Kamis, 18 Agustus 2022 10:26 WIB

Berhenti Merokok Mulai Hari Ini! Tubuhmu Akan Berterima Kasih

Ditinjau oleh : Dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyampaikan terjadi peningkatan

picture-of-article

Dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyampaikan terjadi peningkatan signifikan jumlah perokok sebanyak 8,8 juta orang dari 60,3 juta orang pada tahun 2011 menjadi 69,1 juta orang pada tahun 2021. Data ini didapat dari hasil survei global penggunaan tembakau pada usia dewasa atau Global Adult Tobacco Survey (GATS), yang melibatkan 9.156 responden.

“Ini merupakan tantangan bagi kita semua untuk melakukan upaya-upaya penghentian merokok,”kata Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sendiri telah meluncurkan kampanye global terkait ajakan untuk berhenti merokok, yakni “Commit To Quit” (Komitmen Berhenti Merokok). Kampanye ini ditujukan untuk mendukung 100 juta orang untuk berhenti mengonsumsi tembakau melalui berbagai prakarsa dan solusi digital.

Dalam postingan di sosial medianya, WHO menyampaikan bagaimana tahapan yang dapat dilakukan untuk berhenti dari kebiasaan merokok. Langkah-langkah tersebut meliputi :

  1. Tetapkan waktu berhenti merokok! Sekarang, hari ini, atau idealnya dalam dua minggu.
  2. Selanjutnya, beri tahu keluarga, teman, dan rekan kerja Anda tentang rencana untuk berhenti merokok serta mintalah pengertian dan dukungan mereka.
  3. Jangan lupa untuk mengantisipasi tantangan terhadap upaya berhenti merokok Anda yang akan datang, terutama selama beberapa minggu pertama. 
  4. Terakhir, singkirkan produk nikotin dari lingkungan Anda. Ingat, cara yang Anda gunakan untuk berhenti merokok tembakau juga akan berpengaruh pada konsumsi rokok elektrik.

Selain itu, WHO juga menyampaikan berbagai manfaat kesehatan yang dapat diperoleh ketika seseorang memutuskan untuk berhenti merokok. Beberapa manfaat tersebut seperti :

  • Dalam 20 menit, detak jantung dan tekanan darah Anda turun.
  • Dalam 12 jam, tingkat karbon monoksida dalam darah Anda turun menjadi normal.
  • Dalam 2-12 minggu, sirkulasi pernapasan Anda membaik, dan fungsi paru-paru Anda meningkat.

Baca juga : Jaga Jantung Tetap Sehat, Dengan Olahraga yang Tepat

0 Disukai

135 Kali Dibaca