Senin, 11 April 2022 15:04 WIB

Tips Tepat Jalani Puasa Untuk Para Penderita Diabetes

Ditinjau oleh : Berpuasa di bulan Ramadhan merupakan ibadah wajib yang harus dijalankan bagi seluruh umat islam

picture-of-article

Berpuasa di bulan Ramadhan merupakan ibadah wajib yang harus dijalankan bagi seluruh umat islam, namun berpuasa akan sulit bagi penderita diabetes jika tidak dijalankan secara tepat. Saat berpuasa penderita diabetes lebih berisiko untuk mengalami kenaikan atau kekurangan kadar gula darah, sehingga dapat menyebabkan penderita diabetes rentan terkena komplikasi, seperti hipoglikemia, hiperglikemia, ketoasidosis diabetik serta dehidrasi.

Oleh karena itu penting untuk penderita diabetes menjalankan puasa secara tepat. Berikut ini terdapat beberapa tips berpuasa bagi penderita diabetes yang penting untuk diketahui, hal tersebut meliputi :

  1. Hindari Makanan Tinggi Karbohidrat dan Lemak
    Penderita diabetes dianjurkan untuk menghindari konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sederhana, seperti nasi dan roti tawar pada saat berbuka. Hal ini dikarenakan, makanan tersebut dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat serta meningkatkan risiko terjadinya hiperglikemia. Sebagai gantinya dapat mengkonsumsi makanan tinggi serat, protein dan karbohidrat kompleks, seperti brokoli, wortel, apel serta pisang. Serta tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan berlemak saat berbuka.
     
  2. Penuhi Asupan Cairan Tubuh
    Penderita diabetes akan lebih mudah mengalami dehidrasi akibat kekurangan cairan dalam tubuh, oleh karena itu saat berpuasa disarankan agar dapat memenuhi asupan cairan pada saat berbuka serta sahur sehingga tubuh dapat terhindar dari dehidrasi. Namun perlu diingat hindari minuman yang terlalu manis ataupun berkafein, karena minuman tersebut justru akan meningkatkan risiko dehidrasi.
     
  3. Kurangi Aktivitas Fisik
    Seperti yang dijelaskan pada poin sebelumnya, untuk mencegah penderita diabetes mengalami dehidrasi serta kelelahan maka perlu mengurangi atau disarankan tidak melakukan aktivitas fisik secara berlebihan. Mengalami kelelahan akibat melakukan aktivitas fisik berlebih dapat menyebabkan hipoglikemia atau kondisi kadar gula darah yang ada dalam darah berada dibawah normal.
     
  4. Waspadai Gejala Gula Darah Rendah
    Bila penderita diabetes mengalami gejala seperti keringat dingin, gemetar, dan pusing maka segera hentikan puasa. Hal tersebut merupakan tanda bahwa tubuh mengalami hipoglikemia dan perlu diatasi secara cepat dengan makan dan minum manis yang dapat meningkatkan kadar gula darah, seperti permen, teh manis dan jus buah.
     
  5. Lakukan Konsultasi Dengan Dokter
    Penderita diabetes disarankan untuk menjalani pemeriksaan kesehatan dan konsultasi kepada dokter setidaknya 1-2 bulan sebelum puasa., hal ini guna memeriksa kondisi tubuh agar dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik. Meski begitu, saat menjalankan puasa tetap perlu lakukan konsultasi lanjutan jika mengalami beberapa gejala dari penyakit diabetes.

Tips-tips puasa diatas dapat dijalankan bagi penderita diabetes untuk menjadi panduan dalam menjalani ibadah puasa dengan aman, namun perlu diingat juga untuk tidak memaksakan diri dalam menjalankannya.

Baca juga : Tetap Sehat Saat Mudik Lebaran Hingga Sampai Di Kampung Halaman

0 Disukai

85 Kali Dibaca