Jumat, 04 Februari 2022 15:27 WIB

‘Close The Care Gap’ Jadi Isu Utama Hari Kanker Sedunia 2022

Ditinjau oleh : Peringatan Hari Kanker Sedunia yang diadakan setiap 4 Februari kembali hadir tahun ini

picture-of-article

Peringatan Hari Kanker Sedunia yang diadakan setiap 4 Februari kembali hadir tahun ini, dengan mengangkat tema kampanye ‘Close the Care Gap’ dengan tujuan untuk menutup semua kesenjangan perawatan yang mungkin masih terjadi. 

Kanker sendiri merupakan salah satu masalah kesehatan tertinggi di dunia, setidaknya terdapat sekitar 10 juta orang meninggal akibat kanker setiap tahunnya. 70% angka kematian akibat kanker terjadi pada negara berkembang, salah satunya Indonesia.

Berdasarkan data dari International Agency for Research on Cancer (IARC) menyebutkan pada tahun 2040 mendatang, diperkirakan akan ada sekitar 29,5 juta kasus kanker baru dan juga 16,3 juta kematian akibat kanker di dunia. Hal inilah yang menjadi dasar untuk membuka kesadaran masyarakat untuk dapat lebih peduli terhadap bahaya kanker yang akhirnya diperingati Hari Kanker Sedunia pada 4 Februari setiap tahunnya.

Pada tahun 2022 ini, Hari Kanker Sedunia mengangkat tema ‘Close the Care Gap’ dengan diikuti oleh beberapa isu penting untuk menjadi perhatian yang diantaranya adalah :

  1. Kesetaraan akses ke pelayanan kanker
  2. Kewaspadaan, pemahaman, mitos, dan misinformasi
  3. Tidak hanya fisik, dampak mental dan emosional
  4. Mengurangi skills gap
  5. Pencegahan dan penurunan risiko
  6. Aksi dan akuntabilitas pemerintah
  7. Selamatkan nyawa dan menghemat uang
  8. Bekerja bersama sebagai kesatuan

Baca juga : Manajemen Stress yang Baik Untuk Mental yang Sehat

0 Disukai

203 Kali Dibaca