Kamis, 21 September 2023 17:40 WIB

Kenali Jantung Sehatmu, Sayangi Hidupmu

Ditinjau oleh : Kenali Jantung Sehatmu, Sayangi Hidupmu

picture-of-article

Jakarta - Dalam upaya menjaga kesehatan yang paripurna bagi peserta, Yakes-Telkom terus memberikan update informasi terkait berbagai penyakit yang berpotensi menyerang para peserta. Bentuk peran aktif yang dilakukan oleh Yakes-Telkom adalah dengan menghadirkan Webinar kesehatan secara rutin dengan mengangkat isu-isu penting terkait pengelolaan kesehatan bagi para peserta, salah satunya adalah Webinar Kesehatan dengan tema ‘Kenali Jantung Sehatmu, Sayangi Hidupmu’ bersama dr. Isman Firdaus, Sp.JP(K), FIHA, FAsCC, FAPSIC, FESC, FSCAI (Dokter Spesialis Jantung RS Mitra Keluarga Bekasi Timur).

Webinar yang diadakan pada Kamis (21/9) siang ini, dipandu langsung oleh Manager Health Service Operation Yakes Regional IV Jawa Tengah & DIY, dr. Dyah Pamulatsih serta diikuti oleh seluruh peserta Yakes-Telkom di seluruh Indonesia.

Dalam paparannya, dr. Isman menyampaikan serangan jantung dapat terjadi pada siapa saja tanpa pandang usia. Penyebab utama dari risiko terjadinya serangan jantung adalah pola hidup yang tidak sehat. 

“Salah satu gejala yang timbul saat seseorang mengalami serangan jantung koroner adalah rasa sakit di dada. Gejala ini bisa saja disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat, seperti pola makan yang tidak dijaga, mager atau malas untuk beraktivitas fisik secara rutin, maupun dikarenakan adanya riwayat penyakit lain,” jelas dr. Isman

Selain itu, dr. Isman juga menjelaskan terkait masa kritis di jam-jam pertama dari serangan jantung yang perlu ditanggapi dengan baik. Beberapa hal tersebut seperti memastikan keluhan yang dirasakan adalah serangan jantung, Hubungi Call Center 119 atau Heart line (021-5682424), serta berusaha untuk tenang dan jangan gelisah.

“Faktor-faktor resiko apa saja yang menyebabkan penyakit jantung dan jantung koroner, mulai dari merokok, kolesterol, hipertensi, diabetes, genetik, yang memberikan kontribusi semuanya berkontribusi terhadap terjadinya bisul di dalam dinding pembuluh darah yaitu aterosklerosis. ada plak sehingga bisa terjadi bisul dalam pembuluh darah bisa pecah dan jika terjadi akan terjadi pembekuan darah” tambah dr. Isman. 

Oleh karena itu, dr. Isman juga menambahkan terkait rumus untuk mencegah terjadinya serangan jantung koroner yang meliputi : 0-3-5-140-5-3-0 

Sesi webinar kemudian ditutup dengan tanya jawab yang melibatkan peserta, salah satunya seperti yang disampaikan oleh Bapak Issoepanggihno dari KJS P2Tel Yogyakarta yang bertanya terkait waktu yang tepat saat menolong pasien serangan jantung saat ataupun setelah beraktivitas.

“Jawabannya adalah langsung, jadi jika ada yang tiba-tiba pingsan atau mengalami kondisi serangan jantung saat ataupun setelah beraktivitas maka segera dilakukan pertolongan dengan mengatur posisi kepala agar tegak keatas, kemudian dapat melakukan cek kondisi pernapasan serta nadi dari korban. Jadi segera lakukan pertolongan, jangan menunda jika kondisinya seperti itu,” jawab dr. Isman.

Untuk Yakes Family yang ingin mengetahui lebih lengkap terkait webinar “Kenali Jantung Sehatmu, Sayangi Hidupmu” dapat mengunjungi Youtube Yakes-Telkom atau klik link berikut ini : Webinar Kesehatan Yakes Telkom

Baca juga : Mau Mudik Tapi Obat Rutin Habis? Bikin Permintaan Obat Rutin di LOVIT Aja!

0 Disukai

1135 Kali Dibaca