Jumat, 25 Maret 2022 13:00 WIB

Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi Dengan Sikat Gigi 2 Kali Sehari

Ditinjau oleh : Gigi merupakan salah satu bagian dalam tubuh manusia yang tidak dapat memperbaiki dirinya sendiri

picture-of-article

Gigi merupakan salah satu bagian dalam tubuh manusia yang tidak dapat memperbaiki dirinya sendiri, oleh karena itu penting untuk dilakukan perawatan serta menjaga kesehatan gigi yang salah satunya adalah dengan menyikat gigi dengan benar. Menyikat gigi dapat membantu mengangkat sisa makanan, bakteri, plak serta noda yang dapat merusak gigi.

Adapun menurut American Dental Association (ADA) menyebutkan sikat gigi ideal dilakukan sebanyak 2 kali dalam sehari dengan pasta gigi selama 2 menit. Hal ini terbukti dapat mengurangi plak sehingga mengurangi risiko terjadinya gigi berlubang. Selain itu, penggunaan pasta gigi yang mengandung fluoride didalamnya juga dapat membantu memperkuat gigi, serta juga dapat mencegah kotoran maupun plak terus menempel pada gigi. 

Fluoride ini sendiri merupakan mineral alami yang mencegah gigi berlubang serta membuat permukaan gigi (enamel) menjadi lebih kuat dari serangan asam yang menyebabkan kerusakan pada gigi. Adapun peran lainnya dari fluoride adalah sebagai berikut :

  • Membunuh bakteri penyebab plak gigi,
  • Mengurangi tingkat kelarutan email gigi dalam suasana asam,
  • Remineralisasi kembali lesi pada email.

Waktu yang tepat untuk sikat gigi umumnya dilakukan sekali setelah makan pagi dan sekali sebelum tidur. Pada sikat gigi yang dilakukan setelah makan di pagi hari akan memungkinkan gigi bersih dari sisa makanan serta menghilangkan bau mulut setelah tidur, sementara untuk sikat gigi yang dilakukan sebelum tidur adalah untuk mencegah terjadinya penumpukan sisa makanan dalam waktu lama hingga esok harinya.

Sementara itu, terdapat beberapa tahapan untuk menggosok gigi dengan baik dan benar guna menghindari masalah kesehatan gigi. Beberapa langkah tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Awali Dengan Menggosok Seluruh Bagian Geraham
    Setelah sikat gigi dibasahi dan diberikan pasta gigi, mulai gosok bagian luar gigi geraham pada perbatasan gusi dan gigi dengan gerakan memutar selama kira-kira 20 detik. Setelah itu, gosok gigi geraham dari atas ke bawah, mulai dari batas gusi hingga ujung gigi, untuk menghilangkan plak dan sisa makanan di permukaan dan sela-sela gigi. Lakukan selama 20 detik.
     
  2. Dilanjutkan Dengan Sikat Gigi Bagian Depan
    Setelah bagian geraham, dilanjut dengan mengarahkan sikat ke gigi depan bagian luar. Selanjutnya gerakan sikat gigi secara melingkar dan perlahan hingga semua permukaan gigi depan terkena dan menyapu sisa makanan maupun plak yang menempel. Kemudian dilanjut dengan menggosok bagian dalam dengan gerakan vertikal untuk deretan atas dan bawah gigi, ulangi cara ini sebanyak 2-3 kali pada masing-masing sisi.
     
  3. Kemudian Sikat Permukaan Menyunyah
    Permukaan mengunyah gigi geraham ukurannya lebar dan agak cekung, sehingga memungkinkan makanan untuk menempel di sana. Sikat permukaan gigi ini dengan gerakan memutar agar sisa makan agar sisa makanan bisa terangkat.

Sikat Area Lidah dan Sisi Dalam Pipi
Setelah semua gigi tersikat, jangan lupa untuk menyikat permukaan lidah dan sisi dalam pipi dengan sikat gigi atau sikat lidah. Sisa makanan dan bakteri penyebab bau mulut mungkin menempel pada area ini, sehingga Anda perlu menyikatnya juga secara lembut.

Baca juga : Mau Mudik Lebaran? Jangan Lupa Siapkan Hal Ini Yakes Family!

0 Disukai

151 Kali Dibaca