Senin, 07 Februari 2022 11:30 WIB

Jaga Asupan Gizi Tetap Terpenuhi, Ini Rekomendasi Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Isoman

Ditinjau oleh : Pemenuhan asupan gizi tubuh menjadi salah satu hal penting yang dibutuhkan oleh pasien covid agar segera pulih.

picture-of-article

Pemenuhan asupan gizi tubuh menjadi salah satu hal penting yang dibutuhkan oleh pasien covid agar segera pulih. Pasien Covid-19 yang tengah menjalani isolasi mandiri (isoman) dianjurkan untuk tetap mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi untuk memperkuat daya tahan tubuh terhadap covid-19.

Ahli Gizi Winda Ekayanti, MND, APD menyampaikan setidaknya terdapat 4 jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk pasien Covid-19 yang tengah menjalani isoman agar dapat segera pulih.

Salah satu dari 4 jenis makanan tersebut adalah makanan yang tinggi protein, protein sendiri dapat membantu untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak akibat Covid-19. Protein ini juga yang nantinya berfungsi sebagai zat pembangun sel yang berguna untuk menjaga imun tubuh.

Adapun beberapa contoh protein yang dapat dikonsumsi diantaranya daging sapi tanpa lemak, ayam, makanan laut, dan juga telur. Selain itu terdapat juga protein nabati yang didapat dari jenis kacang-kacangan, serta sumber protein lain seperti dari biji-bijian, kelapa sawit, minyak biji kapas, serta minyak jagung dan minyak kacang kedelai.

Kemudian untuk yang kedua, makanan tinggi vitamin dan mineral yang dapat bersumber dari nabati, sayur serta buah-buahan. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan setidaknya 2 porsi buah-buahan serta 5 porsi sayuran per harinya guna memenuhi kebutuhan harian tubuh.

Vitamin dan mineral ini sendiri dapat diperoleh dari sayuran hijau, polong-polongan serta buah-buahan. Jeruk menjadi salah satu buah yang direkomendasikan, hal ini dikarenakan adanya vitamin C yang menjadi antioksidan baik untuk pemulihan daya tahan tubuh.

Ketiga ada makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang dapat diperoleh dari biji-bijian maupun umbi-umbian seperti, singkong, talas, kentang, beras dan juga oat gandum. Makanan dengan karbohidrat kompleks mengandung serta yang baik untuk bakteri baik dalam sistem pencernaan.

Terakhir adalah pemenuhan cairan dalam tubuh dengan air putih, setidaknya orang dewasa membutuhkan 2,5 liter cairan untuk setiap harinya. Selain mengisi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan air putih, dapat juga diganti dengan beberapa alternatif lain seperti teh hijau, air kelapa, infused water yang ditambahkan dengan potongan buah ataupun campuran rempah-rempah.

Selain memenuhi kebutuhan makanan yang baik, pasien Covid-19 juga perlu memperhatikan camilan yang biasa dikonsumsi dengan menghindari camilan junk food dengan terlalu banyak mengandung garam dan gula.

Baca juga : Jadi Silent Pandemic, Kenali Apa Itu Resistensi Antibiotik

0 Disukai

207 Kali Dibaca