Kamis, 28 April 2022 17:17 WIB

Perjalanan Mudik Jauh? Ini Tips Hindari Pegal Saat Duduk Terlalu Lama di Mobil

Ditinjau oleh : Mudik Lebaran Idul Fitri 1443 H mulai tampak, beberapa masyarakat ibu kota sudah mulai bergerak menuju kampung halaman

picture-of-article

Mudik Lebaran Idul Fitri 1443 H mulai tampak, beberapa masyarakat ibu kota sudah mulai bergerak menuju kampung halaman untuk berkumpul menyambut hari raya Idul Fitri bersama keluarga. Bagi sebagian orang, mudik menggunakan mobil pribadi menjadi salah satu opsi, namun terkadang perjalanan jauh menggunakan mobil dapat membuat tubuh pegal akibat terlalu lama duduk.

Lantas bagaimana cara terbaik untuk tetap terhindar dari pegal-pegal akibat duduk terlalu lama di mobil? Berikut beberapa tips nya :

  1. Gunakan Pakaian Yang Nyaman
    Pastikan gunakan pakaian yang tidak terlalu ketat, terutama pada bagian celana. Hal ini dapat membuat aliran darah terhambat dan merangsang rasa nyeri.
     
  2. Lakukan Peregangan Ringan
    Peregangan ringan perlu dilakukan setiap 2 jam berkendara, setidaknya berhentilah 30 menit untuk peregangan dan meluruskan tubuh. Saat kondisi terjebak macet pun perlu melakukan peregangan dengan melakukan pengaturan serta mengubah posisi duduk setiap minimal 15-20 menit sekali.
     
  3. Atur Posisi Duduk Yang Nyaman
    Ketika di mobil, untuk mengurangi rasa pegal dibagian punggung, pastikan dompet, ponsel maupun benda lain tidak tersimpan di saku belakang agar tulang belakang tetap sejajar. Pastikan posisi duduk tegak lurus dengan lutut sedikit lebih tinggi dari pinggul. Kemudian punggung sejajarkan dengan bagian belakang tempat duduk atau bisa menggunakan bantalan khusus untuk punggung.
     
  4. Kompres Punggung Dengan Es serta Hangatkan Otot
    Melakukan kompres dengan pada bagian punggung dengan es dapat mengurangi peradangan serta rasa sakit berlebih. Selain itu memberikan rasa hangat pada punggung menggunakan balsam atau sandaran kursi dengan efek menghangatkan bisa menjadi opsi dalam menjaga punggung agar tidak pegal dan nyeri.

Baca juga : Tingkatkan Kesadaran Risiko Penyakit Alzheimer & Bagaimana Cara Pencegahannya

0 Disukai

741 Kali Dibaca