Jumat, 18 Maret 2022 16:09 WIB

Jangan Sampai Drop! Ini Tips Perkuat Imun Tubuh Saat Cuaca Tak Menentu

picture-of-article

Perubahan cuaca yang ekstrem tiap harinya di beberapa daerah meningkatkan potensi hadirnya beberapa penyakit seperti demam berdarah, tifus, diare hingga flu. Perubahan cuaca dari siang terik menjadi turun hujan dapat mengakibatkan tubuh kesulitan dalam beradaptasi. Akibatnya perlu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga terhindar dari terserang penyakit.

Adapun beberapa cara untuk membantu menjaga daya tahan serta imun tubuh tetap kuat yang diantaranya adalah :

  1. Meningkatkan Asupan Makanan yang Bergizi
    Kebutuhan gizi harian dalam tubuh mesti terpenuhi agar tubuh tetap bugar, tidak hanya guna menjaga organ tubuh berfungsi secara normal konsumsi makanan bergizi juga menjaga tubuh dari paparan penyakit. Adapun makanan yang direkomendasikan seperti daging merah, telur, ikan, sayuran hijau, dan buah-buahan seperti jeruk yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
     
  2. Konsumsi Air Putih yang Cukup
    Kebutuhan cairan dalam tubuh juga perlu diperhatikan selama musim yang tak menentu ini, hal tersebut sebagai bagian dalam menjadi kelembapan tubuh dan menjadi komponen utama dalam membentuk plasma darah. Air putih juga membantu tubuh dalam menyalurkan oksigen ke seluruh bagian tubuh serta mengeluarkan zat yang tidak diperlukan oleh tubuh.
     
  3. Berolahraga
    Olahraga penting untuk dilakukan, tidak perlu melakukan olahraga berat yang menyita waktu. Olahraga ringan seperti aerobik di rumah juga dapat menjadi opsi dalam menjaga tubuh tetap bugar serta meningkatkan kesehatan mental.
     
  4. Terapkan Pola Tidur yang Cukup
    Kondisi badan yang tidak mendapat tidur yang cukup (begadang) akan menyebabkan melemahnya sistem kekebalan tubuh sehingga memudahkan virus serta penyakit menyerang tubuh. Oleh karena itu kebutuhan tidur yang cukup menjadi salah satu opsi terbaik dalam menjaga tubuh tetap bugar.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam menjaga tubuh tetap prima dan sehat ketika cuaca sedang tidak menentu.

Baca juga : Tetap Sehat Saat Mudik Lebaran Hingga Sampai Di Kampung Halaman

0 Disukai

127 Kali Dibaca