Rabu, 27 April 2022 11:30 WIB

Tetap Sehat Saat Mudik Lebaran Hingga Sampai Di Kampung Halaman

Ditinjau oleh : Tradisi mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri merupakan agenda tahunan

picture-of-article

Tradisi mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri merupakan agenda tahunan yang bertujuan untuk bisa merayakan hari raya bersama dengan keluarga. Namun dengan masih adanya bayang-bayang Covid-19, pemerintah masih memberikan syarat-syarat yang harus ditaati demi mencegah terjadinya penyebaran dari Covid-19. 

Selain itu, terdapat juga beberapa tips mudik yang bisa dijalani agar tetap sehat dan aman selama perjalanan. Beberapa tips tersebut meliputi :

  1. Lengkapi Vaksinasi Covid-19
    Vaksin Covid-19 menjadi salah satu syarat untuk masyarakat dapat mudik di tahun 2022 ini, hal tersebut sebagai bentuk penguatan sistem kekebalan tubuh masyarakat yang akan mudik.
     
  2. Pastikan Diri Tetap Terhidrasi
    Dalam perjalanan mudik saat berpuasa, pastikan tubuh tetap terhidrasi dengan minum yang cukup saat sahur dan buka puasa.
     
  3. Pastikan Cukup Tidur
    Penting untuk tubuh mendapat asupan tidur minimal 7 jam sehari. Kurang tidur dapat menyebabkan terganggunya konsentrasi serta beberapa penyakit lain. Oleh karena itu penting untuk menjaga tubuh tetap mendapat asupan tidur saat mudik lebaran.
     
  4. Jangan Lupa Lakukan Peregangan
    Jika melalui perjalanan yang panjang dan membuat diri harus duduk dalam waktu yang lama, maka lakukanlah peregangan sesekali. Jika berkendara menggunakan mobil, manfaatkan lah beristirahat di rest area untuk melakukan peregangan dan berjalan santai.
     
  5. Terapkan Protokol Kesehatan
    Pastikan seluruh anggota keluarga menerapkan protokol kesehatan yang berlaku selama di perjalanan mudik. Jangan lupa tetap gunakan masker, menjaga jarak serta menghindari kerumunan. Selain itu, bawa lah perlengkapan seperti hand sanitizer, atau tisu basah.

Baca juga : Terapkan Cara CERDIK, Cegah Penyakit pada Ginjal

0 Disukai

1759 Kali Dibaca