Senin, 21 Februari 2022 18:24 WIB

Tips Melindungi Anak yang Belum Vaksin dari Paparan Omicron

Ditinjau oleh : Berbagai pencegahan dari penerapan protokol kesehatan hingga vaksinasi menjadi keharusan guna terhindar dari paparan Covid-19

picture-of-article

Penyebaran Covid-19 varian Omicron secara masif terus menyerang berbagai kalangan masyarakat, tidak terkecuali untuk anak-anak. Berbagai pencegahan dari penerapan protokol kesehatan hingga vaksinasi menjadi keharusan guna terhindar dari paparan Covid-19, namun sayangnya vaksinasi masih belum mencakup anak usia dini.

Saat ini usia untuk anak yang dapat menerima vaksinasi adalah usia 6 tahun keatas, lantas bagaimana cara untuk dapat mencegah anak usia dibawah 6 tahun aman dari paparan Covid-19 varian Omicron ini?

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk bisa melindungi si Kecil yang belum vaksin dari Covid-19 varian Omicron :

  1. Batasi Kegiatan Anak di Luar Rumah
    Dalam mencegah paparan Omicron kepada anak, orang tua dapat membatasi kegiatan anak diluar rumah dan menggantinya dengan kegiatan bermanfaat lain yang dapat dilakukan didalam rumah. Hal ini guna meminimalisir kontak terhadap pasien covid-19.
     
  2. Melakukan Bersih-Bersih Sebelum Kontak dengan Anak
    Untuk orang tua yang habis bekerja dari luar rumah, penting untuk memastikan telah membersihkan diri serta berganti pakaian sebelum berinteraksi atau kontak dengan anak. Hal ini guna mencegah orang tua menjadi kurir yang membawa virus Covid-19 untuk anak.
     
  3. Beri Penjelasan Kepada Anak
    Beri informasi terkait pandemi Covid-19 yang sedang terjadi kepada anak, pastikan penjelasan yang diberikan mudah untuk dimengerti sesuai dengan usia anak. Hal ini menjadi penting untuk anak mengetahui hal yang sedang terjadi dan memudahkan langkah pencegahan.
     
  4. Penuhi Kebutuhan Gizi Serta Ditambah dengan Suplemen Vitamin
    Asupan gizi anak menjadi penting untuk tetap terpenuhi selama pandemi ini, hal ini dapat membantu daya tahan tubuh anak menjadi tetap kuat. Selain itu, dapat juga dibantu dengan menambahkan suplemen vitamin A, C, dan E.

Bersiap untuk Segala Situasi
Hal ini termasuk saat anak mulai mengalami gejala dari Covid-19 varian Omicron. Pastikan persediaan obat anak tercukupi serta segera menghubungi dokter untuk memastikan kondisi anak.

Baca juga : Tetap Sehat Saat Mudik Lebaran Hingga Sampai Di Kampung Halaman

0 Disukai

87 Kali Dibaca