hal berikut :

  • Segera melakukan tes Covid-19 untuk mengetahui positif atau tidak
  • Apabila hasilnya negatif, tetap perlu melakukan karantina mandiri selama 5 hari
  • Setelah karantina 5 hari, dianjurkan untuk melakukan tes Covid-19 kembali.

Dr. Nadia juga menjelaskan jikapun hasil tes pertama menunjukan negatif tetap perlu dilakukan karantina selama 5 hari, hal ini disebabkan adanya 2 kemungkinan yakni karena memang tidak tertular ataupun orang tersebut tertular namun masih dalam masa inkubasi. Oleh karena itu tetap disarankan untuk tetap melakukan karantina mandiri selama 5 hari.

"Jadi kita karantina selama 5 hari dan di hari ke 5 kita melakukan tes kembali,"jelas dr. Nadia

Sementara itu, Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zubairi Djoerban menambahkan pada kasus virus Covid-19 ini, umumnya perlu waktu 5 sampai 6 hari bagi orang yang terinfeksi untuk dapat menimbulkan gejala. Hal inilah yang perlu menjadi perhatian bagi orang yang sempat kontak erat dengan pasien positif Covid-19.

"Yang penting kita kontaknya kapan. Karena virus sudah ada di tubuhnya sebelum orang itu bergejala. Itu sudah menular sebelum gejala muncul," jelas Zubairi.

Baca juga : Closing Ceremony Satgas Posko Yakes Siaga RAFI 1443 H

0 Disukai

116 Kali Dibaca