Rabu, 17 Maret 2021 23:12 WIB

Obesitas dan Kesehatan Gigi

Invidivu dengan obesitas biasanya memiliki kebiasaan makan yang lebih sering yang menyebabkan penumpukan plak dan kalkulus pada rongga mulut sehingga terjadi proses radang yang dimulai dari gusi, kemudian ke area periodontal.

  1. Gingivitis
    Gingivitis adalah radang pada gusi akibat dari penumpukan plak, disertai munculnya warna kemerahan pada gusi.
  2. Periodontitis
    Beberapa penelitian menemukan bahwa prevalensi penyakit periodontal pada individu dengan obesitas yang berumur 18-34 tahun adalah 76% lebih tinggi daripada individu dengan berat normal pada kelompok umur yang sama. Ada hubungan yang signifikan antara obesitas dan periodontitis pada orang dewasa.
    Penyakit periodontal adalah suatu radang kronis pada jaringan penyangga gigi (periodontium) yang disebabkan oleh penumpukan bakteri plak.
    Periodontitis dibagi 2 yaitu periodontitis kronis dan aggressive periodontitis.
    • Periodontitis Kronis. Memerlukan waktu yang lama dengan kerusakan tulang penyangga gigi yang banyak
    • Aggressive Periodontitis. Memerlukan waktu yang singkat dengan kerusakan tulang penyangga gigi yang banyak
  3. Karies
    Karies atau gigi berlubang adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh kerusakan lapisan email yang bisa meluas sampai ke bagian saraf gigi yang disebabkan oleh aktivitas bakteri di dalam mulut. 
    Karies disebabkan oleh empat faktor utama yang saling berinteraksi yaitu host (gigi dan saliva), substrat/diet (makanan), mikroorganisme (streptococus mutan yang terakumulasi pada gigi), dan waktu (durasi proses demineralisasi pada host). 
     
  1. Pembersihan Karang Gigi
    Pembersihan karang gigi adalah prosedur untuk membersihkan dan menghilangkan plak ataupun karang pada gigi. Karang gigi adalah kumpulan plak yang menempel pada permukaan gigi dan sela-sela gigi.

  2. Penambalan Gigi
    Penambalan gigi adalah prosedur untuk menambal ceruk atau lekukan pada gigi yang muncul akibat dari pembusukan sisa makanan yang tidak dapat dibersihkan dengan menyikat gigi.

  3. Pencabutan Gigi
    Obesitas berkaitan dengan kesulitan dalam penyulit pencabutan gigi. Sebuah studi menunjukkan waktu yang dibutuhkan untuk pencabutan gigi pada individu obesitas lebih lama, 50% operasi gigi dan mulut pada individu obesitas dikategorikan sulit dilakukan sedangkan pada individu dengan berat normal 80% operasi gigi dan mulut dinyatakan mudah dilakukan.
    Dalam pengukuran tekanan darah terkadang diperlukan manset khusus agar pembacaan tekanan darah lebih akurat, pemberian dosis anestesi yang lebih banyak dibandingkan individu dengan berat yang normal.

Baca juga : Mengenal Obesitas