Rabu, 22 Juni 2022 10:28 WIB

Kasus Covid-19 Kembali Naik, Masker & Vaksinasi Lengkap Jadi Kunci Cegah Penularan

Ditinjau oleh : Kasus Covid-19 kembali meningkat beberapa waktu belakangan

picture-of-article

Kasus Covid-19 kembali meningkat beberapa waktu belakangan, hal ini tidak terlepas dari munculnya subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 yang telah terdeteksi di Indonesia. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mencatat peningkatan kasus harian Covid-19 menunjukan tren peningkatan seminggu terakhir. Kemenkes juga memprediksi kasus Covid-19 ini akan terus naik hingga 20.000 kasus per hari pada awal Juli mendatang.

Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 ini terdeteksi awal di wilayah DKI Jakarta serta Bali dengan penyebaran yang cukup cepat namun memiliki gejala yang ringan. Beberapa gejala yang timbul berupa batuk, sakit tenggorokan, dan juga mengalami kelelahan atau lemas. Adapun gejala lainnya seperti hidung tersumbat, mengalami sesak napas, demam, mual serta diare.

Juru Bicara Kemenkes, Mohammad Syahril menjelaskan saat ini kondisi kesiapan dari fasilitas kesehatan dan rumah sakit telah dimitigasi oleh pemerintah untuk mempersiapkan berbagai skenario buruk dari peningkatan kasus Covid-19 akibat subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 ini.

"Mungkin pertengahan Juli diperkirakan puncak kasusnya. Nah dengan kondisi ini kita melakukan kewaspadaan bagaimana kita tekan agar tidak setinggi itu, walaupun setinggi itu misalnya, kita upayakan agar tidak banyak yang sakit dan yang masuk rumah sakit, ataupun hingga kasus meninggal. Itu upaya kita," jelas Syahril

Selain itu, peran serta masyarakat dalam mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus Covid-19 subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 ini juga menjadi hal penting. Terkait hal tersebut, terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan, seperti :

  • Menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PBHS), seperti menjaga daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi gizi seimbang, istirahat/tidur cukup, olahraga teratur, serta mengelola stress dengan baik.
  • Menerapkan Protokol Kesehatan (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan, Menghindari kerumunan, Mengurangi mobilitas)
  • Melengkapi Vaksinasi Covid sampai Vaksin Booster.
  • Bila mengalami gejala Covid segera periksakan diri di faskes terdekat.
  • Hindari hoaks dengan selalu update info terkait Covid dari sumber resmi dan terpercaya.

Baca juga : Pahami Faktor Risiko & Gejalanya, Untuk Hidup Sehat Tanpa Diabetes

0 Disukai

1678 Kali Dibaca