Senin, 15 Agustus 2022 12:19 WIB

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Guna Lawan Penularan Covid-19

Ditinjau oleh : Penyebaran virus Covid-19 di berbagai daerah di Indonesia masih menjadi kekhawatiran tersendiri

picture-of-article

Penyebaran virus Covid-19 di berbagai daerah di Indonesia masih menjadi kekhawatiran tersendiri. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyampaikan adanya kemungkinan Indonesia akan kembali mengalami puncak kasus Covid-19, ini tidak terlepas dari masih tingginya penyebaran yang disebabkan oleh subvarian Omicron BA.4 dan BA.5.

Menyikapi hal tersebut, penting untuk masyarakat meningkatkan daya tahan tubuh sebagai kunci utama dalam mencegah penularan dari virus Covid-19. Selain melalui penerapan protokol kesehatan yang ketat dan melakukan vaksinasi primer maupun booster, peningkatan daya tahan tubuh juga dapat dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat seperti :

  1. Makan Makanan Bergizi Seimbang
    Makanan bergizi memiliki peran penting dalam membangun kekebalan tubuh yang kuat guna menghindari infeksi virus Covid-19.

     
  2. Melakukan Cuci Tangan dengan Air Mengalir dan Sabun
    Hal sederhana yang sangat penting dalam mencegah terjadinya infeksi dari berbagai macam virus seperti Covid-19 adalah dengan melakukan cuci tangan rutin menggunakan air mengalir dan sabun. Hal ini guna menjaga agar tangan tidak menjadi sumber penularan kuman secara langsung maupun tidak langsung.

     
  3. Lakukan Olahraga Secara Rutin
    Olahraga secara rutin dapat meningkatkan kekebalan serta sistem metabolisme dalam tubuh, selain itu olahraga juga dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh melalui keringat. Lakukan aktivitas fisik atau olahraga setidaknya 30 menit secara rutin dalam 3-5 kali seminggu.

Kepedulian untuk melaksanakan pola hidup sehat seperti diatas menjadi penting untuk melindungi diri, keluarga serta orang lain dari paparan Covid-19.

Baca juga : Pahami Faktor Risiko & Gejalanya, Untuk Hidup Sehat Tanpa Diabetes

0 Disukai

76 Kali Dibaca