Selasa, 08 Februari 2022 16:08 WIB

BPOM Keluarkan Izin Untuk Penggunaan Darurat Vaksin Sinopharm sebagai Booster

picture-of-article

Badan POM telah menerbitkan izin penggunaan darurat (Emergency Use of Authorization/EUA) untuk vaksin Sinopharm sebagai vaksin booster. Hal ini menjadikan Sinopharm sebagai vaksin keenam yang direkomendasikan untuk dapat memfasilitasi vaksinasi booster di Indonesia.

Vaksin Sinopharm ini merupakan booster homolog atau hanya untuk orang-orang yang menerima vaksin primer Sinopharm yang sudah berusia 18 tahun keatas. Berdasarkan data, Vaksin Sinopharm ini sendiri lebih rendah menimbulkan KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) dibandingkan saat menerima dosis primer, namun dapat lebih responsif terhadap imun.

Hal tersebut seperti yang disampaikan Dokter Adam Prabata, yang dalam unggahan di akun instagramnya @adamprabata menyampaikan bahwa Sinopharm dapat meningkatkan antibodi spesifik untuk covid-19 hingga 15 kali lebih tinggi.

"Berdasarkan studi antibodi yang sudah dilakukan, pemberian booster Sinopharm pada orang yang sebelumnya juga mendapatkan Sinopharm ternyata mampu meningkatkan antibodi spesifik untuk Covid-19 hingga 15 kali lebih tinggi,” jelas Dokter Adam

Ia pun menjelaskan peningkatan tersebut ditemukan pada 99,7% orang dengan booster Sinopharm.

Baca juga : Tingkatkan Kesadaran Risiko Penyakit Alzheimer & Bagaimana Cara Pencegahannya

0 Disukai

138 Kali Dibaca