Senin, 29 Agustus 2022 11:45 WIB

Hindari Risiko Gagal Ginjal Kronis Dengan Jalani Pola Hidup Sehat

Ditinjau oleh : Penyakit Gagal Ginjal Kronis saat ini masih menjadi permasalahan dengan tingkat kejadian dan prevalensi yang terus meningkat

picture-of-article

Penyakit Gagal Ginjal Kronis saat ini masih menjadi permasalahan dengan tingkat kejadian dan prevalensi yang terus meningkat setiap tahunnya. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat penyakit gagal ginjal kronis telah menyebabkan 850.000 kematian setiap tahunnya, hal ini tentu menjadi kewaspadaan bagi orang-orang yang memiliki risiko tinggi terkena gagal ginjal kronis. Lantas, bagaimana cara untuk menghindarinya?

Penyakit gagal ginjal kronis sendiri merupakan kondisi ketika fungsi ginjal mengalami penurunan secara bertahap akibat adanya kerusakan pada jaringan ginjal. Gagal ginjal kronis ini dapat dipicu oleh adanya penyakit jangka panjang seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan asam urat. Gejala untuk penderita gagal ginjal kronis tidak akan begitu terlihat pada stadium 1 hingga 3, dan mulai terasa jika sudah mencapai stadium 4 ataupun 5 dengan ditandai oleh beberapa gejala seperti :

  • Tekanan darah tinggi yang tidak terkendali,
  • Bengkak pada bagian kaki dan pergelangan kaki,
  • Ditemukan urin dalam darah,
  • Volume buang air kecil menjadi sedikit

Menyikapi hal tersebut OSM Promotive & Preventive Yakes Telkom, dr. Rena Winasis membagikan beberapa langkah tepat untuk mengurangi risiko terjadinya gagal ginjal kronis. Adapun beberapa langkah tersebut seperti :

  1. Menjalani pola makan sehat seimbang. 
  2. Menjalankan pola aktivitas yang hidup aktif banyak bergerak serta melakukan olahraga rutin.
  3. Jika sudah terdiagnosis hipertensi dan diabetes melitus, lakukan kontrol rutin terkait tekanan darah dan gula darah dalam tubuh.
  4. Jika mengalami sakit yang berkelanjutan segera kunjungi dokter, jangan mengonsumsi obat secara sembarangan.

“Dengan mengetahui faktor risiko dan penyebab, kita dapat mencegah penyakit gagal ginjal kronis,” jelas dr. Rena

Selain itu, dr. Rena juga menyampaikan untuk jangan ragu dalam mencari informasi terkait penyakit gagal ginjal kronis. Upayakan dalam perbaikan pola makan maupun pola olahraga agar tetap sehat dan dapat melewati gagal ginjal kronis.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap terkait gagal ginjal kronis, dapat mengunjungi channel youtube Yakes Telkom atau klik link berikut : Gagal Ginjal Kronis - Yakes Telkom

Baca juga : Manajemen Stress yang Baik Untuk Mental yang Sehat

0 Disukai

210 Kali Dibaca