Sabtu, 15 Oktober 2022 08:46 WIB

Hari Cuci Tangan Sedunia, Momentum Penting Wujudkan Perlindungan Diri Dari Penyakit

Ditinjau oleh : Mencuci tangan, khususnya pakai sabun, merupakan salah satu bagian dari aktivitas sehari-hari

picture-of-article

Mencuci tangan, khususnya pakai sabun, merupakan salah satu bagian dari aktivitas sehari-hari yang seringkali kita tidak sadari manfaatnya. Ternyata, begitu pentingnya manfaat mencuci tangan pakai sabun ini mendasari Global Handwashing Organization untuk menginisiasi Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia yang diperingati setiap tanggal 15 Oktober setiap tahunnya. Tujuan adanya peringatan ini adalah agar peringatan ini dapat dimanfaatkan sebagai kesempatan untuk mengkampanyekan cara-cara yang mampu mendorong masyarakat untuk cuci tangan pakai sabun serta menyadari pentingnya mencuci tangan pakai sabun.

Pada Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia tahun 2022, Global Handwashing Organization mencanangkan tema “Unite for Universal Hand Hygiene” atau “Bersatu untuk Kebersihan Tangan Universal”. Melalui tema ini, diharapkan tiap individu sebagai masyarakat global mampu bersatu dalam mengambil peran masing-masing untuk mengkampanyekan kepada sekitarnya pentingnya mencuci tangan pakai sabun.

Berikut ini tiga alasan mengapa kita penting untuk mencuci tangan pakai sabun:

  1. Mencuci tangan itu mudah
    Meskipun hanya menggunakan sabun dan sedikit air, namun cara ini dinilai memiliki manfaat yang signifikan. Hal ini dikarenakan sabun mampu membersihkan bakteri hingga virus yang menempel di tangan.
     
  2. Mencuci tangan itu efektif
    Mencuci tangan efektif sebagai pencegahan penyebaran infeksi-infeksi seperti contohnya influenza, Ebola, dan yang sedang merebak saat ini, COVID-19. Selain itu, penggunaan sabun setelah menggunakan toilet, sebelum makan, dan di berbagai aktivitas lainnya dinilai mampu mengurangi resiko diare dan pneumonia, yang mana keduanya mampu menyebabkan penyakit serius hingga kematian. 
     
  3. Mencuci tangan itu terjangkau
    Dari aspek biaya, mencuci tangan pakai sabun dinilai terjangkau karena harga dari sabun itu sendiri tersedia dalam berbagai range harga, yang tentunya tersedia dalam biaya yang murah sehingga biaya bukan menjadi penghalang utama dalam penggunaan sabun untuk mencuci tangan

Selain ketiga alasan di atas, mencuci tangan pakai sabun juga dinilai memiliki manfaat yang lebih luas yang mampu mempengaruhi tingkat nutrisi masyarakat, pendidikan, hingga pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Untuk itu, melalui peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia, mari rayakan bersama dengan cara mengkampanyekan pentingnya cuci tangan pakai sabun kepada sekitar kita, dan tentunya lindungi diri kita dan orang lain dengan selalu praktikan cuci tangan dengan memakai sabun dalam aktivitas sehari-hari. 

Baca juga : Tingkatkan Kesadaran Stroke untuk Save #PreciousTime

0 Disukai

250 Kali Dibaca