Senin, 22 Maret 2021 10:03 WIB

Delayed Onset Muscle Soreness (DOMS)

picture-of-article

Delayed Onset Muscle Soreness (DOMS) merupakan bagian dari proses adaptasi dalam meningkatkan kekuatan otot yang terjadi pasca latihan fisik. Namun, perlu diketahui bahwa DOMS dapat menimbulkan rasa nyeri pada bagian otot tertentu setelah melakukan latihan fisik atau berolahraga. Rasa nyeri tersebut umumnya terjadi setelah melakukan olahraga antara 12-24 jam, bahkan rasa nyeri yang begitu berat bisa terjadi antara 24 – 72 jam. 

Rasa nyeri akibat DOMS berbeda dengan rasa nyeri yang diakibatkan karena adanya penumpukan asam laktat. Adapun rasa nyeri karena asam laktat memiliki ciri terjadi nyeri selama latihan atau sesaat setelah latihan dan akan hilang ketika latihan selesai.

  1. Penurunan ruang gerak sendi dikarenakan rasa sakit dan kaku ketika bergerak.
  2. Timbulnya rasa nyeri pada bagian otot tertentu.
  3. Kelelahan otot.
  4. Kehilangan kekuatan otot jangka pendek.

Adanya kontraksi otot yang berat sehingga mengakibatkan kerusakan pada struktural otot. Kontraksi otot yang berat bisa terjadi ketika melakukan olahraga dengan intensitas tinggi yang dilakukan secara berulang-ulang.

  1. Pijat (massage).
  2. Melakukan peregangan (stretching) pada bagian otot yang merasakan nyeri.
  3. Saat tubuh mengalami DOMS (nyeri pada otot) maka lakukan latihan ringan untuk menjaga kemampuan gerak yang ada dan tidak melakukan latihan berat untuk menghindari timbulnya cedera.
  1. Melakukan stretching dan pemanasan sebelum dan setelah olahraga.
  2. Melakukan pendinginan setelah olahraga.
  3. Olahraga secara bertahap (perlahan).
  4. Cukupi kebutuhan air sebelum, saat, dan sesudah berolahraga.

Baca juga : Covid-19: Apa dan Bagaimana?