Selasa, 29 Maret 2022 16:02 WIB

Pentingnya Makanan Berserat Dalam Penuhi Piramida Makanan Sehat

Ditinjau oleh : Serat merupakan salah satu asupan yang menjadi bagian dalam Piramida Makanan Sehat yang dibutuhkan setiap harinya

picture-of-article

Serat merupakan salah satu asupan yang menjadi bagian dalam Piramida Makanan Sehat yang dibutuhkan setiap harinya. Makanan yang kaya akan serat memiliki peran penting untuk mencegah penyakit serta melancarkan pencernaan, selain itu konsumsi makanan berserat tinggi juga dapat membantu menurunkan berat badan hingga mencegah terjadinya serangan jantung.

Pilihan untuk makanan berserat juga dapat diperoleh secara alami dari sayuran dan buah-buahan. Serat juga terdiri atas 2 jenis, yakni serat yang larut dalam air dan yang tidak larut air, untuk serat yang larut air ini berasal dari buah, oat, serta sayur sementara untuk yang tidak larut air terdapat pada biji-bijian, gandum, kentang, apel, pisang, alpukat, zukini, seledri, kembang kol, tomat, serta kiwi.

Jika dikonsumsi secara teratur dan sesuai dengan porsinya, makanan berserat memiliki berbagai macam manfaat untuk tubuh, yang diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Mengurangi risiko terserang penyakit jantung, salah satunya dengan menurunkan kadar kolesterol
  • Menurunkan kadar gula dalam darah dan mengurangi risiko terkena penyakit diabetes tipe 2
  • Mengurangi risiko terkena penyakit pencernaan, seperti konstipasi, wasir, dan radang usus
  • Menurunkan risiko terserang kanker usus besar dan kanker payudara
  • Membantu menurunkan berat badan

Perlu diingat, untuk mendapatkan manfaat-manfaat tersebut perlu memenuhi kebutuhan serat harian yang dianjurkan seperti : Anak-anak (19-23 gram), Remaja Laki-laki (28-37 gram), Remaja Perempuan (27-29 gram), Laki-laki Dewasa (37 gram), Perempuan Dewasa (32 gram), Ibu Hamil (35 gram), serta Ibu Menyusui (38 gram).

Adapun beberapa tips sederhana yang dapat membantu mencukupi kebutuhan serat harian adalah sebagai berikut :

  1. Mengonsumsi makanan tinggi serat saat sarapan, seperti oat
  2. Memilih pasta yang terbuat dari gandum utuh
  3. Sebisa mungkin mengonsumsi buah dan beberapa jenis sayur beserta kulitnya
  4. Mengganti camilan dengan buah segar atau kacang tanpa tambahan garam atau gula
  5. Saat akan mengonsumsi makanan kemasan, periksa kandungan serat yang tercantum pada label kemasan

Meskipun konsumsi makanan berserat tinggi baik untuk tubuh, namun konsumsi berlebih juga dapat menyebabkan perut menjadi kembung. Oleh karena itu, ada baiknya konsumsi makanan berserat juga diseimbangi dengan konsumsi air putih yang cukup guna mencegah terjadinya sembelit atau konstipasi. 

Selain itu jika terdapat kondisi kesehatan khusus, maka disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter gizi terlebih dahulu mengenai penyesuaian terhadap pilihan makanan berserat.

Baca juga : Hari Perawat Sedunia, Angkat Fokus Tema Investasi Keperawatan dan Menghormati Hak Perawat

0 Disukai

92 Kali Dibaca